Cara Membuka File PDF Gratis di Komputer-Laptop

Format file berupa PDF sering ditemui dan digunakan. Format file ini familiar khususnya bagi para mahasiswa yang sering mengunduh e-book dan jurnal dari internet.

Bagi yang ingin membuatnya bisa melalui: cara membuat file pdf secara online dan offline.

Tidak hanya mahasiswa, pekerja kantoran juga membutuhkan format PDF agar dokumen resmi tidak dapat diubah lagi.

Untuk membuka file PDF perlu aplikasi khusus. Biasanya aplikasi yang digunakan adalah Adobe Reader, Adobe Acrobat atau PDF Reader bawaan Windows.

PC tidak akan lengkap tanpa adanya masalah. Ada momen saat PDF tidak bisa dibuka di PC. Hal ini tentunya akan membuat orang yang membutuhkannya panik apalagi jika sedang terbebani banyak tugas atau perlu membuka file sesegera mungkin.

Parahnya, orang tersebut tidak memahami cara mengatasinya. Ingin tidak bisa install aplikasi baru pun tidak bisa karena tidak memiliki soft file untuk install PDF Reader.

Untuk mengatasi hal ini, tidak usah repot-repot dibawa ke servis. Jika sedang terburu-buru dan harus membuka file terkait melalui PDF Reader, ada cara yang bisa dilakukan.

Cara ini sangat mudah dilakukan dan sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapapun dan di PC manapun.

Berikut cara membuka file format PDF di Komputer-laptop:

  1. Cari folder tempat menyimpan file PDF yang ingin dibuka.
  2. Pilih dan klik file format PDF yang ingin dibuka.
  3. Klik kanan pada file tersebut.
  4. Pilih Open with, kemudian pilih Choose Default Program.
  1. Di situ akan muncul banyak pilihan aplikasi yang dimiliki PC tersebut. Pilih aplikasi reader lain jika ada. Jika tidak ada aplikasi reader selain aplikasi yang tidak bisa digunakan tersebut, file format PDF tersebut dapat dibuka melalui aplikasi browser seperti Opera, Chrome atau Mozilla.
  2. Apabila aplikasi yang diinginkan belum ada di daftar atas, klik More Option dan cari aplikasi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Jika aplikasi sudah terpilih, centang bagian Use this app for all .pdf files agar semua file format PDF dapat terbuka dengan aplikasi yang sama tanpa perlu repot mengubah aplikasi utamanya.
  4. Jika sudah teraplikasikan pada semua file yang berformat PDF, logo browser akan menjadi icon file yang berformat PDF.
  5. Untuk mengecek, klik file yang berformat PDF tersebut.

Itulah cara yang dilakukan untuk memperoleh solusi terkait masalah file PDF tidak bisa dibuka di PC. Setelah mengetahui cara tersebut, semua file PDF akan dapat dibuka di PC.

Dengan cara ini, diharapkan semua permasalahan terkait PDF yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan mudah.

Untuk berjaga-jaga pastikan ada file untuk install aplikasi PDF Reader di PC agar tidak kerepotan bila sewaktu-waktu ada masalah yang sama.

Give a Comment