Cara Membuat Watermark di Excel: Tulisan dan Logo Gambar

Bagaimanakah cara membuat watermark di Excel? Adakah cara mudah untuk melakukannya? Watermark apa saja yang dapat dibuat pada Excel? Ini jawaban lengkapnya.

Excel adalah salah satu layanan dari microsoft yang banyak digunakan oleh perusahaan. Data yang dapat dibuat didalamnya pun cukup beragam, seperti data laporan keuangan dan data rahasia lainnya. Karenanya, disinilah dibutuhkan cara membuat watermark di Excel.

Tujuan pembuatan watermark adalah menandakan seberapa penting data yang ada dalam Excel atau kepentingan lainnya. Terdapat dua jenis add watermark di Excel, yaitu menambahkan gambar maupun teks pada file yang akan dikirimkan. Lantas, bagaimanakah cara membuatnya?

Pada kesempatan ini akan dijelaskan dua cara membuat watermark di Excel bentuk tulisan maupun logo. Cara membuatnya akan dijelaskan secara terpisah, dibawah ini

Berikut langkah-langkah cara membuat watermark di excel:

Membuat Watermark Tulisan

Inilah langkah-langkah yang harus anda jalankan saat akan membuat watermark tulisan,

  1. Buka excel dan buka file yang akan diberi watermark tulisan. Kemudian, buka tab insert dan pilih menu insert wordart. Untuk lebih mudahnya, gunakan shortcut ALT+N+W. Lanjutkan dengan memilih tipe wordart yang digunakan.
  1. Saat memilih wordart yang akan digunakan, pilihlah yang tidak memiliki shadow maupun gradien. Tujuannya, agar memudahkan dalam opsi tranparency. Ini penting, agar nantinya wordart terlihat lebih muram dan nampak seperti dibelakang dokumen.
  2. Lanjutkan dengan menggunakan tanda panah dibagian wordart style. Untuk memunculkan format shape di kanan halaman. Pilihlah menu text file dan outline dan ubah bagian ini dengan text fill dan text outline no line.
  3. Atur pula bagian transparencynya menjadi 60%-80%. Setelahnya gantilah tulisan sesuai kebutuhan. Contohnya, dokumen rahasia atau kalimat lain yang dibutuhkan. Untuk membuktikan bahwa cara ini berhasil, bukalah print preview untuk pengecekan.
  4. Perlu diingat, bahwa dalam memasukkan tulisan sebagai watermark, anda harus memiliki file terlebih dahulu. Jadi, siapkanlah file barulah buat watermark yang akan dimasukkan pada file. Tujuannya, agar tidak menyulitkan saat membuat watermark.

Membuat Watermark Logo

Kini, bagaimana cara membuat watermark pada Excel dalam bentuk logo. Biasanya logo yang ditampilkan dalam file adalah logo perusahaan atau logo lainnya. Untuk penjelasannya, akan disampaikan berikutnya

  1. Pertama, bukalah file excel yang akan diberikan watermark logo maupun gambar. Setelahnya masuklah ke bagian header dan footer. Caranya dengan klik tab insert dan masuk pada menu header and footer. Untuk mudahnya, masuk dengan Alt+N+H.
  1. Selanjutnya, tekan kolom header dan masukkanlah gambar pada file yang dipilih. Caranya, masuk pada tab dan tekan picture. Akan muncul pilihan memasukkan gambar dari file atau mesin pencari. Pilihlah pilihan from a file dan pilihlah gambar yang akan dimasukkan.
  1. Setelahnya, akan didapatkan kode (&picture) dibagian header. Hal ini menunjukkan logo telah berhasil dimasukkkan. Setelahnya, letakkan kursor di depan kode dan enter berulang. Agar logo tepat berada di tengah dan klik di kolom mana saja untuk memunculkannya.
  1. Jika hasil tampilan terlalu mencolok, anda dapat merubahnya. Maka inilah langkah selanjutnya yang harus dijalankan dalam langkah membuat watermark di exce lkhusus logo. Cara merubahnya yaitu masuk ke bagian format picture.
  2. Setelah masuk pada format picture, masuklah dalam menu design. Kemudian lanjutkan dengan melakukan format pada picture box. Pilihlah bagian imace control di tab picture.
  3. Hal yang perlu dilakukan adalah merubah bagian yang berwarna menjadi washout. Sehingga kecerahan pada logo nantinya akan lebih buram dan lebih nampak seperti watermark.
  4. Sebelum melakukan print pada dokumen, jangan lupa simpan perubahan yang telah dilakukan. Lakukan pengecekan kembali dengan melihar print priew. Jika dirasa cukup, inilah waktunya untuk melakukan printing.
  5. Selesailah sudah tahapan dalam cara membuat watermark di Excel bentuk tulisan ataupun logo. Jika diperlukan, anda dapat mengulangi setiap cara yang dijelaskan. Tapi, ingatlah untuk membuat file dahulu sebelum membuat watermark logo.

Itulah langkah yang harus diikuti saat akan membuat watermark. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis watermark yang akan dibuat.

Karena cara membuat watermark di Excel logo maupun tulisan memiliki cara yang berbeda. Jadi, penting untuk menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Give a Comment