Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Telpon dan SMS

Smartfren merupakan salah satu operator yang memiliki cukup banyak pengguna di Indonesia.

Beberapa waktu belakangan, pengguna layanan operator ini banyak mengeluh karena tidak bisa menerima telepon, melakukan telepon serta mengirim maupun menerima SMS.

Keluhan ini terutama banyak terjadi semenjak Smartfren mengubah layanan dari CDMA menjadi LTE. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Masalah tidak bisa menerima dan melakukan telepon maupun mengirim dan menerima SMS hanya terjadi pada ponsel yang menggunakan layanan Smartfren non Andromax.

Masalah serupa justru tidak berlaku pada ponsel Andromax, meskipun baik ponsel Andromax maupun non Andromax sama-sama menggunakan teknologi LTE.

Pasti banyak yang bertanya mengapa bisa demikian. Alasannya adalah karena Smartfren sudah menggunakan teknologi Voice Over LTE (VoLTE) dalam layanan komunikasinya.

Hal tersebut memungkinkan layan suara untuk digunakan pada jaringan internet, artinya Anda bisa melakukan telepon sekaligus browsing sekaligus.

Lalu bagaimana caranya agar layanan VoLTE ini bisa digunakan pada jenis ponsel lain selain Andromax?

Sebelum mulai menggunakan layanan VoLTE ini pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan diantaranya adalah:

  • Ponsel yang Anda gunakan sudah memiliki jaringan LTE band 5 dan atau band 40, dan pastikan Anda memilih layanan LTE only.
  • Syarat kedua adalah pastikan bahwa kartu Smartfren yang Anda gunakan sudah mendapatak dukungan VoLTE.

Sedangkan untuk memilih jaringan ke jaringan LTE only, bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Hubungi *#*#4636#*#* melalui dial pad di ponsel Anda
  • Pilih menu informasi telepon, lalu pilih lagi menu setel jaringan yang disukai menjadi LTE only.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda juga harus memiliki aplikasi Smart VoLTE yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Jika sudah dinduh, pastikan mengikuti langkah berikut ini.

Berikut ini agar kartu Smartfren Bisa telepon dan SMS:

  1. Jika Anda sudah menginstal aplikasi Smart VoLTE pada ponsel non Andromax Anda, buka aplikasi yang sudah Anda pasang tersebut.
  2. Saat membuka aplikasi Smart VoLTE ini, Anda akan langsung diberi syarat dan ketentuan pada tampilan awal. Pastikan Anda sudah mengisi semua syarat dan ketentuan yang diberlakukan dengan mencentang kolom yang disediakan.
  3. Setelah semua terisi, klik pada menu “Activate”.
  4. Terakhir tunggu hingga proses registrasi selesai dan VoLTE Anda siap digunakan.

Jika sudah siap digunakan, maka sekarang Anda sudah bisa melakukan dan menerima panggilan telepon serta mengirim dan menerima SMS.

Layanan ini memungkinkan Anda untuk langsung berganti dari telepon biasa ke panggilan video.

Namun, untuk bisa menikmati layanan VoLTE ini pastikan Anda selalu mengaktifkan data seluler Anda.

Aplikasi akan langsung berjalan meskipun Anda baru menyalakan ponsel. Indikasinya bisa Anda lihat dari pemberitahuan yang ada di notification bar.

Jika tidak bisa juga coba registrasi ulang smartfren dengan mengikuti: cara mendaftar ulang dan registrasi kartu smartfren.

Itulah tadi cara mudah mengatasi kartu Smartfren yang tidak bisa digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon serta mengirim dan menerima sms.

2 Comments

  1. oka
  2. Hanry

Give a Comment