16 Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Patah-patah di Free Fire

Free Fire merupakan salah satu game moba yang banyak digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia untuk saat ini.

Baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sangat menggemari game ini karena berbagai alasan seperti spek dari smartphone yang dibutuhkan untuk memainkan game ini tidak terlalu tinggi.

Meskipun begitu, tetap saja banyak orang yang mengeluhkan tentang laging atau patah-patah ketika berada dalam permainan.

Hal ini dapat terjadi pada setiap smartphone, apapun merk dan spesifikasinya. Untuk itu, berikut cara mengatasi lag di Free Fire yang mungkin dapat membatu Anda.

Faktor Penyebab Lag di Free Fire

Sebelum menuju ke pembahasan utama, ada baiknya jika Anda mengetahui faktor yang dapat membuat lag atau patah-patah dalam game Free Fire, baik itu ketika dalam permainan ataupun ketika membukanya.

Faktor penyebab lag tersebut ada dua, yakni faktor eksternal serta faktor internal. Untuk faktor eksternal meliputi penggunaan jaringan internet, seperti jaringan 4G, 3G, ataupun wifi.

Selain itu, lag juga dapat terjadi ketika sedang terjadi update game oleh server Free Fire sendiri.

Sedangkan untuk faktor internal berupa kebiasaan dari pengguna serta spesifikasi dari smartphone yang dipakai.

Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi lag dalam permainan Free Fire.

Selain mengatasi lag, tentunya tips dan cara dibawah ini akan membuat jalannya permainan Free Fire menjadi lebih lancar. Untuk itu, berikut cara untuk mengatasi lag di Free Fire.

Berikut tips untuk mengatasi free fire lag patah-patah saat bermain:

Mencari Tempat Dengan Jaringan Stabil

Jaringan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi dalam permainan Free Fire. Ketika jaringan yang digunakan tidak stabil, maka akan terjadi lag ketika berada dalam game.

Mungkin untuk pengguna smatrphone dengan jaringan 4G, hal ini bukan masalah yang cukup berarti.

Akan tetapi, untuk pengguna smartphone dengan jaringan 3G sebaiknya mencari tempat yang menyediakan Wi-Fi dengan jaringan stabil.

Matikan Fitur Penghemat Baterai

Mungkin fitur penghemat baterai ini cukup membantu dalam menghemat daya smartphone ketika bermain Free Fire.

Namun hal ini malah dapat mengakibatkan terjadinya lag dalam permainan. Hal ini dikarenakan ketika fitur penghemat baterai diaktifkan, performa smartphone akan dibatasi dan kekuatan jaringan yang diperoleh akan berkurang. Tentunya hal ini akan sangat merugikan mengingat pentingnya jaringan dalam Free Fire.

Untuk hp xiaomi berikut caranya:

  1. Masuk terlebih dahulu ke pengaturan.
  2. Setelahnya pilih baterai dan performa.

  1. Pilih Daya dan tunggulah beberapa saat.
  2. Pilih Pengemat daya baterai dan tekan tombol nonaktifkan fitur mode hemat dayanya.

Mematikan Voice Chat

Untuk mengatasi lag dalam game Free Fire ini ternyata juga dapat dilakukan dengan mematikan fitur voice chat dalam game tersebut.

Ketika fitur voice chat dalam game diaktifkan, maka kinerja dari smartphone akan meningkat dan mengakibatkan timbulnya lag dalam game serta smartphone yang digunakan juga akan menjadi panas.

Selain itu, dengan mematikan fitur voice chat dalam Free Fire ini juga akan lebih menghemat kuota internet Anda.

Menggunakan Aplikasi Game Booster

Fungsi game booster sendiri adalah memaksimalkan kinerja dari smartphone ketika digunakan untuk memainkan game, tidak terkecuali dengan Free Fire.

Sistem kerja dari game booster ini adalah membatasi proses pada latar belakang dalam sebuah smartphone sehingga game yang dimainkan akan lebih lancar dan terhindar dari lag.

Terlalu banyak aplikasi lain yang berjalan dalam background atau latar belakang ini tentunya akan membuat kinerja dari smartphone menjadi lebih berat, karena sistem kinerja smartphone tersebut akan terbagi-bagi.

Untuk itu, dengan mematikan proses pada latar belakang akan membuat permainan Free Fire menjadi semakin lancar tanpa adanya lag.

