2 Cara Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk dan Flashdisk

Apakah anda pernah mengalami drive hardisk/flashdisk eror dan tidak dapat di buka serta muncul tulisan seperti di atas? Jika pernah artikel ini akan membahas cara jitu mengatasi I/O device error pada hardisk /flashdisk.

Permasalahan I/O device error biasanya terlihat saat kita hendak melakukan perintah membaca atau mengkopi file dari flashdisk, Hardisk, DVD, SD Card, dll.

Ditandai dengan munculnya tanda silang merah dengan tulisan “the request could not be performed because of an I/O device error “ disertai dengan munculnya kode seperti 214794351S7 atau 0x8007045D. Ini biasanya muncul karena masalah yang terjadi pada hardisk anda atau karena anda akan anda ubah partisinya.

Penyebab terjadinya system restore failed io device error atau biasa disebut I/O device error bisa jadi karena perangkat Flashdisk/Hardisk belum mendukung mode transfer.

Penyebab lainya juga bisa jadi driver perangkat yang sudah kadaluarsa atau kondisi hardisk yang sudah bad sector .

Artikel berikut akan membahas cara mengatasinya, bisa anda terapkan saat I/O device error in windows 10 .

Berikut langkah-langkah cara mengatasi i/o device error usb Hardisk eksternal dan flashdisk di windows:

Menggunakan Perintah CHKDSK

Untuk langkah pertama anda bisa membuka Command prompt pada komputer Anda, dengan cara mengklik Start lalu Run dan ketik ’Cmd’ lalu klik kanan pada Run Administrator. Setelah berada di halaman command prompt, anda bisa mengketikan Chkdsk /f H: ( penyimpanan pada drive apa misal drive H maka menggunakan H:) kemudian klik Enter. 

Lalu tunggu hingga proses selesai dan menghasilkan tampilan seperti ini, jika tampilan berubah seperti ini maka dapat dipastikan bahwa drive hardisk/flashdisk anda masih dapat diperbaiki.

Menggunakan perintah Diskpart

Jika langkah pertama tadi tidak berhasil, maka ada beberapa cara lanjutan yang bisa membantu anda untuk mengatasi I/O device error pada hardisk.

Ini adalah cara terahir yang bisa anda lakukan, dengan risiko kehilangan data yang anda miliki, cara ini adalah “menformat” hardisk anda.

Tetapi jika disaat akan melakukan format muncul pesan bahwa seperti “The disk is write protected“. Maka solusinya adalah menggunakan command prompt seperti berikut ini :

  • Masuk ke ’CMD’ seperti pada langkah pertama. Selanjutnya disaat “Diskpart”, maka akan terlihat berapa hardist yang tersambung pada leptop anda.
  • Dilanjutkan dengan mengketik “Select disk 0”, (anda bisa menyesesuai nomor disk dengan nomor yang sesuai dengan nomor komputer yang anda miliki.
  • Lalu ketikan “ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY”, untuk menghilangkan proteksi di hardisk tersebut.
  • Setelah langkah diatas dilakukan, dan muncul gambar seperti diatas maka sekarang anda bisa melakukan format ulang drive hardisk Anda.

Demikian artikel tentang cara jitu mengatasi I/O device error pada hardisk, DVD, CD, dan flashdisk.

Semoga dengan cara ini I/O device anda dapat normal seperti sedia kala.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *