Cara Membuka Pola Hp yang Lupa, Khusus Android

Keamanan smartphone merupakan salah satu fitur yang dicari oleh para penggunanya. Salah satunya adalah kunci pola sebelum membuka menu.

Adanya kunci pola ini mencegah orang lain selain pemiliknya untuk menggunakan smartphone tersebut. Kunci pola smartphone bisa berbentuk pattern atau password.

Banyak orang menyukai fitur ini dan memanfaatkannya dengan baik agar smartphonenya tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Manfaat lain dari kunci pola adalah untuk mengamankan data pribadi yang ada dalam smartphone. Fitur ini bisa mencegah anak-anak atau orang lain untuk menggunakan smartphone.

Namun, ada kalanya kunci pola tidak bisa dibuka. Ada beberapa penyebab mengapa kunci pola tidak bisa dibuka.

Bisa jadi smartphone sudah lama tidak digunakan sehingga pemilik smartphone lupa kunci pola yang digunakan.

Penyebab lainnya bisa jadi ada orang lain yang berusaha membuka kunci pola smartphone tetapi memasukkan kunci pola yang salah.

Akibatnya smartphone terblokir dan tidak bisa masuk ke dalam menu.  Lantas, bagaimana cara membuka kunci pola tersebut?

Cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Berikut adalah berbagai metode yang bisa digunakan jika pemilik smartphone menemui masalah seperti ini.

Perlu dicatat, cara ini bisa dilakukan di semua merk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android mulai dari Gingerbread, Jellybean, sampai Oreo.

Dan juga semua merk hp seperti samsung, oppo, advan, xiaomi, vivo, dsb.

Berikut ini cara membuka lupa pola pada hp android:

Menggunakan fitur Forgot Password

Cara ini bisa digunakan apabila smartphone terkoneksi dengan internet dan sudah pernah login melalui akun Google.

Di bagian bawah memasukkan kunci pola di kanan terdapat menu Forgot Password. Pilih menu tersebut.

Langkah selanjutnya adalah masukkan username dan password e-mail di menu Account Unlock, kemudian sign in. Selanjutnya pemilik smartphone bisa membuat kunci pola baru dan bisa membuka menu smartphone.

Melakukan panggilan telepon dari smartphone lain

Jika smartphone tidak terkoneksi internet atau belum pernah login dengan akun Google, masih ada cara lain yang bisa dilakukan.

Pemilik smartphone bisa melakukan panggilan ke smartphonenya dari smartphone lain. Angkat telepon tersebut dalam beberapa waktu.

Saat posisi smartphone mengangkat panggilan, sentuh tombol Menu atau Home. Segera buka menu Setting atau Pengaturan.

Setelah masuk menu tersebut, aktifkan data internet atau WiFi supaya bisa login ke akun Google.

Pilihan lainnya adalah pemilik smartphone juga bisa langsung menonaktifkan kunci pola dari menu Setting supaya kunci pola hilang dan bisa masuk ke menu.

Menggunakan Android Debug Bridge di Control Panel

Android Debug Bridge (ADB) merupakan alat baris perintah yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan Android. Menu ADB ada di Control Panel PC.

Sebelumnya pastikan ADB sudah terinstall di PC dan berfungsi dengan baik serta kolom USB Debugging di smartphone sudah dicentang.

Selanjutnya akan dijelaskan dengan lebih rinci bagaimana menggunakan cara ini untuk membuka kunci pola smartphone.

  1. Buka menu ADB dengan perintah ADB Devices.
  2. Sambungkan PC dengan smartphone. Apabila tersambung, akan keluar List of Devices Attached yang di dalamnya terdapat ID smartphone yang terhubung.
  3. Jika smartphone terkunci menggunakan PIN, tulis shell rm data/system/password.key di ADB. Perintah lainnya yang dapat ditulis adalah adb shell rm data/system/gesture.key
  4. Ketikkan perintah untuk melakukan ADB Root.

Me-reset smartphone

Cara ini termasuk cara yang paling mudah diikuti dan paling ampuh untuk mengatasi permasalahan kunci pola yang tidak terbuka.

Hal yang perlu dipertimbangkan adalah terhapusnya semua data yang ada dalam smartphone termasuk aplikasi yang sudah terinstall.

Untuk melakukan cara ini, pemilik smartphone bisa memilih menu Factory Reset. Berikut akan dijelaskan cara untuk melakukan Factory Reset.

  1. Kondisikan smartphone supaya mati dengan Shut Down.
  2. Dalam kondisi mati, tekan tombol Volume atas, Home, dan Power secara bersamaan. Dengan klik ketiga tombol ini secara bersamaan, smartphone akan masuk ke dalam Recovery Mode.
  3. Tunggu sampai masuk menu Android System Recovery
  4. Cara mengoperasikan menu Android System Recovery adalah menekan tombol Volume atas bawah untuk bergerak, sedangkan tombol Home atau Menu untuk enter.
  5. Pilih menu Wipe Data / Factory Reset
  6. Selanjutnya akan muncul pertanyaan konfirmasi mengenai pilihan yang dibuat. Pilih opsi Yes dan smartphone akan memulai proses penghapusan data.
  7. Pilih opsi Reboot System Now untuk menyalakan smartphone.

Keempat cara tersebut bisa dilakukan di semua merk smartphone. Pada dasarnya, permasalahan kunci pola smartphone bisa teratasi karena pabrik sudah menyediakan alternatif pemulihan.

Namun, masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pemilik smartphone bisa bebas memilih cara mana yang akan dilakukan tergantung dengan kebutuhannya.

Untuk berjaga-jaga, pastikan smartphone selalu dalam kondisi terkoneksi dengan internet. Selain itu, masukkan akun Google pada smartphone.

Jika masih tidak bisa untuk kasus oppo bisa dicoba: membuka pola hp oppo yang lupa kata sandi.

Jangan lupa untuk secara rutin melakukan backup data dalam smartphone sehingga data tetap terjaga.

Give a Comment