Mantap, 8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi secara tepat?

Seiring dengan berjalannya waktu kerusakan keyboard laptop pasti akan terjadi.

Keyboard merupakan bagian penting dari laptop yang harus dijaga karena keyboard merupakan fitur laptop yang berfungsi untuk mengetikan perintah baik untuk berjalannya laptop maupun software di dalamnya.

Kerusakan keyboard laptopbisa terjadi baik secara parsial yakni hanya beberapa tombol saja hingga secara keseluruhan keyboard tidak bisa digunakan.

Keyboard yang rusak tentunya dapat menghambat anda untuk bisa mengakses dan mengerjakan pekerjaan di laptop anda dengan lebih leluasa.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi secara tepat dan kerusakannya dapat dilakukan dengan melakukan langkah pencegahan dengan merawat serta melindunginya secara rutin dan melakukan tindakan antisipasi melalui penyetingan hardware maupun software.

Prosedur Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Benar

Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan membagikan secara lengkap cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Tidak hanya cara mengatasi kami akan membagikan secara lengkap penyebab terjadinya kerusakan dan ketidaberfungsian suatu keyboard laptop.

Kenali dengan jeli cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi pada informasi di artikel ini.

Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Keyboard laptop mungkin tidak berfungsi karena debu atau kotoran yang ada dalam laptop.

Hal yang bisa anda lakukan adalah bersihkan keyboar mengunakan vacuum cleaner khusus laptop yang dapat menghisap kotoran dan debu yang terletak di sela-sela tombol keyboard.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunakan selotip maupun memiringkan laptop dalam kemiringan 75-90 derajat.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat: cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi karena debu.

Keyboard Tidak Berfungsi? Coba Restart Laptop

Keyboard yang tidak berfungsi mungkin saja diakibatkan karena software, driver maupun sistem operasi anda yang tidak berjalan dengan baik sehingga mempengaruhi keyboard laptop tidak berjalan dengan baik.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sesuai dengan sistem dengan merestart maupun mematikan laptop anda dalam durasi 15 sampe 30 menit setelah itu lihatlah apa langkah tersebut berdampak pada berjalannya keyboard laptop anda

Keyboard Masih Tidak Berfungsi? Coba Restore Windows

Prosedur antisipasi laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan mengcheck sistem operasi dan hal yang perlu anda lakukan dengan merestore sistem operasi windows.

Untuk bisa melakukan proses restore windows anda hanya cukup untuk:

  1. klik control panel.
  2. Lalu masuk kebagian system & security.
  1. Di sesi pilih backup computer dan pilih recover system setting on your computer.
  2. Terakhir pilihlah open system restore dan tinggal ikuti saja prosedur fitur wizard yang akan merestore sistem operasi laptop anda secara otomatis.

Coba Perbaiki Driver Keyboard Laptop

Keyboard yang tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh driver yang tidak berfungsi dengan baik oleh karena itu selalu perhatikan driver laptop anda agar berjalan dengan baik.

Untuk melakukan pengecekan tersebut:

  1. Anda bisa mengakses menu control panel.
  2. Masuklah ke bagian hardware dan sound dan pilih sub menu device manager
  3. Lihatlah apakah terdapat tanda seru dan segitiga kuning yang menandakan adanya masalah pada driver.
  4. Untuk mengatasi driver yang bermasalah anda bisa mengklik updater driver software.
  5. Setelah itu windows akan mencari driver yang cocok untuk keyboard laptop anda dan anda tinggal memasang driver tersebut dengan metode manual.

Pastikan Kamu Tidak Mengunci Ease of Access Center

Metode untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berjalan selanjutnya adalah dengan tidak mengunci fitur Ease of Access Centre.

Untuk bisa melakukannya anda hanya perlu:

  1. Klik start menu bagian control plan dan masuk ke bagian Ease of Access.
  2. Pilih Make the keyboard easier to use.
  3. Selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah mengklik bagian change how keyboard work.
  4. Terakhir uncheck semua pilihan yang ada dalam set up filter key.

Gunakan Keyboard Alternatif

Jika ternyata keyboard laptop kamu rusak beberapa tombolnya atau secara keseluruhan yang menyebabkannya tidak bisa digunakan anda bisa mengunakan keyboard alternatif virtual yang ada pada menu desktop anda.

Menu ini bernama Ease of Access yang dapat diakses dengan:

  1. Klik start.
  2. Lalu klik all program, selanjutnya accessories dan pilihlah Ease of Access yang didalamnya terdapat software keyboard virtual bernama On Screen Keyboard yang bisa diakses dengan mengunakan mouse.

Keyboard alternatif yang bisa dicoba selanjutnya adalah keyboard fisi baik yang bermodel USB Pot maupun Bluetooth dan WiFi

Perbaiki di Service Center Resmi

Jika ternyata keyboard eksternal anda tidak bisa dengan cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan benar yang anda lakukan secara mandiri.

Maka langkah yang harus ditempuh adalah dengan melakukan servis keyboard laptop di service center yang sesuai dengan merek laptop anda.

Jika anda melakukan service keyboard di service center maka keyboard laptop anda akan langsung diganti komponennya secara keseluruhan.

Keyboard terkunci

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi terakhir yang akan dibahas adalah dengan melakukan pengecekan apakah keyboard berada dalam kondisi terkunci atau terbuka.

Jika ternyata berada dalam kondisi terkunci anda hanya cukup akses bagian keyboard pada laptop anda dengan mengunakan mouse dan aturlah keyboard seperti sediakala.

Untuk cara lengkapnya bisa dilihat: cara membuka kunci keyboard di laptop.

Meskipun anda mempunyai keyboard laptop dengan kualitas terbaik namun pada akhirnya keyboard laptop anda akan mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi lagi jika anda tidak secara rutin merawatnya.

Selalu ingat untuk tidak memberikan tekanan yang besar pada laptop seperti benturan serta pemencetan tombol dengan keras, lakukan pemantauan terhadap software yang berpengaruh terhadap laptop dan usahakan menjaga kebersihan keyboard laptop secara rutin.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga tips terkait cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa membantu anda untuk membuat keyboard laptop anda bisa awet dan terus berfungsi secara berkelanjutan

You May Also Like

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *