Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Memiliki suatu aplikasi di smartphone tentu akan memberikan berbagai fitur serta kemudahan yang Anda inginkan. Aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ada kalanya setelah di install aplikasi ini tidak berjalan. Karenanya, Anda perlu tahu apa saja penyebab aplikasi tidak terpasang dengan baik beserta solusinya.

Aplikasi pada smartphone saat ini sangat beragam. Ada yang bisa digunakan untuk menunjang pendidikan, mempermudah akomodasi perjalanan, hiburan baik berupa video ataupun game dan masih banyak lagi. Semua aplikasi ini sangatlah bermanfaat bergantung kepada usernya masing-masing.

Namun, ternyata tidak semua aplikasi yang telah didownload dan install dapat dipakai dengan baik. Karena terdapat berbagai penyebab dari kendala tersebut. Karenanya Anda perlu tahu apa saja penyebabnya dan apa yang harus dilakukan untuk menangani hal tersebut.

Aplikasi yang tidak terpasang dengan sempurna akan menimbulkan berbagai masalah seperti memakan kapasitas memori serta aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

Namun, ada beberapa hal dasar penyebab yang menjadi permasalahan tersebut, seperti:

Error

Tidak berjalannya aplikasi yang baru di install biasanya disebabkan oleh error sementara. Sumber masalahnya bisa dari OS ataupun aplikasi itu sendiri. Namun, Anda bisa restart atau menunggu beberapa saat dan aplikasi ini dapat dijalankan kembali dengan normal.

Certificate Clash

Penyebab lainnya dari suatu aplikasi tidak terpasang dengan baik dikarenakan aplikasi yang di install merupakan yang illegal. Hal ini menjadi masalah karena OS dapat mem-block penggunaan aplikasi tersebut. Untuk memakai aplikasi ilegal Anda harus melakukan rooting. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan bagi siapapun.

Tempat Penyimpanan Error Atau Corrupt

Media penyimpanan yang rusak akan membuat data yang berada di dalamnya ikut rusak dan tidak dapat dibaca. Rusaknya media penyimpanan merupakan suatu petaka karena ada kemungkinan semua data-data di dalamnya ikut rusak.

Aplikasi Error Atau Corrupt

Penyebab terbesar berikutnya adalah aplikasi yang di download ternyata corrupt atau error. Hal ini bisa terjadi jika pada proses download terjadi gangguan atau proses instalasi yang salah. Terlebih jika Anda download aplikasi tersebut bukan dari Google PlayStore karena sumbernya tidak terpercaya dan kemungkinan rusak sangat besar.

Kapasitas Penyimpanan Tidak Cukup

Penyebab paling dasar tidak bekerjanya suatu aplikasi adalah karena memori untuk menyimpan data di smartphone Anda penuh. Hal ini bisa disebabkan dari jumlah aplikasi yang dimiliki sudah sangat banyak sehingga membuat aplikasi baru tidak dapat dipakai dengan baik.

Letak Instalasi Aplikasi Tidak Tepat

Media penyimpanan dalam smartphone bisa berasal dari internal dan eksternal berupa microSD. Terkadang ketika akan install suatu aplikasi Anda akan diberi pilihan untuk menyimpan data di penyimpanan internal atau eksternal.

Penempatan penyimpanan data ini penting karena dapat menghemat ruang memori internal smartphone Anda. Namun, jika Anda lupa dimana letak data dari aplikasi tersebut dan kebetulan microSDnya sedang dicabut maka aplikasi yang di install tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, salah satu solusi dari masalah ini dengan melakukan penyimpanan di dua tempat sekaligus. Cara ini mungkin boros pemakaian memori hp namun hal ini lebih baik daripada Anda harus mengalami kendala tersebut di masa depan.

Aplikasi yang di Install Berada di SD Card

Terkadang memori internal smartphone Anda tidak cukup sehingga harus memindahkan data pada suatu aplikasi ke dalam SD card. Masalahnya adalah, aplikasi dengan data yang tidak tersedia di dalam smartphone menjadi tidak bisa digunakan. Hal ini karena SD card tersebut berada di tempat lain seperti laptop dan lainnya.

Spesifikasi Smartphone Tidak Sesuai

Aplikasi pada android memiliki kesamaan pada software di komputer, dimana setiap aplikasi membutuhkan kebutuhan minimum agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Namun, beberapa aplikasi seperti game terkini butuh spesifikasi tinggi agar dapat dimainkan.

Terkadang suatu aplikasi tidak aktif bukan karena spesifikasi yang tidak mumpuni, tapi karena OS yang dipakai masih versi lama. Oleh karena itu, Anda bisa mencari aplikasi yang sesuai dengan OS Anda atau upgrade OS tersebut dengan yang terbaru.

Solusi Dari Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang dengan Baik

Setiap masalah di atas tentu memiliki berbagai solusi yang dapat Anda gunakan. Solusi ini cukup beragam dan bergantung pada penyebab masalahnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa solusi untuk setiap masalah tidak bekerjanya suatu aplikasi dengan baik.

Berikut cara mengatasi aplikasi tidak bisa dipasang di hp:

Restart Smartphone

Solusi pertama jika terjadi error pada hp adalah dengan restart smartphone tersebut. Beberapa merek hp memiliki mekanisme yang berbeda. Namun, secara umum Anda hanya perlu menekan tombol power sedikit lama dan hp sudah mati dan tinggal dihidupkan kembali.

Cara ini akan mereset ulang hp Anda. Jika kesalahan yang terjadi merupakan kesalahan sistem ringan, maka cukup dengan melakukan restart dan aplikasi dapat dijalankan kembali. Namun, jika kerusakan cukup parah Anda harus mendatangi service center terdekat.

