Ikon Headset Tidak Hilang Saat Dicabut di Hp Androd

Ketika menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik, kebanyakan orang lebih suka mendengarkan melalui perangkat pendukung seperti headset atau headphone.

Alat ini akan membantu pengguna mendengarkan lebih jelas. Namun, tak jarang pengguna smartphone mengalami masalah pada perangkat headsetnya.

Masalah yang sering dihadapi itu misalnya ikon atau lambang headset yang tidak bisa hilang dari layar atau tiba-tiba muncul di status bar perangkat ponsel Anda.

Keadaan ini tentu membuat pengguna tidak bisa mendengarkan musik tanpa dibantu perangkat pendukung seperti headset.

Masalah ini bisa saja terjadi pada semua perangkat disebabkan oleh beberapa hal yang cukup sepele namun sering diabaikan, seperti misalnya:

  1. Perangkat tidak digunakan dalam waktu lama sehingga colokan jack audionya menjadi lengket
  2. Jack audio dalam keadaan lembab karena terkena uap, air atau hal lain yang membuatnya jadi lengket
  3. Ada kerusakan lain di dalamnya

Langkah Mudah Menghilangkan mode headset yang Tidak Bisa Hilang

Ketika mendengarkan musik atau melakukan panggilan dengan menggunakan perangkat headset/earphone tentu akan membuat Anda bisa mendengarkan dengan jelas.

Namun, ketika headset dilepas/earphone dilepas dan ikon headset atau headphone masih ada di status bar, maka fitur speaker Anda tidak akan bisa berfungsi.

Inilah yang membuat ponsel tidak akan mengeluarkan suara bahkan ketika Anda memutar musik tanpa bantuan headset.

Jika mengalami keadaan tersebut, Anda tak perlu khawatir karena masalah ini masih bisa diatasi. Anda bisa mencoba cara di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini cara menghilangkan ikon headset padahal sudah dicabut di hp android:

Coba dengan Memasukkan dan Mengeluarkan Headset

Langkah pertama yang paling sederhana adalah dengan mengeluarkan lalu memasukkan kembali headset atau headphone Anda ke lubang audio jacknya.

Lakukan dengan hati-hati selama beberapa kali sampai ikon atau lambang headsetnya menghilang dari status bar smartphone Anda.

Tiup-Tiup Lubang Audio Jack pada Ponsel Anda secara Perlahan

Jika langkah pertama di atas masih belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara kedua ini. Caranya pun masih terbilang sederhana, yaitu dengan meniup-niup secara perlahan lubang audio jack pada perangkat ponsel Anda.

Pastikan Anda meniupnya secara perlahan agar tidak ada air atau uap dari napas yang masuk ke dalam lubang audio jack tersebut.

Bersihkan Lubang Audio Jack

Ikon headset yang tidak bisa hilang bisa jadi disebabkan karena colokan headsetnya lembab. Maka dari itu, pastikan agar lubang audio jacknya dalam keadaan kering sebelum Anda mencoba cara-cara di atas.

Caranya bisa Anda bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang lembut. Dengan cotton bud ini akan bisa menyerap air ataupun uap yang menutup lubang audio jack.

Masukkan Headset Setenga Bagiannya, Lalu Sentil dengan Jari

Cara terakhir ini dilakukan untuk memancing respon dari perangkat Anda. Caranya, masukkan headset Anda ke dalam lubang audio jack terlebih dahulu.

Namun jangan masukkan semuanya, cukup separuh bagian dari headset tersebut. Jika sudah, sentil-sentil headset Anda dengan menggunakan jari. Setelah itu coba lepaskan dan lihat apakah ikon headsetnya masih ada atau tidak.

Ketika menggunakan perangkat android, pengguna pasti sering mengalami masalah atau kendala, baik dari perangkat itu sendiri maupun dari perangkat pendukungnya.

Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah ikon headset atau headphone yang tidak mau hilang bahkan ketika headsetnya sudah tidak digunakan dan dicabut.

Jika tiba-tiba mengalami hp android tidak ada suara baik itu ketika nonton video, ataupun menelpon bisa diatasi dengan: cara mengatasi hp tidak ada suara.

Atau yang resiko lebih tinggi bisa mengikuti: cara mengatasi lubang headset hp rusak tidak ada suara.

Atau saat nelpon tidak ada suara maka ikuti: cara mengatasi saat menelpon tidak ada suara.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara mudah seperti yang dijelaskan di atas. Dengan cara ini masalah pada perangkat Anda bisa diatasi dengan mudah.

Give a Comment