Cara Mencari dan Mengganti Kata di Word Secara Otomatis

Menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi adalah idaman banyak murid. Bayangan-bayangan indah kenikmatan masa kuliah pun menghampiri.

Satu hal yang tidak terpikirkan adalah tugas. Tugas di bangku kuliah notabene lebih berat dibandingkan dengan jenjang-jenjang sebelumnya.

Kuliah selalu dipenuhi dengan tugas yang banyak. Tugas yang sangat banyak ditambah dengan sifat yang suka menunda-nunda untuk memperbaiki akan membuat tugas menumpuk di akhir pekan.

Jika sudah mendekati waktu pengumpulan, kebingungan dan stres akan melanda pikiran karena banyaknya revisi tugas yang harus dikerjakan.

Untuk mengganti kata-kata yang salah dalam sebuah file, dengan menggunakan PC akan lebih mudah jika dapat mencari tulisan secara sederhana dan cepat.

Namun, kesulitan selanjutnya adalah bagaimana jika tidak tahu letak kata yang sedang dicari ada di mana saja? Tidak mungkin mencari satu per satu kata yang ada dalam tugas tersebut.

Mengganti kata ini sangat membuat tidak nyaman karena waktunya lama, menguras banyak tenaga, dan membuat tubuh dapat lebih lelah.

Sehingga wajar jika hal ini dianggap menyebalkan. Perlu ada cara yang cepat untuk mengatasi permasalahan ini. Cara tersebut dapat dilakukan melalui Ms. Word.

Berikut ini langkah-langkah mencari dan mengganti kata di microsoft word secara otomatis:

Mencari kata dan menggantinya di word 2016
Mencari dan mengganti kata secara otomatis di word 2007
  1. Usahakan berada di kategori home.
  2. Selanjutnya pilih replace yang berada di sebelah pojok kanan.
  3. Akan muncul windows bertuliskan Find and Replace. Di situ terdapat tiga menu, yaitu Find, Replace, dan Go to.
  4. Jika ingin mencari kata, pilih menu Find. Tulis kata yang dicari di kolom Find What, kemudian klik Find Next. Kata yang dicari akan terblok dan dapat bergerak ke kata selanjutnya.
  5. Jika ingin mengganti kata yang tersebar dalam file tersebut, pilih menu  Sama seperti cara untuk menemukan kata, tulis kata yang ingin diganti dalam file pada kolom Find What
  6. Masih di menu Replace, kita juga bisa mengganti sebuah kata dalam file dengan kata lain secara otomatis. Tulis kata lama di kolom Find What dan tulis kata baru di kolom Replace With. Setelah itu, klik Replace jika hanya ingin beberapa kata yang diganti atau Replace Alljika ingin menerapkan di semua kata yang sama.
  7. Jika ingin menampilkan halaman yang ingin dicari, pilih menu Go to. Pilih apa yang akan dituju, misal halaman, baris, atau section. Masukkan angka yang menunjukkan tempat yang ingin dituju di kolom Enter Page Number dan klik Go to.

Cara ini bisa digunakan untuk microsoft word 2007, 2013, dan word 2016. Dan biasanya diperuntukan untuk: cara membuat label undangan  pernikahan sendiri di microsfot word.

Ataupun ketika sedang: cara membuat brosur di microsoft word.

Itulah cara-cara untuk mencari dan mengganti kata secara cepat di Ms. Word. Dengan cara ini, pastinya waktu tidak akan terbuang sia-sia dan pekerjaan lebih cepat selesai.

Give a Comment