Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah jaringan komputer. Istilah ini mengacu pada metode penyusunan atau menghubungkan dua buah perangkat sekaligus. Ada berbagai jenis jaringan komputer yang dikenal dalam dunia komunikasi. Masing-masing memiliki fungsi sendiri.

Berikut adalah manfaat jaringan komputer bagi umum, perusahaan, organisasi dan juga instansi:

Mempermudah Sharing File

Manfaat jaringan komputer yang pertama, terutama jika digunakan bagi perusahaan, organisasi atau instansi adalah bisa semakin memudahkan dalam sharing file. Setiap perusahaan atau instansi pasti memiliki komputer dalam jumlah yang banyak dengan jumlah dokumen dan file yang juga tak bisa dibilang sedikit.

Setiap dokumen atau file tersebut pun sifatnya harus transparan dan bisa dilihat antar setiap bagian atau divisi. Adanya jaringan komputer ini akan memudahkan proses sharing file-file tersebut. Tanpa menggunakan perangkat tambahan, membagikan file akan lebih mudah dan lebih cepat.

Bayangkan misalnya jika tanpa ada jaringan komputer, Anda harus mendatangi satu per satu komputer atau naik turun tangga dan keluar masuk ruangan hanya untuk membagikan dokumen. Oleh karena itu, adanya jaringan komputer memudahkan Anda membagikan dokumen hanya dengan satu klik.

Mempercepat Arus Informasi

Penggunaan jaringan komputer akan sangat bermanfaat terutama bagi instansi maupun perusahaan yang sedang berkembang. Ini disebabkan karena adanya jaringan komputer akan membantu mempercepat arus informasi dalam perusahaan atau organisasi tersebut.

Arus informasi yang berjalan lebih cepat ini tentu akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi. Peningkatan kinerja di sebuah perusahaan pun akhirnya pasti memberikan dampak positif bagi kelangsungan perusahaan atau organisasi tersebut.

Memudahkan Akses Data ke Server

Server adalah elemen penting yang ada dalam sebuah jaringan komputer. Semua data penting instansi atau perusahaan disimpan di dalam server ini. Jaringan komputer akan semakin memudahkan dalam mengakses server ini.

Sebagi contoh, misalnya ketika pihak HRD ingin mendapatkan data keluarga karyawan. HRD hanya perlu mencari dari komputernya dan menemukan data yang dibutuhkan karena komputernya sudah terhubung ke server.

Hemat Biaya

Semua keunggulan yang ditawarkan oleh adanya jaringan komputer ini kembali lagi bermuara pada aspek finansial. Dengan adanya jaringan komputer yang memudahkan segala aktivitas perusahaan sudah pasti juga akan menekan biaya operasional perusahaan.

Jika dilihat memang membangun jaringan komputer sendiri juga membutuhkan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit. Namun manfaat yang diberikan dalam jangka panjang pun juga tak bisa dibilang kecil. Karena itulah adanya jaringan kompouter tak bisa dianggap remeh.

Integrasi Data

Adanya sistem jaringan komputer juga menawarkan keunggulan lain berupa adanya integrasi data. Integrasi data ini akan semakin memudahkan pekerjaan setiap orang yang terlibat dalam instansi atau perusahaan tersebut.

Hal ini karena sistem integrasi data ini maksudnya adalah menghubungkan setiap komputer yang ada di dalam jaringan komputer ke server. Data yang terintegrasi ini tidak hanya akan memudahkan akses serta menghemat biaya saja. Adanya data yang terintegrasi ini juga akan membuat setiap data yang tersimpan bisa lebih up-to date serta meminimalisir terjadinya kesalahan.

Mempercepat dan Mempermudah Komunikasi

Manfat Jaringan komputer yang saling menghubungkan komputer satu dengan komputer lain selanjutnya adalah memberikan kemudahan dalam hal komunikasi. Setiap pengguna komputer yang terhubung di dalam jaringan komputer ini tidak harus bertemu langsung jika ingin menjalin komunikasi.

Melalui jaringan komputer, setiap pengguna yang terhubung, kapanpun dan dimanapun bisa saling berkomunikasi. Bayangkan jika satu pengguna berada di lokasi lain yang jaraknya cukup jauh, tentu akan menyulitkan adanya komunikasi apabila tidak menggunakan jaringan komputer.

Mempercepat dan Memudahkan Belanja

Manfaat selanjutnya adalah untuk memudahkan dan mempercepat belanja. Bagaimana maksudnya? Setiap instansi atau perusahaan pasti memiliki kebutuhan yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan perusahaan.

Adanya jaringan komputer ini memungkinkan setiap instansi atau perusahaan untuk berbelanja kebutuhan perusahaan lebih mudah dan cepat. Tak hanya itu, karena sifatnya yang terintegrasi, data belanja juga akan lebih transparan dan up-to date.

Memudahkan dan Mempercepat Pertemuan

Dalam menjalankan aktivitas perusahaan atau instansi pasti membutuhkan komunikasi dengan pihak lain. Dengan adanya jaringan komunikasi ini Anda tidak lagi dipersulit jika ingin mengadakan pertemuan tertentu. Salah satunya adalah melalui fitur like telepon video.

Apabila masing-masing pihak terhubung ke jaringan yang sama, maka komunikasi akan lebih mudah. Ketika komunikasi lebih mudah, kebutuhan untuk melakukan pertemuan pun bisa terpenuhi dengan lebih cepat dan mudah.

Ketika harus ada pertemuan penting yang mengharuskan dilaksanakan dengan cepat, cukup gunakan fitur panggilan video. Maka, setiap orang yang terlibat bisa tetap melakukan pertemuan meskipun dengan jarak yang jauh.

Itu tadi adalah penjelasan tentang manfaat jaringan komputer secara umum. Jaringan komputer memang terdiri dari berbagai jenis dengan kelebihan dan manfaat masing-masing. Namun secara umum, hal-hal di atas adalah keuntungan dari menggunakan jaringan komputer.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *