Cara Mengatasi Driver_Irql_not_Less_or_Equal Blue Screen

Memiliki barang elektronik seperti laptop sangat membantu kebutuhan pemiliknya. Namun, ada kalanya laptop mengalami masalah.

Tidak semua pemilik laptop memahami elektronik secara mendalam. Akhirnya ketika laptop bermasalah, pemilik laptop akan panik dan khawatir laptop mengalami kerusakan yang parah.

Tidak jarang mereka buru-buru membawa laptop ke tempat servis.

Salah satu permasalahan di laptop adalah munculnya Blue Screen of Death (BSOD). Biasanya BSOD muncul ketika laptop dinyalakan.

Laptop biasanya masih menampilkan logo merk laptop dan logo windows. Setelah masuk menu login, tiba-tiba layar menjadi biru dan dipenuhi tulisan-tulisan.

Wajar saja jika pemilik laptop panik, karena tidak memahami apa yang dimaksud dengan tulisan-tulisan tersebut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan agar laptop kembali normal.

Keterangan error blue screen bermacam-macam. Salah satunya adalah error dengan tulisan driver_irql_not_less_or_equal.

Penyebab error ini bisa disebabkan adanya permasalahan di driver laptop yang akan ditunjukkan dengan kode yang ada di sebelah tulisan driver_irql_not_less_or_equal.

Umumnya file yang mengalami kerusakan adalah driver WiFi atau wireless. Kerusakan file ini bisa disebabkan karena perangkat atau sistem operasi yang berbeda.

Penyebab lain juga bisa karena adanya file di Operating System mengalami kerusakan.

Me-restart laptop agar error ini hilang adalah hal yang sia-sia. Namun, jangan panik. Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Berikut ini cara mengatasi Driver_Irql_not_Less_or_Equal Blue screen:

  1. Masuk ke dalam safe mode dengan menekan F8.
  2. Cari pilihan Device Manager dan buka pilihan tersebut.
  3. Melakukan disable terhadap seluruh driver WiFi.
  4. Restart laptop dan masuk ke Windows.

Ketika berhasil masuk ke windows, semua driver harus di-install ulang. Hal ini dilakukan agar WiFi dapat digunakan secara normal.

Jika belum bisa, langkah yang perlu dilakukan adalah disable driver lain seperti vga atau lainnya. Setelah selesai disable, lakukan langkah yang telah dijabarkan sebelumnya.

Jika tidak bisa ketika masuk ada bacaan windows error recovery maka coba ikuti: cara mengatasi windows error recovery saat masuk.

Itulah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika laptop mengalami BSOD driver_irql_not_less_or_equal.

Semoga apa yang telah dijabarkan bisa membantu mengatasi salah satu permasalahan yang biasa muncul di laptop.

One Response

  1. rio ak

Give a Comment