Cara Mengatasi Gpu dan Vram Unable di PES Komputer-Laptop

Pro Evolution Soccer (PES) merupakan permainan simulasi sepak bola yang digemari oleh banyak orang terutama penggemar sepak bola.

PES menghadirkan permainan sepak bola berdasarkan grup dan pemain yang diambil dari kehidupan nyata. Hampir setiap tahun Konami merilis PES.

PES 2020 merupakan salah satu versi yang disukai. Tidak hanya dari segi permainan, tetapi juga dari grafis yang memanjakan mata.

PES 2020 dapat dimainkan di PC dengan mengunduh installer aplikasinya. Setelah dirilis, game baru biasanya memiliki masalah yang jarang diketahui apa solusinya.

Salah satu masalah yang terjadi di PES 2020 adalah tidak terdeteksinya VRAM dan VGA/GPU pada PES 2020 di PC.

Jika tidak ada permasalahan di bagian VRAM atau VGA/GPU, pemain bisa menikmati grafis PES 2020 dalam pengaturan low graphic di PC.

Hal ini dapat terjadi pada PC yang menggunakan GPU terintegrasi seperti intel HD. Faktor lainnya adalah PC mungkin menggunakan Dual VGA seperti Intel dan Radeon atau Intel dan nVidia.

Rasanya akan sangat menjengkelkan apabila spesifikasi PC sesuai untuk PES 2020 tetapi permainan tidak bisa dibuka dengan lancar.

Namun, jangan terburu-buru menghapus PES 2020. Permasalahan ini bisa diatasi dan pemain bisa menikmati PES 2020.

Berikut akan diuraikan terlebih dulu mengenai spesifikasi yang disarankan agar PES 2020 dapat dibuka tanpa ada masalah.

  • Sistem Operasi: Minimal Windows 7.
  • Processor: Minimal Core 2 Duo, disarankan Intel Core i3 530 / AMD Phenom II X4 925.
  • Graphic: Minimal 1024 MB (nVidia GeForce GTX 26- / ATI Radeon HD4850 / Intel HD Graphics 4000).

Dengan menggunakan aplikasi bernama dxcpl, permasalahan terkait VRAM atau VGA/GPU bisa teratasi. VRAM atau VGA/GPU akan terbaca dan PES 2020 dapat dimainkan.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan apabila VRAM atau VGA/GPU tidak terdeteksi pada Pro Evolution soccer 2020:

  1. Download terlebih dahulu dxcpl: download dxpl terbaru 32 bit, 64 bit.
  2. Selanjutnya, buka dxcpl.exe.
  3. Akan muncul windows dengan nama DirectX Properties. Klik tombol Edit List yang ada di bagian kanan atas.
  4. Selanjutnya akan muncul windows Direct3D 20x/11 Executable List. Klik “…” di sebelah kanan kolom Enter A Process or A Folder Name.
  5. Pilih lokasi folder instalasi PES 2020, kemudian pilih PES 2020.exe dan Settings.exe atau nama menyesuaikan dengan versinya. Keduanya akan muncul di kolom List of Processes of Folders. Klik OK.
  1. Kembali ke menu utama dxcpl.
  2. Di menu Device Settings bagian bawah, ubah Feature Level Limit menjadi 11_1 dan centang pilihan Force WARP. Klik Apply, lalu OK.
  3. Jalankan Settings.exe.
  1. Ubah pengaturan VGA dari Low menjadi Medium atau High. Cek juga pada tab Spesifications untuk melihat apakah VRAM dan VGA/GPU sudah terdeteksi atau belum.

Jika PES tidak bisa dibuka maka bisa diikuti: cara mengatasi PES (Pro Evolution Soccer) error Tidak bisa dibuka.

Cara yang telah disebutkan telah dicoba di Dual VGA Intel dan nVidia. Apabila mengikuti cara di atas, permasalahan terkait VRAM atau VGA/GPU akan teratasi.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini jika PC menggunakan Dual VGA berupa Intel dan nVidia.

Beberapa orang masih menemukan masalah terkait VRAM dan VGA/GPU meskipun telah mengikuti cara di atas dengan benar.

PC masih mendeteksi intel sehingga PES 2020 tidak bisa dijalankan. Ada alternatif lain untuk mengatasi hal ini.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan apabila VRAM dan VGA/GPU tidak terdeteksi di PES 2020 dalam PC.

  1. Dual VGA yang terdeteksi biasanya adalah intel jika PES 2020 masih bermasalah. Namun pada bagian notifikasi akan ada perubahan. Cek perubahan notifikasi tersebut, apakah menjadi Good, OK, Bad, atau (N/A). Jika muncul notifikasi Good, OK, atau Bad, kedua VGA sudah terdeteksi. Berbeda jika notifikasi memunculkan (N/A). Notifikasi (N/A) menunjukkan VGA belum terdeteksi.
  2. PC masih mendeteksi intel bisa disebabkan beberapa hal. Intel pada PC bisa jadi merupakan VGA Onboard sehingga lebih diprioritaskan oleh PC. Apabila PC diinginkan hanya mendeteksi VGA nVidia saja, usahakan tidak pernah install driver yang menggunakan VGA Intel.

Hal yang perlu diperhatikan dengan cermat adalah spesifikasi grafik. Kondisi (N/A) bisa disebabkan karena spesifikasi VGA kurang dari 1 GB sehingga PC menggunakan VGA Intel Onboard. Namun jika sudah memenuhi dan telah menggunakan VGA nVidia atau Radeon, coba langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemungkinan besar cara di atas tidak berlaku jika PC menggunakan VGA Intel.

Itulah cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi VRAM atau VGA/GPU yang tidak terdeteksi saat memainkan PES 2020 . Diharapkan setelah mencoba langkah di atas, PES 2020 bisa dimainkan dengan lancar tanpa gangguan.

Give a Comment