Cara Membuat Paragraf di Microsoft Word Secara Otomatis

Dalam membuat sebuah dokumen, tentunya tersusun berbagai paragraf terutama yang berisi narasi.

Seperti halnya dengan: cara membuat brosur di microsoft word.

Paragraf merupakan kumpulan kalimat dengan inti sama dan saling berkaitan. Adanya paragraf memudahkan pembaca untuk lebih memahami maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

Pembaca akan bingung jika inti paragraf susah ditentukan. Jika inti paragraf sudah disampaikan dengan baik oleh penulis, penulisan paragraf yang tidak rapi akan menjadi permasalahan lain bagi pembaca. Pergantian paragraf dicirikan dengan kalimat awal paragraf yang lebih menjorok.

Membuat paragraf yang rapi akan lebih enak dipandang. Jika dokumen berisi tulisan yang tidak banyak atau ditulis tangan, mengatur paragraf bisa dilakukan dengan cara manual.

Namun, apabila dalam sebuah dokumen yang diketik dengan aplikasi dan terdiri atas halaman yang sangat banyak secara manual tidaklah mudah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakanlah pengaturan yang dapat mengatur paragraf. Aplikasi yang umum digunakan adalah Ms. Word.

Dalam Ms. Word sudah tersedia fitur untuk mengatur dokumen yang diketik di dalamnya secara otomatis. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan fitur di Ms. Word dengan leluasa terutama bagi yang tidak pernah mengoperasikan Ms. Word.

Di Ms. Word sendiri, membuat paragraf bisa dilakukan dengan manual dan otomatis. Dalam artikel ini akan dibahas keduanya agar semakin jelas perbedaan diantaranya.

Cara yang akan diuraikan berikut dilakukan di Ms. Word 2007. Namun jangan khawatir, cara tersebut dapat dilakukan di versi word 2010, word 2016 dan word versi terbaru yang lainnya.

Cara membuat paragraf di word agar terlihat rapi dan tidak berantakan:

Cara Manual

Cara manual di Ms. Word dapat dilakukan dengan bantuan mouse dan keyboard. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Posisikan kursor berada di kalimat awal di paragraf.
  2. Selanjutnya tekan tombol TAB di keyboard.

Secara otomatis

Untuk yang otomatis ada dua cara yang bisa dilakukan dengan ruler dan dengan pengaturan paragraf.

Berikut adalah cara membuat paragraf secara otomatis:

  1. Buka dokumen yang akan diedit.
  2. Blok semua tulisan yang akan diatur paragrafnya.
  3. Pada menu Home bagian Paragraph, klik panah kecil yang ada di bagian bawah kanan.
  4. Setelah diklik, akan muncul windows Paragraph. Terdapat 3 jenis pengaturan, yaitu General, Indentation, dan Spacing. Pada bagian Indentation, arahkan kursor ke Special dan klik. Agar paragraf bisa teratur secara otomatis, pilih First Line.
  5. Klik OK agar pengaturan dapat diterapkan pada paragraf yang dikehendaki.
  6. Paragraf akan menjadi teratur dan tidak perlu diedit satu per satu.
  1. Jika dirasa kalimat awal paragraf kurang menjorok, jarak tersebut dapat diatur. Blok semua tulisan yang akan diatur. Arahkan kursor ke bagian ruler di bawah tampilan menu bar. Di ruler tersebut ada 2 panah, satu mengarah ke bawah sedangkan lainnya ke atas. Klik dan tahan panah yang mengarah ke bawah lalu geser sampai jarak kalimat awal paragraf sesuai dengan yang dikehendaki.

Untuk merapikan spasi, margin, dsb., info selengkapnya bisa dilihat di artikel: cara merapikan tulisan di word yang berantakan.

Setelah langkah kedua dikerjakan, kalimat awal di paragraf akan lebih bergeser. Cara ini bisa diterapkan hanya jika dalam dokumen tidak ada banyak paragraf.

Apabila paragraf dalam dokumen tersebut banyak, tentunya cara manual akan merepotkan dan membutuhkan waktu lama.

Untuk dokumen yang lebih panjang, lebih baik gunakan cara otomatis agar pekerjaan bisa terlaksana dengan efektif.

Itulah cara untuk membuat paragraf di Ms. Word secara otomatis. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah.

Dengan cara ini, pengerjaan dokumen bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis. Selain itu, jarak menjorokkan halaman yang sama akan membuat dokumen terlihat sangat rapi.

Give a Comment