Cara Membuat Pas Foto Sendiri di aplikasi Photoshop Dekstop

Membuat pas foto sendiri baik ukuran 2×3, 3×4, atau 4×6 sangatlah mudah dilakukan. Siapapun yang memiliki perangkat misalnya komputer atau laptop dan memilki software edit photo sangatlah bisa membuat pas foto sendiri.

Ya, hal ini biasa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berhemat tanpa harus foto distudio foto.

Cukup menggambil gambar dengan kamera sendiri atau bisa juga menggunakan hp, maka foto pun bisa dibuat menjadi pas foto yang sama seperti pas foto hasil dari studio.

Apakah Anda termasuk orang yang ingin melakukannya? Jika benar, siapkan terlebih dahulu laptop atau komputer dan siapkan juga softwarenya seperti misalnya photoshop.

Penggunaan photoshop sangat direkomendasikan karena bisa menghasilkan pas foto yang benar-benar sesuai dengan harapan tanpa ada proses yang sulit untuk dilewati.

Anda bebas menggunakan photoshop seri manapun sesuai dengan yang Anda miliki.

Photoshop versi berapapun tetap sama caranya karena pembuatan pas foto ini sangat sederhana.

Membuat pas foto dengan menggunakan photoshop sangatlah mudah dilakukan. Siapapun termasuk orang awam dan tidak pernah melakukan edit foto pun tetap bisa menggunakannya.

Memang, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat pas foto secara mandiri.

Namun semua caranya sangat mudah dilakukan bahkan termasuk oleh orang awam sekalipun.

Baca terlebih dahulu: Ukuran cetak foto.

Bagaimanakah caranya?

Berikut langkah-langkah cara membuat foto sendiri di photoshop komputer-laptop:

  1. Langkah awalnya tentu saja menyiapkan foto yang akan dibuat untuk pas foto. Siapkan foto Anda yang akan dicetak menjadi pas foto yang umumnya bergaya formal khususnya jika untuk ijazah dan keperluan formal lainnya.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung masuk ke photoshop yang ada dilaptop atau komputer Anda.
  3. Jika sudah, saatnya melakukan editing dan pembuatan pas foto. Tahap pertama adalah membuka foto dengan cara klik File lalu Open dan pilihlah foto yang Anda inginkan. Usahakan untuk menyiapkan foto yang berukuran resolusi besar agar hasilnya baik.
  4. Jika sudah, lakukan seleksi foto yang akan Anda buat menjadi pas foto. Seleksi bagian foto yang akan digunakan dengan memanfaatkan Pen Tool. Klik menu Pen Tool dan lakukan seleksi foto secara perlahan. Agar hasilnya lebih baik dan jelas, maka lakukan zoom in hingga membantu Anda melakukan seleksi foto. Dan jika sudah, pilih Make Secetion.
  5. Setelah itu, klik pada menu Paint Bucket Tool untuk menyiapkan latar belakang fotonya. Anda bisa gunakan warna apapun termasuk warna merah dan biru yang biasanya dibutuhkan. Klik pada background hingga warna tertutup sempurna.
  1. Dan yang terakhir, Anda bisa langsung atur ukuran fotonya. Klik fitur Crop Tool atau tombol C pada keyboard dan tuliskan ukuran yang Anda inginkan seperti misalnya 2×3.
  2. Setelah itu, atur letak keseimbangan foto dan jika sudah yakin maka klik Crop. Jika semua sudah dilakukan, save as file dengan nama yang Anda inginkan dan file pas foto pun siap untuk dicetak atau dikirim.

Demikianlah bagaimana cara membuat membuat pas foto ukuran 2×3, 3×4, atau 4×6 sendiri untuk memangkas biaya ketika sedang tidak ada uang.

Give a Comment