Namun sebagai catatan, jika smartphone yang Anda gunakan memiliki spesifikasi RAM 3GB atau lebih, mungkin tidak perlu menggunakan aplikasi game booster ini.

Bermain Pada Waktu yang Tepat

Untuk menghindari lag dalam game Free Fire, ternyata juga bisa disiasati dengan melakukan login permainan dalam jam-jam tertentu.

Mengingat banyaknya player Free Fire, ketika server dari Free Fire ramai maka kemungkinan lag sangatlah besar.

Untuk itu sebaiknya Anda menghindari jam-jam rawan seperti jam 2 siang hingga jam 8 malam, terutama jam 6 sore.

Dalam kurung waktu tersebut, kemungkinan lag sangatlah besar karena baik anak-anak maupun orang dewasa sudah pulang dari sekolah dan pekerjaannya.

Jika Anda ingin memainkan Free Fire dengan lancar, maka sebaiknya game tersebut dimainkan pada jam 9 malam keatas.

Dalam waktu ini, kemungkinan anak-anak sudah tidur karena besok harus bersekolah. Begitu pun juga dengan orang dewasa, mereka harus mempersiapkan diri untuk pekerjaan keesokan harinya.

Selain itu, server Free Fire juga cukup ringan antara jam 8 pagi hingga 12 siang. Namun disarankan jangan memainkan Free Fire pada jam 6 hingga 7 pagi. Selain kemungkinan server penuh, jam-jam ini juga rawan terjadi AFK.

Menggunakan Airplane Mode

Lag dalam Free Fire dapat diatasi dengan menggunakan airplane mode. Seperti yang telah diketahui bahwa airplane mode ini dapat berfungsi untuk mencegah panggilan masuk ketika berada dalam permainan dengan cara mematikan kerja aplikasi telepon dari smartphone.

Selain itu, ketika kerja aplikasi telepon dimatikan, maka tentunya kerja sistem akan lebih ringan sehingga Lag dalam Free Fire akan berkurang.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dalam smartphone ternyata juga akan mempengaruhi kelancaran dari jalannya permainan Free Fire.

Hal ini dikarenakan semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka kapasitas untuk berpikir dalam sebuah smartphone juga akan semakin penuh.

Ketika kapasitas berpikir ini mulai penuh, tentunya akan terjadi lag sewaktu menjalankan aplikasi termasuk Free Fire.

Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda menghapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu diperlukan.

Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kapasitas RAM dalam smartphone akan semakin banyak. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dengan jalannya Free Fire yang sedang dimainkan.

Ketika Free Fire dijalankan bersamaan dengan aplikasi lain, maka kinerja dari RAM akan terbagi dan membuat Free Fire yang sedang dimainkan akan mengalami lag.

Untuk itu, dengan melakukan force stop atau memberhentikan secara paksa aplikasi lain bisa meningkatkan stabilitas dari RAM dalam smartphone serta membuat permainan Free Fire menjadi lebih lancar dan stabil.

Untuk melakukan force stop tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Masuk ke pengaturan atau setting dalam smartphone.
  2. Kemudian cari aplikasi terinstall/kelola aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi facebook.
  4. Kemudian klik pilihan “paksa berhenti” atau force stop.

Mengistirahatkan Smartphone Selama Beberapa Saat

Lag dalam Free Fire juga dapat terjadi karena mesin smartphone sudah panas. Belum lagi jika smatphone terus dipaksa untuk memainkan Free Fire, maka hal ini dapat membuat panas berlebihan atau overheating pada smartphone tersebut.

Untuk itu ketika smartphone sudah mulai panas, istirahatkan paling tidak selama 30 menit sebelum digunakan kembali.

Istirahat yang dimaksud ini adalah smartphone benar-benar tidak dipakai, bahkan kalau perlu dimatikan.

Selain dapat mengatasi lag, hal ini juga dapat memperpanjang usia dari smartphone yang Anda pakai.

Mengatur Kualitas Grafis Dalam Game

Perlu untuk Anda ketahui bahwa lag dapat berasal dari kualitas grafis yang digunakan pada Free Fire.

Jalannya permainan Free Fire akan semakin lancar ketika settingan kualitas grafis dalam game semakin rendah.

Untuk itu jangan memaksa menggunakan grafis dengan kualitas yang tinggi, jika spesifikasi dari smartphone yang digunakan pas-pasan.

Hal ini akan menyebabkan lag serta patah-patah ketika berada dalam permainan.

Untuk memainkan Free Fire dengan kualitas grafis HD, minimal spesifikasi dari smartphone yang digunakan adalah RAM 4GB.

Menonaktifkan Notifikasi yang Muncul

Cara mengatasi lag di Free Fire yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menonaktifkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi lain.

Ketika berada dalam Free Fire dan muncul notifikasi, maka kinerja memori dari smartphone yang digunakan akan terbagi fokusnya pada notifikasi tersebut.

Oleh karena itu, sebelum login dalam game Free Fire sebaiknya notifikasi dari aplikasi lain yang sering muncul dinonaktifkan terlebih dahulu..

Menghapus Cache dan File yang Tidak Terpakai

Salah satu cara yang dapat membuat jalannya permainan Free Fire lebih lancar tanpa adanya lag adalah dengan menghapus cache dan sampah pada setiap aplikasi.

Cache dan file sampah yang menumpuk tentunya akan membuat penyimpanan internal menjadi penuh.

Ketika penyimpanan internal dalam smartphone penuh, setiap aplikasi yang dijalankan termasuk Free Fire tidak dapat bekerja dengan maksimal. Setelah cache dibersihkan, maka file sampah dalam smartphone dapat Anda bersihkan dengan menggunakan aplikasi cleaner.

Perlu diketahui bahwa hapus cache dan hapus data berbeda. Hapus cache hanya akan menghapus segala file yang tidak diperlukan tanpa mengurangi file-file yang dibutuhkan.

Mengupdate Sistem Operasi (OS)

Seperti yang telah diketahui, untuk memainkan Free Fire dibutuhkan minimum sistem operasi yang digunakan oleh sebuah smartphone khususnya android.

Sistem operasi yang belum diupadate juga dapat membuat jalannya permainan Free Fire menjadi lag atau patah-patah.

Untuk itu, perlu pengecekan sistem operasi android yang digunakan dalam smartphone Anda dengan cara berkut.

  1. Masuk kedalam pengaturan atau setting.
  2. Kemudian pilih opsi tentang telepon atau about phone.
  3. Setelah itu klik pada opsi system update.
  4. Jika update sistem terbaru telah tersedia, segeralah melakukan update pada sitem operasi.

Hindari Bermain Sambil Mengisi Baterai

Ketika Anda sedang bermain Free Fire lalu tiba-tiba baterai low atau habis, maka sebaiknya berhenti dahulu. Hindari penggunaan smartphone sambil mengisi baterai.

Pemakaian sambil mengisi baterai ini dapat membuat smartphone menjadi lebih cepat panas dan overheat.

Selain akan merusak ponsel, hal ini tentunya juga dapat menyebabkan terjadinya lag atau patah-patah dalam jalannya permainan Free Fire.

Mengaktifkan Force GPU Rendering

Dengan mengaktifkan Force GPU Rendering dalam smartphone, maka ponsel yang Anda gunakan akan dipaksa untuk menjalankan kemampuan dalam grafiknya secara maksimal.

Tentunya cara ini dapat dilakukan untuk meminimalisir lag dan membuat jalannya permainan Free Fire menjadi semakin lancar. Untuk itu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama aktifkan terlebih dahulu developer option dengan masuk pada tentang telepon atau about phone dan menekan versi smartphone yang digunakan.
  2. Ketika developer option sudah muncul pada pengaturan atau setting, klik dan cari opsi Force GPU Rendering.

Hindari Bermain Ketika Cuaca Buruk

Mungkin tips sebelumnya adalah untuk mengatasi lag dalam Free Fire secara internal.

Sedangkan untuk mengatasi lag secara eksternal dapat Anda lakukan dengan menghindari bermain Free Fire ketika cuaca sedang buruk.

Biasanya ketika hujan jaringan internet tidak stabil, bahkan dapat terputus dikarenakan oleh badai ataupun petir. Untuk itu, lihat kondisi cuaca lebiih dahulu sebaiknya memainkan Free Fire.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengatasi lag di Free Fire yang dapat Anda coba.

Ketika permainan Free Fire berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan, maka keseruan dan keasyikan tidak akan berkurang.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *