15 Media Penyimpanan Data Pada Komputer yang Harus Diketahui

Media penyimpanan data pada komputer sangatlah beragam dan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Jika dahulu media penyimpanan hanya sebatas HD, floppy disk serta FD berkapasitas kecil. Namun, saat ini anda dapat menemukan berbagai penyimpanan lainnya dengan kapasitas yang besar.

Media penyimpanan untuk komputer ataupun laptop setidaknya dibagi ke dalam dua yaitu primary dan secondary storage (media penyimpanan utama dan cadangan). Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu tempat menyimpan data namun keberadaan primary harus ada sedangkan secondary sebaliknya.

Nah, karena itulah penting bagi anda untuk mengenal berbagai media penyimpanan ini. Setidaknya ada tiga kategori untuk penyimpanan komputer yaitu data optik, data flash dan data magnetis. Semuanya merupakan perkembangan dari data storage dari masa lalu sampai sekarang.

Media Penyimpanan Data Optik

Media penyimpanan satu ini menggunakan teknologi yang cukup maju. Walaupun produknya telah ada dari dulu namun penggunaannya masih berlaku sampai sekarang. Media ini memakai lampu serta laser sebagai metode untuk menulis dan membaca data di dalamnya. Beberapa contohnya adalah:

CD-RW

Media penyimpanan dengan memakai piringan kaset CD telah lama dikenal namun penggunaannya tetap berlaku sampai saat ini. Anda pasti menemukan CD-R ataupun RW di pasaran. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda walaupun kapasitasnya sama.

CR-R (recordable) hanya dapat digunakan untuk menulis data sekali saja sehingga anda tidak bisa menghapus data di dalamnya jika telah di burn. Namun, jika memakai CD-RW anda dapat mengisi atau menghapus data sesuka hati pada CD tersebut.

Disk CD-ROM

Tool untuk menyimpan data berikut ini merupakan salah satu yang tertua namun masih dapat anda temukan untuk saat ini dengan drive CD-ROM sebagai alat membacanya. CD-ROM memiliki berbagai jenis kecepatan dari 1x sampai 72x, yang memungkinkan anda untuk membaca 72 kali lebih cepat dari versi 1x.

DVD-R atau DVD-RW

Selain CD anda juga dapat menemukan DVD baik itu versi R atau RW dengan mudah. Perbedaan keduanya terdapat pada kapasitas penyimpanan. Dimana CD hanya memiliki kapasitas sekian ratus MB sedangkan DVD sampai sekian GB.

DVD-R hanya dapat digunakan untuk menulis data sedangkan DVD-RW bisa dipakai untuk menulis dan menghapus data. Jadi, anda bisa memakai DVD-RW berulang-ulang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Blu-ray Disk

Media penyimpanan optik terbaru saat ini merupakan disk blu-ray. Disk ini merupakan hasil kerjasama banyak pihak yaitu TDK, Dell, Sony, HP, Hitachi, LG, Pansonic dan Mitsubishi. Produk ini kemudian diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show pada tahun 2006 lalu.

Kelebihan utama Blu-ray Disk terdapat kapasitas penyimpanannya yang sangat besar mulai dari 25GB sampai dengan 50 GB. Walaupun kapasitasnya besar namun bentuk fisiknya sama dengan DVD biasa sehingga penggunaannya sangat menguntungkan banyak pihak.

Namun, harga dari disk Blu-ray ini lebih mahal dari DVD biasa sehingga anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memilikinya. Selain itu, benda ini tidak bisa ditemukan semudah produk sejenis lainnya karena tidak semua pedagang elektronik beserta aksesorisnya mampu mengadakan disk Blu-ray ini.

Media Penyimpanan Berupa Data Flash

Media penyimpanan data pada komputer berikut ini merupakan yang paling disukai banyak pihak. Karena, ukurannya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana namun berkapasitas besar. Bahkan salah satu jenisnya dapat meningkatkan kinerja komputer dengan baik. Contohnya adalah:

Memory Card

Kartu memori atau yang sering dikenal saat ini dengan MicroSD sering digunakan sebagai penyimpanan data pada kamera, PDH, hp, printer, konsol game dan lainnya. Karena penggunaannya yang sangat luas maka anda dapat menemukan produk hampir di semua daerah.

Kelebihannya adalah ukurannya yang sangat kecil, kapasitas penyimpanan yang beragam serta memiliki banyak merk sebagai pilihan. Oleh karena itu, pilihlah MicroSD dengan tingkat kompatibilitas, kebutuhan, kegunaan serta keuangan yang anda miliki.

