Cara Membuat Cover Makalah di Microsoft Word 2007

Membuat tugas dalam bentuk makalah mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi para akademisi, baik itu yang setingkat sekolah menengah maupun pendidikan tinggi.

Tugas yang bersifat akademis memang cenderung menggunakan format berbentuk makalah untuk membuatnya terlihat lebih rapi dan resmi.

Pembuatan makalah pun pasti memiliki format dan aturan tersendiri, mulai dari penyusunan isi, pemberian daftar pustaka, bahkan hingga pembuatan sampul atau cover makalah.

Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk membuat tampilan makalah bisa lebih rapi.

Berbicara tentang makalah, cover atau halaman sampul adalah unsur yang tidak boleh dilewatkan saat membuat makalah.

Halaman sampul ini akan memberikan informasi kepada pembaca tentang isi makalah yang dibuat serta penyusun makalah tersebut.

Untuk membuat cover atau halaman sampul ini bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Format Makalah yang Umum Digunakan

Bagi Anda yang sudah sering membuat makalah pasti sudah bisa membuat cover makalah secara manual. Umumnya, dalam pembuatan cover makalah ada format yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Isi makalah diketik dengan rincian format bentuk font Times New Roman, Regular dengan ukuran 12.
  • Jenis kertas yang digunakan adalah kertas berukuran A4
  • Kertas yang digunakan harus memiliki orientasi potrait dengan spasi 1,5 lines.
  • Batas tepi kertas masing-masing adalah 4cm untuk bagian atas, 3,5 cm untuk bagian kiri dan 2,5cm untuk bagian kanan dan bawah.
  • Jika pada proses pembuatan terdapat halaman kosong di word maka untuk menghapusnya bisa diikuti: cara menghapus halaman kosong di word di tengah dan akhir akibat salah page break.

Cara Membuat Cover Makalah

Jika sudah mengetahui format pembuatan makalah dan cover makalah yang umumnya digunakan.

Kini saatnya belajar bagaimana membuat halaman sampul atau cover makalah yang baik. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007.

Pada seri ini, Microsoft sudah memberikan template cover yang sudah ada dengan desain yang keren dan dijamin sangat simpel untuk membuatnya.

Beginilah cara membuat cover makalah di word 2007:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer Anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya klik menu New Blank Document (Buat Dokumen Baru).
  3. Maka selanjutnya Anda akan mendapatkan tampilan dokumen kosong di layar.
  4. Sekarang pilih menu Insert.
  5. Kemudian pilihlah Cover dan pilih desain cover yang Anda inginkan.
  6. Jika sudah, tampilan dasar cover Anda pun sudah siap. Selanjutnya Anda tinggal mengisi dengan data yang Anda butuhkan.
  7. Biasanya adalah judul makalah, identitas pembuat makalah dan instansi dimana Anda menuntut ilmu berada di bagian paling bawah. Jika data yang dibutuhkan sudah diisi, pastikan untuk menyimpan cover yang sudah Anda buat.

Untuk mempercantik lagi maka buatkanlah bingkai. Untuk cara membuat bingkai di word bisa dilihat: cara membuat bingkai di microsoft word agar tidak berantakan.

Itulah tadi cara mudah membuat cover makalah dari Microsoft Word. Tampilan halaman depan yang rapi tentu akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca isi makalah tersebut.

Give a Comment