Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Tidak Keluar Suara

Peran sistem audio terbilang cukup penting bagi sebuah ponsel pintar. Katakanlah apabila terdapat panggilan, chat, pemberitahuan masuk kita tidak akan tahu dengan cepat tanpa suara notifikasi dari sistem audio.

Karena faktor usia dan frekuensi pemakaian wajar jika performa ponsel android akan semakin menurun bahkan hp tidak ada suara.

Maka dari itu, berikut ini akan kita ulas cara memperbaiki hp tidak ada suara .

hp tidak ada suara bisa terjadi karena berbagai macam sebab yang seringkali tidak kita sadari.

Bagaimanapun hp tidak ada suara  pastinya akan cukup mengganggu aktivitas Anda terutama bagi Anda yang sangat membutuhkan ponsel untuk media komunikasi dan kepentingan pekerjaan.

Dari berbagai macam sebab yang bisa terjadi berikut akan kita ulas cara memperbaiki hp android tidak ada suara agar bisa kembali normal dan cukup aman untuk Anda coba sendiri.

Sebagai catatan, perhatikan dengan baik petunjuk dan tata cara memperbaiki agar sistem audio pada ponsel android Anda dapat benar-benar berfungsi kembali.

Jangan sampai salah permasalahannya sebab jika yang dimaksud adalah tidak ada suara saat menelpon bisa dilihat: cara mengatasi tidak ada suara saat menelpon.

Berikut ini cara mengatasi hp tidak ada suara:

Cek tombol volume

Cek pada tombol volume ponsel android Anda dan pastikan volume pada ponsel dalam keadaan full.

Jika tidak ada masalah dalam mengatur volume melalui tombol volume dan audio masih belum berfungsi berarti masalah bukan berada pada tombol volume.

Anda dapat mencoba me-reset audio setting yang terdapat dalam menu setting ke pengaturan awal.

Reboot ponsel

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah me-reboot ponsel android Anda. Matikan atau shut down ponsel Anda kemudian cabut sim card, memory external dan baterai selama beberapa saat.

Tujuannya agar motherboard me-reset sistem dengan sendirinya dan tidak mendapat daya.

Kemudian pasang kembali dan nyalakan ponsel lalu mencoba tes audio.

Uninstall pengaturan Root

ROOT yang tidak cocok untuk stock ROM android Anda juga bisa mempengaruhi kinerja audio.

Coba Anda ingat apakah Anda pernah menjalankan ROOT pada sistem android Anda atau mengizinkan piranti lain untuk beroperasi pada sistem android Anda.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan meng-uninstall pengaturan ROOT yang terpasang maupun downgrade.

Cek panel notifikasi

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mengecek pada panel notifikasi apakah headset masih tersambung meskipun headset sudah Anda copot.

Jika hal ini terjadi sederhananya Anda bisa langsung saja me-reset android maka sistem dan pengaturan akan dikembalikan ke sistem pengaturan awal.

Disable fitur speaker

Permasalahan yang sama juga dapat muncul ketika Anda menghubungkan ponsel android dengan speaker bluetooth.

Cara yang bisa Anda lakukan antara lain menghubungkan ulang dan men-disable fitur speaker bluetooth atau me-reset ulang ponsel.

Bersihkan Cache

Bisa jadi penyebab suara tidak ada di ponsel Anda adalah terlalu banyak data pada penyimpanan.

Hal ini bisa diatasi melalui pembersihan cache menggunakan aplikasi cleaner bawaan dari ponsel maupun meng-install Master Cleaner yang bisa Anda peroleh dari Google Play Store.

Jika audio masih tetap tidak berfungsi Anda bisa mencoba me-reset ulang ke pengaturan pabrik pada menu setting – system / about – factory reset.

Bongkar ponsel dan bersihkan lubang jack/microphone

Apabila melalui solusi diatas ponsel Anda masih bermasalah dengan sistem audio yang tidak mengeluarkan suara maka bisa jadi yang bermasalah adalah piranti hardware ponsel android Anda.

Langkah memperbaiki audio error pada android yang satu ini adalah dengan membongkar ponsel Anda.

Pertama ketahui di sebelah mana letak speaker Anda, setelah ponsel dibongkar perhatikan lempengan kuning pada speaker apakah mengalami kerusakan.

Jika kuningan masih bagus perhatikan apakah speaker yang rusak. Karena cara ini tidak dianjurkan ada baiknya Anda membawa ponsel kepada tukang service ahli untuk mengecek kerusakan pada komponen hardware ponsel.

Karena untuk membongkar ponsel diperlukan keahlian dan kesalahan pada pembongkaran dapat merusak komponen lain tanpa Anda sadari.

Itulah beberapa tips memperbaiki audio error pada android yang bisa Anda lakukan sendiri sebatas pada perbaikan pengaturannya dan bukan perbaikan hardware.

Untuk perbaikan hardware dianjurkan bawa ponsel Anda ke service ponsel ahli yang lebih memahami komponen ponsel.

Atau jika ingin sendiri bisa diikuti: cara mengatasi lubang headset hp rusak yang membuat tidak ada suara.

Diharapkan solusi diatas dapat membantu masalah error pada audio Anda.

Give a Comment