Flash Disk

Tool penyimpanan data satu ini tentu tidak asing bagi anda. Keberadaannya sudah ada dari dahulu dengan kapasitas mulai dari hitungan MB, GB dan sekarang mencapai 1 TB. Harganya juga semakin murah sehingga memiliki FD merupakan suatu keharusan terutama bagi pelajar ataupun pekerja kantoran.

Memory Stick

Produk penyimpanan satu ini diperkenalkan pertama kalinya oleh perusahaan dari Jepang yaitu Sony untuk produk kamera dan lainnya. Menurut perkiraan Sony, memory stick dapat memiliki kapasitas penyimpanan sampai 2TB. Akan tetapi, produk tersebut belum diciptakan sampai saat ini.

SSD

Media penyimpanan dengan jenis flash terbaru saat ini adalah SSD. SSD sudah dikenal akan kemampuannya yang dapat meningkatkan performa komputer sehingga pc dapat melakukan booting, memproses data serta membuka aplikasi dengan lebih cepat.

Penggunaan SSD saat ini secara perlahan HD karena ukurannya lebih kecil, konsumsi dayanya juga lebih minim dan lainnya. Namun, harga SSD lebih mahal dari HD sehingga hanya sejumlah kecil laptop yang memakai SSD sebagai media penyimpanan utamanya.

Media Penyimpanan Berupa Data Magnetis

Jenis media penyimpanan berikut ini merupakan yang paling banyak digunakan karena hampir semua komputer ataupun laptop menggunakannya. Namun, perangkat ini terus mengalami perkembangan dan beberapa di antaranya tidak dapat anda temukan kembali. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Disket Zip

Disket buatan pabrik Iomega ini cukup canggih pada tahun 90-an. Karena, disket satu ini memiliki kapasitas penyimpanan maksimal sampai 250 MB. Padahal pada waktu yang sama terdapat disket lain yang banyak beredar karena memiliki ukuran yang lebih kecil.

Namun, keberadaan disket ini cepat hilang di pasaran bahkan produk ini jarang sekali ditemukan di Indonesia. Hal ini dikarenakan, para user di berbagai belahan dunia membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, ukuran disket ini cukup besar sehingga tidak praktis.

Kemudian, disket ini digantikan oleh CD yang memiliki kapasitas lebih besar serta ukurannya yang lebih kecil dan ramping. Karena penggunaan dan penyebaran CD ini cepat berkembang, maka keberadaan dari disket Zip semakin memudar dan pada akhirnya dilupakan banyak pihak.

Disket atau Floppy Disk

Disket dengan ukuran yang kecil, ramping dimana terdapat piringan kecil di tengahnya sering digunakan pada tahun 80-90 an. Disket ini awalnya hadir dengan ukuran 5 1/4 inci dengan kapasitas penyimpan maksimal sampai dengan 1,2 MB.

Kemudian muncullah disket yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu 3 ½ dengan kapasitas mencapai 1.44 MB. Akan tetapi, disket ini tidak dapat ditemukan lagi karena driver untuk membaca disket tersebut sudah jarang ditemukan pada pc terlebih pada laptop.

Super Disk

Disket satu ini merupakan buatan dari perusahaan 3M yang beroperasi pada bidang keamanan, komunikasi dan perkantoran. Disket ini cukup canggih pada masa itu karena memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 120 MB sampai dengan 240 MB.

Hard Disk

HDD telah lama digunakan dan masih berlaku sampai saat ini. HD ini terus mengalami perkembangan bahkan anda dapat menemukan HD dengan kapasitas sampai 2TB bahkan lebih. HD merupakan media penyimpanan permanen sehingga walaupun pc dimatikan data di dalamnya tidak akan hilang.

HD ini terdiri dari beberapa piringan yang memakai kepala magnetik yang berfungsi untuk menulis ataupun menghapus data. HD ini kemudian disimpan dalam casis khusus kemudian dihubungkan ke motherboard menggunakan kabel SCS, SATA ataupun ATA.

Akan tetapi, HD sekarang tidak hanya digunakan sebagai penyimpanan internal namun juga eksternal. Oleh karena itu, anda bisa memilih berbagai HD eksternal dengan merk dan kapasitas penyimpanan yang sangat beragam.

Namun, semakin besar kapasitas penyimpanannya maka harganya pun semakin mahal. Selain itu, ukuran fisiknya relatif lebih besar dan beberapa di antaranya cukup berat. Oleh karena itu, anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli HD.

Nah, itulah berbagai pilihan media penyimpanan data pada komputer mulai dari versi terlama sampai terbaru yang perlu anda ketahui. Untuk penggunaan saat ini tentu diharuskan untuk memakai media penyimpanan terbaru karena memiliki kapasitas dan kemampuan terbaik yang dapat meningkatkan performa komputer atau laptop anda semaksimal mungkin.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *