Cara Membuat Akun Mi dan Mi Cloud di Hp Xiaomi

Xiaomi merupakan brand elektronik yang saat ini tengah digandrungi. Salah satu produk yang sering digunakan adalah ponsel.

Xiaomi memiliki fitur akun Mi yang memiliki berbagai fungsi menguntungkan. Sehingga akun Mi hendaknya dibuat agar fungsi Xiaomi lebih optimal.

Sejarah Singkat Xiaomi

Cina saat ini sedang gemar memproduksi produk-produk elektronik. Xiaomi adalah salah satunya. Xiaomi merupakan salah satu brand elektronik yang berasal dari Cina.

Kehadiran Xiaomi mematahkan mitos yang mengatakan bahwa ponsel berkualitas tinggi harus dipatok dengan harga mahal. Fitur Xiaomi yang lengkap dihargai dengan harga yang cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.

CEO Xiaomi Corp, Lei Jun, dinobatkan sebagai orang terkaya ke-23 di Tiongkok. Penghargaan ini diberikan oleh Forbes, sebuah perusahaan yang fokus di bidang bisnis dan finansial. Penghargaan ini tidak serta merta diperoleh dengan mudah.

Xiaomi terus berkembang  dengan sangat cepat mulai tahun 2010. Saat ini Xiaomi telah menjadi distributor ponsel terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.

Pemilik Xiaomi Corp merupakan salah satu mantan pekerja di perusahaan Apple. Strategi penjualan Xiaomi sangat unik.

Xiaomi dijual dengan harga berdasarkan biaya produksi dan pemasaran dilakukan secara online.

Strategi pemasaran ini tentunya menekan cost perusahaan untuk membiayai sales marketing. Sehingga biaya yang diperlukan bisa lebih murah.

Dengan strategi ini, Xiaomi dapat dijual dengan harga yang sangat terjangkau tetapi tetap memberikan kualitas terbaik.

Layanan Fitur Xiaomi

  • Find Device: Find Devide bermanfaat untuk melacak HP Xiaomi yang hilang.
  • Akun MiCloud: Sama seperti cloud storage lain, MiCloud berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara onlone. Aplikasi serupa MiCloud seperti Google Drive, Dropbox, iCloud, dan Skydrive.
  • Akun MiTalk: MiTalk dapat digunakan untuk melakukan obrolan antar user Xiaomi secara gratis.
  • Mi Live: Mi Live merupakan fitur baru untuk menyiarkan siaran langsung. Fitur ini ada di MIUI 8 atau versi  di atasnya. Mi Live berkonsep seperti Bigo dan Instagram Live.
  • MiUi: MiUi merupakan forum untuk berdiskusi terkait produk Xiaomi. Untuk bergabung dan berdiskusi di forum MiUi bisa dilakukan melalui aplikasi Mi Community.

Adanya kelima fitu Xiaomi tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan optimal dan dapat memenuhi kebutuhan pemilik ponsel.

Fitur yang akan dibahas kali ini adalah akun Mi. Akun Mi bisa dibuat dengan mudah karena Xiaomi merancang pengaturan yang sederhana dan menyediakan tombol cepat untuk membuat akun ini. Namun, ada beberapa ponsel yang gagal dalam melakukan pembuatan akun Mi karena hal-hal lain.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sembarangan saat membuat akun Mi karena apabila pemilik ponsel lupa password akun Mi, ponsel harus diflash agar akun Mi bisa digunakan lagi.

Cara membuat akun mi cloud di hp xiaomi 2020:

  1. Buka browser yang ada di ponsel.
  2. Pada bagian address bar, masukan alamat : http://account.xiaomi.com. Proses pembuatan akun bisa dilakukan di mana saja seperti PC atau ponsel. Alamat ini bisa diakses di mana saja, tidak hanya di ponsel Xiaomi.
  3. Setelah masuk ke alamat tersebut, pilih Create Account atau Buat Akun Mi. Jika tidak mau membuat akun baru, pemilik ponsel bisa menggunakan akunnya di Facebook. Xiaomi akan melakukan sinkronisasi antara akun Facebook dengan akun Mi.
  1. Saat membuat akun Mi, pemilik ponsel diminta untuk memasukkan beberapa data seperti negara, nomor ponsel, dan masukkan kode Captcha. Selain menggunakan nomor ponsel, pemilik ponsel juga bisa menggunakan alamat e-mail untuk mendaftar akun Mi. Klik Gunakan Alamat Email yang ada di bagian bawah.
  2. Apabila menggunakan alamat e-mail, pastikan e-mail yang digunakan aktif. Semua domain e-mail bisa digunakan asalkan valid. Masukkan negara asal dan e-mail yang akan digunakan. Setelah itu, klik opsi Buat Akun Mi.
  3. Selanjutnya akan muncul form lain. Dalam form ini, pemilik ponsel diminta untuk memasukkan password untuk akun Mi. Terdapat 2 kolom sehingga password dimasukkan 2 kali. Password yang dimasukkan dalam kedua kolom tersebut harus sama Buatlah password yang kuat sehingga akun tidak mudah diretas. Jangan lupa untuk memasukkan kode Captcha. Jika sudah terisi semua, klik opsi Kirim.
  1. Xiaomi akan mengirimkan pesan verifikasi ke email yang digunakan untuk mendaftar akun Mi. Periksa email tersebut dan buka email dari Xiaomi. Klik tautan yang disertakan dalam email tersebut dimana selanjutnya akan muncul halaman perizinan aplikasi. Klik opsi Allow yang ada di bawah kanan.
  2. Setelah proses verifikasi selesai, halaman selanjutnya yang muncul adalah berisi tulisan “Akun Mi telah selesai diatur” yang tandanya akun Mi sudah aktif dan bisa digunakan. Akun Mi bisa digunakan untuk mengaktifkan akun Mi Cloud, Mi Community, Mi Live, dan fitur Xiaomi lain.
  1. Klik opsi “Kembali ke Halaman Masuk”. Isi e-mail yang digunakan untuk mendaftar dan password akun Mi supaya bisa masuk ke Akun Mi. Untuk bisa masuk ke akun Mi, bisa dilakukan melalui PC atau langsung di ponsel Xiaomi.

Agar keamanan akun Mi semakin terjaga, ada beberapa informasi yang perlu ditambahkan ke dalam profil dan pengaturan. Berikut adalah data-data yang sebaiknya ditambahkan.

  • Pertanyaan keamanan

Sama seperti telepon pemulihan, pertanyaan keamanan ini berfungsi sebagai backup jika akun Mi tidak bisa dibuka. Pada pilihan yang ada, gunakan 4 pertanyaan rahasia.

  • Telepon pemulihan

Nomor telepon ini digunakan apabila tidak bisa masuk password karena lupa e-mail. Lebih baik gunakan nomor telepon yang digunakan untuk ponsel Xiaomi.

Setelah nomor telepon pemulihan dan pertanyaan keamanan diisi, akun Mi akan mendapatkan 100 poin tingkat aman yang dinilai oleh sistem keamanan Xiaomi. Artinya, ponsel bisa dijamin terhindar dari peretasan akun Mi.

Untuk melengkapi data pribadi di akun Mi, masuk ke tab Info Pribadi. Klik opsi Ganti dengan ikon pensil di bagian kanan Info Pribadi. Isi data sesuai dengan profil diri. Akun Mi juga bisa dimasukkan foto profil.

Sedangkan untuk menghapus akun micloud bisa diikuti: cara menghapus akun micloud di hp xiaomi.

Itulah cara untuk membuat akun dan menonaktifkan akun Mi. Cara ini bisa dilakukan sendiri mengikuti langkah yang telah disebutkan di atas atau dengan bantuan customer service Mi.

Give a Comment