Cara Memperbaiki Printer Epson L210, dan L220 Berkedip Merah

Printer Epson dengan seri L sudah banyak bermunculan semenjak serinya yang pertama yaitu L100 yang memiliki fitur tinta infus.

Begitu pula untuk seri lebih baru seperti L210 dan L220 juga mempunyai sistem tinta yang sama.

Di bagian printer terdapat sebuah tanda lampu pada ikon tinta dan kertas.

Jika kedua tanda lampu ini saling berkedip merah secara bergantian maka bisa jadi printer sedang ada masalah sehingga tidak bisa digunakan untuk mengeprint kertas atau dokumen Anda.

Cara mengatasinya mudah dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Cara memperbaiki printer epson L210, L220 berkedip merah secara bergantian

Berikut cara mengatasi printer epson L210 atau 220 lampu tinta dan kertas berkedip:

  1. Buka bagian atas tutup printer lalu diangkat perlahan. Lampu yang berkedip merah pada ikon kertas bisa jadi karena ada kertas yang tidak sengaja tersangkut di dalam. Jadi silahkan cek apakah ada potongan kertas yang menyangkut dan kalau ada silahkan ambil dan pastikan tak ada sisa kertas yang tertinggal di dalam printer.
  2. Jika setelah diambil kertasnya, lampu masih berkedip maka silahkan coba solusi kedua dengan mengecek isi tinta. Karena jika lampu berkedip merah itu juga bisa menjadi tanda ada tinta yang sudah habis atau isinya berada di bawah batas minimal dapat membuat printer rusak. Cobalah tekan selama 3 detik di bagian segitiga yang ada di dalam lingkaran warna merah untuk memompa tinta dari tangki ke head printer. Tunggu sampai proses memompa tinta selesai dan jika sudah silahkan matikan dulu, setelah itu baru hidupkan lagi.
  3. Terakhir, jika 2 solusi di atas masih belum berhasil maka silahkan reset printer Epson L220/210 Anda. Biasanya pada printer ada batas maksimal untuk mencetak dan kalau sudah mencapai batas tersebut, maka printer harus direset ke posisi awal. Anda bisa unduh reseter untuk printer sesuai dengan tipe dan versi printer yang dimiliki. Anda bisa temukan secara gratis di internet.

Jika sudah selesai dan ternyata tidak bisa print juga maka coba ikuti: cara membersihkan head printer epson.

Itulah beberapa cara memperbaiki printer epson l210, l220 berkedip merah secara bergantian. Semoga bermanfaat.

Give a Comment