Cara Membuat Simbol Akar Kuadrat di Microsoft Word

Bekerja dengan Microsoft Word tidak hanya untuk orang-orang yang mengolah data berupa kata saja.

Beberapa orang yang berkutat dengan angka juga menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk pengolahan datanya.

Data-data berupa angka itu biasanya juga melibatkan bilangan-bilangan atau kalimat matematika di dalamnya.

Tentu saja jika menggunakan kalimat matematika untuk memasukkan data atau menulis di Microsoft Word sedikit berbeda dengan jika menulis data berupa huruf-huruf biasa.

Dalam metode penulisan di Microsoft, untuk memudahkan pengguna menulis kalimat matematika, terdapat sebuah fitur khusus yang dibuat untuk memudahkan pengetikan.

Hal ini sama seperti ketika: cara membuat simbol derajat di microsoft word.

Fitur inilah yang dinamakan “Equation”. Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam menulis kalimat matematika seperti bilangan pecahan.

Meskipun penulisan pecahan bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan simbol garis miring, namun hasilnya pasti akan berbeda dengan jika ditulis secara otomatis.

Fitur ini juga akan lebih memudahkan saat akan menulis kalimat matematika yang lebih sulit seperti menulis bilangan kuadrat.

Nah, bagi Anda yang masih belum menguasai cara penulisannya, berikut adalah cara penulisan yang bisa Anda tiru.

Cara Mudah Mengetik Bilangan Akar

Untuk mulai menulis bilangan akar, langkah awalnya pastikan Anda sudah membuka lembar baru atau dokumen baru pada lembar kerja Microsoft Word Anda.

Lalu, berikut ini cara membuat simbol akar di microsoft word:

Microsoft word 2007 membuat simbol akar
  1. Pilih Menu Insert, lalu Equation

Saat membuka halaman kerja Microsoft Word, di bagian atas lembar kerja akan Anda temukan berbagai tab menu. Pilih tab menu “Insert”, maka akan muncul beragam sub menu lainnya. Temukan sub menu “Equation” yang biasanya terletak di bagian paling kanan layar sebelah atas.

  1. Pilih Desain

Saat Anda memilih menu “Equation”, klik tanda panah ke bawah di sebelah tulisannya, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak menu pilihan desain. Klik lagi pada menu “Insert New Equation” lalu akan muncul kotak dimana Anda bisa menulis rumus. Pilih operasi matematika yang Anda butuhkan. Untuk operasi kuadrat, pilih pada tab menu “Radical” lalu pilih lagi “square root”. Maka tanda atau simbol akar pangkat akan masuk ke lembar kerja Anda.

  1. Isikan Kotak Kolom dengan Angka yang Diinginkan

Untuk mengisikan angka, klik pada kotak dan isikan angka yang ingin Anda masukkan. Apabila angkanya berupa pecahan, sebelum mengisi angka, klik dulu pada kotak yang ada di dalam simbol akar pangkat, lalu pilih lagi menu “Design”, kali ini pilih tab menu “fraction” lalu klik lagi pada pilihan “Stacked fraction” maka akan terbentuk pecahan. Tinggal Anda masukkan angka yang diinginkan.

Demikianlah bagaimana untuk menambahkan data berupa operasi akar kuadrat. Jika ingin mencoba, pastikan Anda sudah membuat dokumen baru.

Give a Comment