Cara Mengatasi Input not Supported pada Monitor

Untuk Anda yang menggunakan PC terutama PC gamer pasti sering mengalami input not support di monitor.

Hal itu dikarenakan tidak pasnya resolusi game yang Anda jalankan di PC tersebut.

Adapun terdapat 2 tips mengatasi input not support di monitor yang terbilang ampuh. Namun, perlu diketahui jika kedua tips ini hanya untuk PC yang agak sulit mencari resolusi setting di gamenya.

Jika di game yang Anda mainkan terdapat pengaturan resolusinya maka atur saja resolusi tersebut dengan menyesuaikannya pada monitor. Jika belum bisa maka cobalah tips di bawah ini.

Berikut ini cara mengatasi input not supported saat main game:

Tips Pertama

Tips mengatasi input not support yang pertama ini ditujukan khusus bagi game yang agak susah dalam menemukan pengaturan resolusinya. Cara yang satu ini terbilang gampang yaitu :

  1. Restartlah PC tersebut jika sudah muncul tulisan “Input Not Support”nya.
  2. Tekanlah tombol F8 dari boot screennya.
  3. Nantinya akan muncul sejumlah pilihan seperti Save Mode with Command Prompt, Save Mode, dan sejenisnya. Anda pilih saja VGA Mode.
  4. Jika sudah maka PC tersebut resolusinya akan berubah jadi sangat rendah.
  5. Restart lagi PCnya. Tunggulah beberapa menit. Apabila terdapat balon yang keluar mengenai support atau normal atau sejenisnya maka kliklah balonnya. Selesai. PC sudah kembali seperti semula.

Tips Kedua

Tips yang kedua ini ditujukan bagi PC yang benar-benar sulit untuk menemukan solusi masuk ke pengaturan resolusinya. Untuk yang satu ini caranya adalah :

  1. Jalankan terlebih dahulu game tersebut.
  2. Mendekatlah ke arah speaker. Cari tahu apakah game tersebut berbunyi atau tidak saat dijalankan.
  3. Tunggu saja game tersebut sampai ke menu pilihan. Untuk melakukan pendeteksian game itu sudah ada di game menu atau belum maka dengarkan saja speaker tersebut.
  4. Jika sudah semua maka tekanlah Alt + Del bersamaan. Dengan begitu maka game secara otomatis akan menjadi Windowed atau mengganti tampilannya ke Window Mode.
  5. Ubahlah resolusi di setting game tersebut. Selesai.

Jika masih tidak bisa juga untuk selanjutnya bisa diikuti: cara mengatasi kartu vga grafis tidak bisa/tidak tampil.

Jika layar redup bisa diatasi dengan: cara mengatasi layar monitor redup tiba-tiba.

Demikianlah dua tips mengatasi input not support yang dapat Anda coba. Periksa terlebih dahulu kira-kira PC Anda masuk ke dalam golongan yang pertama atau kedua.

Give a Comment