Cara Mengatasi File Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka

Microsoft excel saat ini sangat diperlukan dimanapun baik itu di dunia pendidikan maupun di dunia pekerjaan, dan bahkan juga dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Program aplikasi pengolah angka ini terkadang mendapati error yang membuat jantung berdetak kencang, mengingat data-data penting saat ini seputar perhitungan uang menggunakan microsoft excel.

Error yang dimaksud ini adalah file microsoft excel tidak bisa dibuka. Sudah berapa kali dicoba dengan cara membuka file excel lalu menutup nya kembali, bahkan sampai restart komputer/laptop pun tetap saja tidak bisa dibuka.

Error ini bisa terjadi pada semua versi baik itu excel 2007, 2013, dan 2016. Biasany akan ada pesan:

The file you are trying to open, ‘nama file.xls’ is in a different format than specified by the file extension. Verify that the file is not corrupted and is from a trusted source before opening the file. Do you want to open the file now?

Dan terkadang ada pesan:

bad image

is either not designed to run on windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support. Error status 0xc00012f.

Kenapa microsoft excel tidak bisa dibuka?

Penyebab excel tidak bisa sampai saat ini sulit untuk diketahui akar masalahnya, namun ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini cara mengatasi file microsoft excel tidak bisa dibuka:

Untuk Microsoft excel 2007

  1. Pertama-tama klik logo excel terlebih dahulu seperti ketika ingin membuka file.
  2. Selanjutnya, lihat ke bawah akan ada tulisan “excel option”, silahkan klik tulisan tersebut.
  1. Kemudian pilih advanced dan kemudian hapus centang pada “ask to update automatic links”.
  2. Sekarang tutup excel dan silahkan kembali buka excelnya.

Perlu diingatkan kembali bahwa cara di atas hanya diperutnukan untuk excel 2007. Dan jika masih tidak bisa maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara kedua di bawah ini juga berlaku untuk microsoft excel versi 2010, 2013, dan 2016. Cara kedua ini menggunakan software saja.

Jadi ada sebuah software yang diperuntukan untuk memperbaiki file excel error tidak bisa dibuka.

Software-nya tidak berat dan proses-nya cepat, hanya membuka file yang rusak ke dalam software ini maka nantinya akan diperbaiki sendiri.

Untuk caranya:

  1. install terlebih dahulu: microsoft excel recovery tools.
  2. Kemudian masukan file yang rusak ke dalam software ini.
  3. Tunggu beberapa saat dan lihatlah hasilnya.

Masih tidak bisa? jika masih tidak bisa juga maka solusi terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini hanyalah dengan cara install ulang microsoft excel-nya.

Ada kemungkinan file nya acak-acakan bukan karena file nya itu sendiri yang rusak melainkan karena microsoft excel nya yang rusak.

Bisa karena virus, bisa karena ketidaksengajaan, dan lain sebagainya. Demikianlah artikel penyebab dan cara bagaimana membuka file excel yang tidak bisa dibuka.

2 Comments

  1. Idhar
  2. Idhar

Give a Comment