Aktifkan “Sumber Tidak Terkenal”

Solusi untuk penyebab aplikasi tidak terpasang dengan baik karena masalah certificate clash dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan menerapkan hal ini Anda bisa memakai aplikasi apa saja namun risiko ditanggung sepenuhnya oleh Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka bagian setting pada android Anda.
  • Klik pilihan keamanan.
  • Lalu klik “sumber tidak dikenal” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Cara ini tidak bisa diterapkan pada semua merek hp. Karena hp lainnya seperti Xiaomi memiliki langkah tersendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah bagian pengaturan.
  • Klik pilihan setelan tambahan.
  • Lalu tekan opsi privasi.
  • Setelah itu klik “sumber tidak dikenal” agar fitur tersebut dapat aktif.

Periksa Memori Penyimpanan Smartphone

Anda bisa memeriksa memori penyimpanan apakah sudah penuh atau tidak. Jika penuh maka aplikasi baru tidak akan terpasang sempurna. Untuk mengetahuinya Anda dapat klik setting/ pengaturan kemudian klik bagian penyimpanan.

Jika terlalu penuh Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang jarang dipakai atau hapus file lain berupa dokumen, video dan foto. Namun, terdapat cara lain yaitu dengan menghapus data cache. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka bagian pengaturan/ setting.
  • Pilih menu aplikasi.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin Anda hapus data cache-nya.
  • Lalu klik hapus cache yang letaknya berada di bagian kanan bawah.

Lakukan beberapa kali pada aplikasi lainnya agar ruang kosong pada penyimpanan Anda semakin banyak. Setelah itu, Anda bisa coba install kembali aplikasi yang di inginkan.

Tidak bisa Install Aplikasi yang Dimodifikasi

Terkadang beberapa developer ataupun Anda sendiri dapat membuat aplikasi tiruan dengan berbagai tambahan fitur yang telah dimodifikasi. Nah, jika Anda memiliki aplikasi asli di smartphone tersebut maka hapuslah dan install kembali aplikasi yang telah dimodifikasi tersebut.

Aktifkanlah USB Debugging

Cara ini merupakan lanjutan dari “sumber tidak dikenal”. Jika, melakukan cara nomor 2 tidak berpengaruh maka Anda harus klik opsi Debugging USB dengan mengaktifkan developer option terlebih dahulu. Setelah itu coba install kembali aplikasi yang Anda inginkan.

Untuk xiaomi berikut ini caranya:

  • Masuk ke pengaturan lalu ketuk MUI Version.
  • Selanjutnya ketuk 7-8 kali di developer options.
  • Lalu aktifkan usb debugging.

Hapus Sisa Data Aplikasi Yang Tersisa di Sistem

Banyak kejadian dimana aplikasi yang sudah dihapus meninggalkan sampah berupa junk file yang memakai kapasitas memori smartphone Anda. Hal ini tentu merugikan karena Anda menjadi kesulitan untuk install aplikasi baru.

Beberapa junk file dapat dihapus dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih seperti CleanMaster. Aplikasi ini dapat membersihkan junk file sekaligus membuat ringan kinerja RAM, sehingga hp menjadi tidak mudah overheat dan performanya tetap tinggi.

Namun, ada kalanya junk file sisa aplikasi tidak bisa dihapus dengan aplikasi pembersih. Karena sampah ini berada pada sistem. Jadi, untuk menghapus file ini Anda harus melakukan root terlebih dahulu agar bisa masuk dan otak-atik sistem dengan bebas. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah melakukan rooting android Anda harus download aplikasi Apps2SD.
  • Lalu klik opsi “Broken App Cleaner”.
  • Kemudian akan muncul jendela berisikan informasi. Lalu klik OK.
  • Lalu klik opsi “select all”, kemudian tekan tanda centang.
  • Kemudian tunggulah sampai scanningnya selesai.
  • Lalu pilih “Delete”. Kemudian akan muncul pesan untuk melakukan restart. Kemudian tekan pilihan YES dan smartphone Anda akan restart dengan sendirinya.
  • Setelah smartphone Anda hidup kembali, cobalah untuk install aplikasi yang di inginkan. Jika langkah yang dilakukan telah sesuai maka aplikasi tersebut akan terpasang dengan sempurna.

Menghapus Aplikasi Ganda Atau Duplikasi

Terkadang kita perlu melakukan duplikasi aplikasi karena salah satu di antaranya ada yang asli dan lainnya hasil modifikasi. Biasanya orang akan lupa menggunakan aplikasi yang mana dan ketika bosan justru menghapus yang asli dan melupakan kalau ada aplikasi lainnya yang serupa.

Masalah timbul ketika Anda ingin download dan install aplikasi yang sama di kemudian hari. Karena proses instalasi tidak akan berjalan dengan lancar bahkan terhambat dan terdapat informasi yang menyatakan bahwa ada aplikasi serupa yang telah di install sebelumnya.

Untuk mengatasi hal ini Anda harus menghapus aplikasi modifikasi tersebut terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka pengaturan, kemudian daftar aplikasi yang di install, lalu hapuslah aplikasi modifikasi tersebut.

Setelah melakukan hal tersebut, cobalah untuk download dan install kembali aplikasi aslinya. Jika cara ini telah dilakukan namun, aplikasi tersebut masih tidak berjalan maka langkah selanjutnya adalah ikuti cara nomor 6.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa aplikasi tidak terpasang dengan baik di smartphone beserta dengan solusinya.

Cara ini bekerja dengan baik untuk hp xiaomi, samsung, oppo, vivo dan merk lainnya

Jadi, dengan mengetahui hal ini Anda bisa melakukan perawatan dan pencegahan pada smartphone masing-masing.

Give a Comment