Cara Melihat Kecepatan Ram di Laptop/Komputer dengan Benar

Kebingungan saat anda ingin melihat kecepatan RAM dalam komputer? Jadikan cara melihat kecepatan RAM yang benar ini sebagai solusi. Bagaimana cara melakukannya?

RAM adalah bagian penting bagi komputer maupun laptop. Tanpa adanya RAM akan menyulitkan kebutuhan untuk software.

Untuk sebagian orang cara melihat kecepatan RAM yang benar mudah untuk dilakukan. Namun yang tidak menggilai komputer, ini akan menyulitkan anda.

Mengetahui RAM yang dimilikki dalam sebuah laptop maupun komputer adalah hal yang penting.

Untuk itu, dikesempatan ini akan disampaikan beberapa informasi tentang pc3 RAM dan cara melihat kecepatan terbaru. bagaimanakah cara melakukan pengecekannya?

Untuk anda yang tertarik mengetahui kecepatan RAM yang dimilikki, dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini. Berikut ulasan lebih lengkapnya tentang RAM,

Menggunakan Tool Gratis

Pilihan pertama dapat dijatuhkan pada tool yang bernama CPU-Z. Tool ini dapat membantu untuk melihat RAM dengan mudah.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah install terlebih dahulu CPU-Z di: website resmi CPU-Z.

Lalu menuju tab memory dan akan tertera beberapa info. Pertama terdapat nama dari RAM yang dimiliki. Kemudian terdapat penjelasan lainnya tentang DRAM frekuensi, didalamnya terdapat frekuensi dari RAM yang dimilikki.

Terakhir, terdapat informasi tentang timing RAM, untuk yang satu ini memang rumit.

  • Dalam tool gratis ini terdapat beberapa menu box yang harus anda pahami. Dalam setiap menu box terdapat informasi yang berbeda. Jadi penting untuk mengetahui, menu box mana yang berisikan informasi tentang RAM yang benar.
  • Untuk mendapatkan tool gratis ini, anda dapat mencarinya melalui browser. Tidak perlu khawatir, karena memory yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Jadi, tidak akan menganggu proses cara melihat kecepatan RAM yang akan dilakukan.

Melihat Frekuensi RAM

Dalam tool gratis tersebut, terdapat penjelasan tentang RAM dan frekuensi RAM. Untuk membaca frekuensi RAM dapat mengikuti penjelasan berikut ini.

  • Jika tertera frekuensi RAM sebesar 798 MHZ. Bukan berarti RAM hanya berisi sebesar tersebut. Karena tipe ram DDR memiliki data dua kali lipat. Jadi, frekuensi yang dimilikki artinya dua kali lipat dari jumlah tersebut, yaitu mendekati 1600 MHz.
  • Perlu diketahui, bahwa tidak selamanya frekuensi tidak akurat, mungkin saja lebih atau mungkin saja kurang. Namun angka yang dimilikki tidak akan jauh dari frekuensi tersebut.
  • Real rate adalah 798 Mhz dan effective rate 1596 MHz. Keduanya adalah penjelasan yang benar, jadi tidak perlu khawatir akan penjelasan ini. Walaupun demikian, kebanyakan vendor RAM akan mengacu pada effective rate.

Cara Membaca Timing RAM

Selanjutnya adalah bagian membaca timing RAM. Timing RAM adalah parameter yang menentukan kecepatan memori diakses oleh memori controller. Timing RAM dapat dilihat dari empat aspek, yaitu CL-tRCD-tRP-tRAS kemudian dikenal dengan 11-11-11-28.

Semua pengaruh akan memberi dampak pada performa. Kecuali bagian tRAS yang mengendalikan kestabilan RAM. Untuk bagian ini tidak perlu dipahami terlalu dalam. Karena intinya, nilai timing yang semakin kecil akan membuat RAM semakin kencang.

Singkatnya,

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa semakin besar frekuensi maka akan semakin cepat RAM.

Hal ini juga berlaku untuk, semakin kecil timing maka akan semakin cepat RAM. Tapi perlu diketahui, bahwa teknik pembacaan berlaku untuk DDR.

Untuk tipe lainnnya, anda membutuhkan penjelasan lainnya. Carilah informasi terkait untuk dapat membantu mengetahui RAM dan penjelasan terkait.\

Bila perlu carilah beberapa video terkait untuk membantu menjalankan setiap langkah-langkahnya.

Untuk membantu anda, sebaiknya perhatikan produk sebelum melakukan pembelian.

Frekuensi dan timing, biasanya sudah tertulis pada kemasan penjualan RAM. Untuk itu, dapat dilihat terlebih dahulu sebelum menentukan akan membeli sebagai pelengkap PC dan laptop.

Serta, pertimbangkan bahwa setiap DDR tidak secara langsung menentukan frekuensi yang dimilikki oleh DDR.

Contohnya, DDR4 bukan berarti lebih baik dibandingkan DDR3. Untuk itu, perlu dilakukan pembacaan secara lebih detail untuk mendapatkan penjelasan lebih.

Simpulan

Saat melakukan pencarian DDR atau menggantinya RAM lama dengan yang baru perhatikan langkah-langkah diatas. Jika tidak memahami cara melihat kecepatan RAM yang benar, mintalah bantuan ahli. Serta, mintalah masukkan untuk mendapatkan RAM yang tepat untuk kebutuhan.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *