Cara Membuat Posisi Gambar di Samping Tulisan Dokumen Word

Microsoft Word adalah program yang paling sering digunakan dalam Microsoft Office. Hal ini karena aplikasi pengolah kata ini lebih banyak digunakan untuk membantu pekerjaan, baik untuk membuat tugas maupun laporan.

Microsoft Word juga senantiasa melakukan upgrade untuk menambahkan dan memperbaiki fitur-fitur di dalamnya.

Banyaknya fitur yang ada di dalam Microsoft Word tentu akan semakin memudahkan pekerjaan Anda dalam pengolahan kata menggunakan aplikasi ini.

Salah satu fitur yang mungkin juga sering digunakan dalam Microsoft Word adalah fitur “position”. Mungkin banyak yang belum tahu apa fungsi dari fitur ini.

Salah satunya adalah untuk mengatur posisi gambar supaya berada di samping tulisan. Tujuan penempatan posisi ini biasanya untuk memberikan keterangan gambar pada sebuah deskripsi dan agar tidak menghabiskan lembar kerja.

Hal ini bisa dipraktekan dalam pembuatan kop surat, bisa dilihat lebih lengkapnya: cara membuat logo gambar di samping tulisan kop surat pada microsoft word.

Untuk membuat br

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Berikut cara membuat gambar di samping tulisan word:

  1. Siapakan dokumen yang ingin disisipi di samping gambar/logo yang berbaur dengan tulisan.
  2. Sekarang masuk ke insert, lalu pilih picture.
  3. Pilih logo/gambar yang ingin dimasukan ke dalam dokumen word.
  1. Sekarang, klik dua kali pada gambar yang telah dimasukan.
  2. Lihatlah di atas, pilih menu format selanjutnya pilihlah Wrap text.
  3. Dan sekarang pilihlah square.
  4. Sekarang tarik atau geser gambar/logo nya dengan mouse ke tempat yang diinginkan.

Jika sudah sampai situ biasanya sudah berhasil, namun dalam beberapa kasus ada pun yang tidak berhasil dengan melakukan cara di atas maka, lakukanlah cara ini:

  1. Buka Lembar Kerja Microsoft Word dan Buat Dokumennya

Langkah pertama adalah buat lembar kerja Anda terlebih dahulu. Buka Microsoft Word dan ketik dokumen yang Anda butuhkan.

  1. Masukkan Gambar ke dalam Dokumen

Selanjutnya jika ada dokumen yang butuh gambar di dalamnya. Anda bisa memasukkannya dengan cara insert picture. Caranya, di atas deskripsi yang membutuhkan gambar tersebut, klik menuk “Insert” yang terdapat di deretan menu di bagian atas dokumen. Setelah klik menu Insert, Anda akan melihat beberapa sub menu lagi, klik sub menu “Picture”. Setelah itu pilih gambar yang akan dimasukkan.

  1. Atur Posisi Gambar

Jika sudah, klik pada gambar lalu pilih menu Page Layout. Pada menu ini akan ada beberapa sub menu. Pilih sub menu “position” dan tentukan posisi gambar yang diinginkan. Maka gambar akan diatur dengan sendirinya. Jika sudah, kini Anda tinggal mengatur teks yang mengikutinya agar tampak lebih rapi.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana mengatur posisi gambar dalam dokumen di Microsoft Word agar bisa berada di samping tulisan.

Cara ini akan sangat berguna untuk Anda yang sering membuat dokumen laporan atau apapun yang membutuhkan gambar di dalamnya.

Beberapa diantaranya:

Untuk mempercantiknya lagi, coba tambahkanlah bingkai. Untuk menbuatnya bisa dilihat: cara membuat bingkai untuk undangan.

Dengan begitu tampilan dokumen bisa tampak lebih rapi.

3 Comments

  1. Putri Niken Indah Sari
  2. David Ardianto

Give a Comment