Cara Membuat Tanda Tangan di Word Sesuai Tulisan Aslinya

Banyak yang merasa kerepotan karena harus menAndatangani sejumlah dokumen yang telah mereka cetak secara bersamaan.

Alasannya kondisi ini dirasa sangat tidak praktis, karena seharusnya akan lebih mudah saat mereka bisa membuat tanda tangan sekaligus pada dokumen yang masih dikerjakan di layar komputer.

Sehingga hasilnya kertas dokumen yang tercetak sudah memiliki tanda tangan di dalamnya.

Kebanyakan orang bahkan sudah memiliki ide alternatif untuk memasukkan tanda tangan mereka ke dalam dokumen.

Contohnya dengan memanfaatkan scanner untuk menjadikan tanda tangan asli Anda ke dalam bentuk gambar.

Adapun contoh lain menggunakan gambar yang sebelumnya telah disiapkan dengan software pengolah foto seperti paint atau photoshop.

Namun terkadang hasilnya masih kurang memuaskan, serta kedua cara tadi membutuhkan waktu yang terlalu lama hanya untuk membuat sebuah tanda tangan.

Tapi Anda tidak perlu bingung memikirkannya, karena membuat tanda tangan di MS Word sangat mungkin dilakukan, sehingga waktu yang Anda gunakan jadi lebih efisien. Seperti apakah caranya? Simak dalam artikel di bawah ini.

Inilah Cara Membuat tanda Tangan Di MS Word:

Menyiapkan tanda Tangan

  1. Sebelumnya buat terlebih dahulu tanda tangan yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen. Anda bisa membuat tanda tangan Anda di atas kertas putih dan buatlah serapi mungkin.
  2. Kertas wajib putih dan bersih, bisa pakai kertas HVS, dan usahakan pencahayannya tidak gelap.
  3. Tebalkan tanda tangannya, jika dirasa kurang tebalnya.
  4. Langkah selanjutnya foto tanda tangan tadi menggunakan kamera HP atau jenis kamera lain asalkan memiliki resolusi dan kualitas yang bagus.
  5. Setelah foto yang Anda dapatkan tadi dirasa bagus, masukkan filenya ke dalam laptop atau PC yang Anda gunakan untuk menggarap dokumen.

Masuk Ke Microsoft Word

Setelah foto tadi sudah siap, langkah untuk membuat tanda tangan di MS Word selanjutnya yaitu membuka dokumen yang Anda inginkan.

  1. Apabila sudah masuk ke dokumen yang dimaksud, Anda hanya perlu menentukan letak tanda tangan di dalam dokumen lalu klik menu insert.
  2. Di dalam menu ini akan terdapat beberapa pilihan, opsi yang harus Anda pilih adalah “picture” .
  3. Setelah memilih opsi ini Anda akan disuruh memilih file, kemudian cari foto berisi tanda tangan yang telah Anda persiapkan tadi, lalu klik insert .

Mengatur Ukuran Foto

Kini tanda tangan Anda sudah berhasil dimasukkan ke dalam dokumen, Anda hanya perlu menyesuaikan posisi dan ukurannya agar lebih presisi lagi. Anda bia memotong bagian foto yang tidak penting menggunakan “crop“ dan menyisakan tanda tangannya saja.

Kemudian untuk menyesuaikan ukurannya Anda hanya perlu menggeser-geser tepi gambar menggunakan kursor. Atau hal ini juga bisa dilakukan dengan mengklik kanan gambar dan mengatur ukurannya di format picture.

Menyesuaikan Warna Background

Pada dasarnya foto yang Anda ambil pasti masih memiliki kekurangan yaitu warna backround pada tanda tangan membuatnya tidak bisa menyatu dengan warna putih kertas. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian lagi terhadap foto agar tanda tangan benar-benar menyatu dengan baik.

Anda tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan software lain karena hal tersebut hanya buang-buang waktu. Sama pada cara sebelumnya Anda dapat memanfaatkan format picture yang dapat Anda temukan dengan mengklik kanan gambar.

  1. Pertama masuk dulu ke format picture, kemudian pilih opsi recolor
  2. Setelah masuk ke recoclor, di sana Anda akan menemui beberapa pilihan pattern warna
  3. Sebaiknya Anda memilih “Black and White 50%“ karena pilihan warna ini punya transparansi background yang bagus dan dapat menyatu dengan baik dengan warna kertas
  4. Setelah semuanya selesai maka hasil tanda tangan Anda tadi sudah jadi

Itulah beberapa cara mudah membuat tanda tangan di MS Word. Anda bahkan bisa melakukannya lebih mudah ketimbang harus mengandalkan scanner atau menggambarnya secara manual dengan software pengolah foto.

Kini setelah mengetahui cara di atas Anda hanya perlu melakukan copy-paste pada foto tanda tangan Anda ke MS Word.

Meskipun sangat mudah dan praktis namun masih banyak yang belum mengetahui cara instant ini.

Padahal metode ini sangat bermanfaat dan lebih hemat waktu, daripada harus menandatangani dokumen yang sudah tercetak satu persatu.

Selain itu tanda tangan yang secara permanen menempel bersama dokumen juga terkesan lebih rapi..

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *