Penyebab dan Cara Mengatasi GPS Menyala Sendiri di Android

Ponsel dengan teknologi Android saat ini adalah perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Bisa dibilang ponsel Android ini adalah perangkat yang akan sangat membantu dalam kehidupan setiap orang.

Maka dari itu, ponsel dengan teknologi Android seolah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang. Namun, menggunakan ponsel Android juga bukannya tanpa resiko dan masalah.

Masalah yang dialami setiap pengguna pun berbeda-beda. Salah satu yang mungkin dianggap sepele namun berdampak besar adalah fitur GPS yang sering menyala sendiri meskipun tidak digunakan.

GPS atau fitur Location Service adalah fitur yang sangat membantu ketika Anda ingin menemukan lokasi suatu tempat dan rute untuk menuju ke lokasi tersebut.

Fitur ini bisa dibilang memiliki peran yang penting bagi pemilik ponsel, namun di lain sisi juga memberikan dampak besar jika dibiarkan menyala terus.

Fitur ini tergolong fitur yang menghabiskan daya dan data seluler paling banyak jika dibiarkan dalam keadaan menyala.

Karena itu jika sudah tidak dibutuhkan sebaiknya Anda mematikan fitur ini. Namun, bagaimana jika fitur ini suka menyala sendiri meskipun tidak sedang digunakan? Nah, berikut ini adalah cara mengatasinya.

Ini dia cara mengatasi gps yang tidak bisa dimatikan, selalu nyala sendiri di hp android:

Dinonaktifkan Secara Keseluruhan

Ya, cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan fitur ini secara penuh.

Pada dasarnya, fitur GPS memiliki 3 mode berdasarkan tingkat akurasinya, khusus perangkat, hemat baterai dan akurasi tinggi.

Diantara 3 mode tersebut, mode hemat baterai lah yang biasanya sering membuat GPS aktif sendiri walaupun tidak digunakan.

Ketika selesai menggunakan fitur GPS, Anda pasti akan menonaktifkannya kan?

Nah, saat dimatikan ini GPS sebenarnya belum benar-benar mati. GPS biasanya tetap menyala dengan tingkat akurasi hemat baterai.

Untuk itu, turn off GPS Anda secara full dengan menggeser ke kiri pada menu option “Akses Lokasi” pada GPS Anda. Dengan begitu GPS akan benar-benar mati.

Jika menggunakan xiaomi berikut ini caranya:

  1. Tekan lama pada ikon gps.
  2. Selanjutnya tinggal geser saja “akses lokasi”.

Periksa Kembali Izin Aplikasi

Penyebab selanjutnya yang membuat GPS sering aktif sendiri adalah aplikasi yang mengizinkan untuk mengakses lokas

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu mengubah perizinan aplikasi tersebut.

Caranya, cukup masuk ke menu manager aplikasi dan temukan aplikasi apa saja yang sering memanfaatkan GPS untuk menemukan lokasi dan ubah izin aksesnya.

Untuk hp xiaomi berikut ini caranya:

  1. Masuk terlebih dahulu ke setelan (ikon roda gigi).
  2. Selanjutnya pilih aplikasi terinstall.
  3. Cek satu per satu aplikasinya.
  4. Kemudian pilihlah perijinan aplikasi.
  5. Pada bagian lokasi silahkan dimatikan.

Unceklis pengaturan

Cara terakhir ini bisa Anda gunakan apabila dua cara sebelumnya tidak berhasil. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” lalu temukan sub menu “Location”.

Cek pada pilihan menu “Use GPS Satelites” dan unceklis menu tersebut atau hilangkan tanda cek yang berarti mengizinkan. Jika sudah maka GPS Anda tidak akan aktif lagi.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan GPS yang suka menyala sendiri meskipun tidak sedang digunakan.

Walaupun fitur ini sangat bermanfaat, namun jika dibiarkan menyala saat tidak digunakan akan membuat konsumsi daya baterai lebih besar dan membuat baterai ponsel Anda cepat habis. Semoga bermanfaat.

Give a Comment