Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Menginstall Windows

Pernahkah Anda mengalami kendala saat mengintall Windows 7 ataupun Windows 10?

Kendala tersebut biasanya ditandai dengan munculnya pesan berupa “Windows Can’t be Installed on Drive 0 (Show Details)”.

Saat diklik “Show Details” maka akan muncul lagi pesan bertuliskan “Windows Cannot be Installed to The Disk. The Disk Is of the GPT Partition Style“.

Jika Anda pernah mengalaminya maka berikut akan dijelaskan trik mengatasi GPT Partition Style saat install Windows.

Sebenarnya apa itu GPT? GPT atau Guide Partition Table adalah sebuah format partisi hard disk yang kerap muncul.

Biasanya apabila Anda akan menginstall lagi maka caranya adalah harus mengganti format disknya terlebih dahulu.

Berikut cara mengatasi GPT di laptop/Komputer:

  1. Sebelum melakukan penginstallan Windows dimana hard disknya memiliki format Partition Style, maka ada baiknya untuk back up data yang ada. Kenapa perlu back up data? Karena dalam menghapus GPT Partition Style tersebut syaratnya yaitu disk harus ada dalam keadaan bersih (clean). Itu artinya semua data akan terhapus jika mau melakukannya.
  1. Setelah itu Anda dapat masuk ke bios lalu gantilah boot mode UEFI ke CSM boot ataupun Legacy. Untuk cara masuk ke bios adalah dengan menekan Del atau F2 (Tergantung dari masing-masing merk laptop), lalu setelah itu pilih menu Boot dan pilih Legcay. Setiap Menu Bios berbeda-beda silahkan diimporivisasi.
  1. Trik mengatasi GPT Partition Style selanjutnya adalah masukanlah CD instalasi Windows jika sudah muncul jendela Welcome Instalasi. Tekanlah tombol F10 dan Shift bersamaan. Bisa juga menekan enter lalu masuk ke repair your computer dan pilih Command Prompt.
  1. Setelahnya akan muncul tampilan CMD. Ketiklah diskpart guna menjalankan aplikasi Diskpartnya.
  1. Jika sudah masuk ke diskpart maka ketikkan list disk guna menampilkan daftar disknya. Lihatlah disk yang mempunyai tanda bintang (*) di kolom GPTnya. Itu berarti disk itu memakai format GPT.
  1. Jika mau menghapus GPT Partition Style pilihlah disk yang memiliki tanda bintang (*) di kolom GPT tersebut. ketikkan select disk=0 karena di tutorial format GPTnya berada di disk 0.
  2. Nanti akan muncul tulisan “Disk 0 Is Now the Selected Disk”.
  3. Ketikkanlah “Clean” dan tunggu hingga proses tersebut selesai. Jika sudah restartlah komputer. Komputer tersebut siap diinstall ulang.

Jika tiba-tiba mengalami masalah windows error recovery maka bisa ikuti: cara mengatasi windows error recovery.

Demikian penjelasan mengenai trik mengatasi GPT Partition Style saat menginstall Windows. Semoga penjelasan ini dapat berguna dan menambah informasi bagi Anda. Sekian.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *