15 Cara Mengatasi Mobile Legends Lag Patah-patah Saat Main

Pasti Anda tak asing lagi dengan yang namanya game Mobile Legend bukan?

Permainan online yang satu ini pasti kerap menghiasi beberapa timeline sosial media seperti misalnya Instagram, Facebook, Line, maupun Twitter.

Baik orang muda maupun yang sudah memiliki keluarga jika mereka adalah player maka gambar Mobile Legend akan terpampang di halaman sosial media.

Termasuk saat game tersebut lag. Sebelum memahami cara mengatasi Mobile Legend lag, Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Untuk para pemain biasanya ketika sedang seru memainkan game, maka game tersebut bisa tiba-tiba lag. Game yang lag tentunya membuat kesal para pemain. Lag sendiri adalah kondisi game yang tersendat atau patah-patah.

Kondisi ini bisa terjadi di berbagai jenis smartphone baik iPhone, Xiaomi, Samsung, Redmi, ASUS, dan masih banyak lagi.

Kondisi lag juga terjadi di ponsel dengan berbagai jenis RAM mulai dari RAM 1 GB, 2 GB, dan di atasnya. Lalu sebenarnya apa penyebabnya?

Penyebab Mobile Legend Lag

Untuk penyebab dari permasalahan ini bisa dibagi menjadi dua yakni dari faktor eksternal dan faktor internal.

Untuk faktor eksternal biasanya meliputi jaringan internetnya. Jaringan internet seperti kuota 3G, 4G, WiFi Indihome, dan sejenisnya bisa membuat game tersebut jadi lag.

Lalu server yang bermasalah juga bisa membuat gamenya macet. Server error biasanya dikarenakan banyaknya pemain Mobile Legend yang baru saja update gamenya.

Sementara itu untuk faktor internalnya yaitu meliputi spesifikasi smartphone serta kebiasaan Anda sebagai penggunanya.

Lag Parah Bisa Diatasi Atau Tidak?

Untuk Anda yang Mobile Legendnya mengalami lag, terdapat beberapa kiat yang bisa dilakukan. Namun perlu diketahui jika cara berikut ini hanya berlaku bagi lag yang disebabkan oleh faktor internal.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lag di mobile legends yang bisa diterapkan:

Aktifkan Airplane Mode

Airplane mode memiliki sejumlah fungsi. Salah satu kegunaannya adalah sebagai media untuk mencegah orang yang akan menelpon saat Anda sedang memainkan Mobile Legend. Dengan begitu maka aplikasi bawan smartphone Anda akan berhenti bekerja.

Ketika ponselnya bekerja saat Anda memainkan Mobile Legend, maka ponsel rentan terjadi lag. Itu sebabnya untuk mencegahnya lebih baik Anda nyalakan saja mode airplane sebelum memainkannya.

Sebagai catatan, cara ini dikhususukan untuk pengguna wifi.

Cari Tempat Dengan Sinyal yang Bagus

Jaringan yang stabil adalah kunci dari lancarnya bermain Mobile Legend. Jadi tidak disarankan untuk Anda yang memakai jaringan 3G untuk mencobanya.

Akan lebih baik jika Anda memakai jaringan 4G supaya hasilnya lebih maksimal. Namun jika tidak memungkinkan maka cari saja tempat yang menyediakan jaringan WiFi stabil. Tempat dengan jaringan stabil ditandai dengan status bar jaringan yang terisi penuh.

Matikan Fitur Penghemat Baterai

Mungkin Anda pernah mendengar tips untuk menyalakan fitur penghemat baterai saat memainkan Mobile Legends. Namun, kenyataannya fitur tersebut bisa membuat ponsel jadi lag.

Hal itu dikarenakan adanya pengurangan kekuatan jaringan karena performa ponsel dibatasi. Maka dari itu untuk mengatasinya matikan saja fitur penghemat baterainya.

Di hp xiaomi berikut caranya:

  1. Masuk terlebih dahulu ke pengaturan.
  2. Setelahnya pilih baterai dan performa.
  1. Pilih Daya dan tunggulah beberapa saat.
  2. Pilih Pengemat daya baterai dan tekan tombol nonaktifkan fitur mode hemat dayanya.

Pakai Aplikasi Game Booster

Kiat selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi game booster. Game booster memiliki kegunaan untuk membantu memaksimalkan kinerja smartphone ketika dipakai untuk main game. Aplikasi tersebut akan membatasi background process ponsel Anda.

Anda bisa mencoba beberapa game booster antara lain Game Booster 3, Systweak Android Cleaner, Dr. Booster – Boost Game Speed, Cache Cleaner-DU Speed Booster, Swift Gamer, dan masih banyak lagi. Semuanya tersedia di Google Play Store dengan gratis.

Aplikasi ini disarankan diinstall bagi Anda yang ponselnya memiliki RAM 1 GB. Akan tetapi jika RAMnya sudah 3 GB ke atas maka tak perlu memakainya.

Main di Jam-Jam Tertentu

Menyiasati jam main bisa menjadi cara lain untuk menghindari lag. Bermain di jam-jam tertentu akan memberikan keleluasaan tersendiri bagi Anda. Akses akan jadi lebih lancar. Trik ini juga berguna untuk pemain yang kurang pro.

Jika Anda mau memainkannya saat pagi maka waktu idealnya adalah sekitar pukul 05.00-08.00 WIB. Jam tersebut adalah jam dimana anak-anak pergi ke sekolah. Para pekerja yang biasanya bermain game juga akan sibuk berangkat ke kantornya.

Kekurangan dari bermain di jam ini adalah Anda mungkin akan bertemu dengan lawan yang terbilang lemah. Lawan yang lemah bagi sebagian player terbilang kurang memuaskan untuk dilawan. Selain itu banyak juga yang rawan AFK. Maka dari itu, solusinya adalah Anda bisa janjian terlebih dahulu dengan teman untuk mabar di jam itu.

Kemudian untuk siang hari Anda bisa main di antara jam 12.00-14.00 WIB. Jam tersebut adalah jam anak pulang dari sekolah. Akan lebih baik jika Anda mabar di jam tersebut secara full team maupun bertiga. Hal itu dikarenakan lawan yang ditemui biasanya adalah anak-anak yang baru saja pulang dari sekolahnya.

Lalu untuk malam hari main saja di jam 23.00 WIB. Jam tersebut adalah jam dimana Anda akan bertemu dengan lawan yang terbilang tangguh. Lawan itu tentunya bisa diimbangi dengan tim yang levelnya di atasnya. Di jam ini Anda juga bebas terhindari dari overload.

Non Aktifkan Voice Chat

Cara untuk mengatasi Mobile Legend lag selanjutnya adalah dengan menonaktifkan voice chat. Dengan mematikan fitur tersebut Anda juga bisa menghemat kuota data. Saat Anda mengaktifkan fitur coice chat, kinerja ponsel akan naik. Ponsel jadi cepat panas dan lag. Jadi lebih baik matikan saja.

Nyalakan Mode Cepat

Bagi Anda yang memakai jaringan 4G (terutama Telkomsel) maka nyalakan saja mode cepat (speed mode). Cara yang satu ini terbilang sangat efektif untuk mengurangi bahkan mencegah lag saat Anda memainkan Mobile Legends.

JIka belum tahu, untuk melakukannya:

  • Masuk ke tombol ikon gerigi/pengaturan.
  • Kemudian pilih menu dasar, dan carilah di sana mode cepat (jika menggunakan bahasa inggris speed mode).

Hentikan Paksa Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mematikan paksa aplikasi yang tidak digunakan atau force stop bisa menaikkan stabilitas RAM. Dengan begitu ponsel bisa lebih lancar saat dipakai main game. Aplikasi lain yang tidak dipakai jika digabungkan dengan game Mobile Legends sangat tidak bagus.

Adapun cara untuk melakukan force stop adalah sebagai berikut. Pada kasus ini menggunakan hp xiaomi jika mengugnakan hp lain silahkan diimprovisasi.

  1. Masuklah ke pengaturan atau setting.
  2. Masuk ke aplikasi terinstall/kelola aplikasi.
  3. Selanjutnya cari aplikasi yang dirasa memberatkan.
  1. Lalu kemudian pilihlah paksa berhenti.

Tidak Hanya Menghapus Satu Aplikasi

Ada baiknya jika menghapus beberapa aplikasi, bukan hanya satu. Aplikasi yang jarang dipakai lebih baik dihentikan paksa saja. Dengan menghentikan aplikasi tersebut maka Anda bisa mencegah ponsel lag terutama bagi yang memiliki smartphone dengan spesifikasi minim. Jika ponsel Anda spesifikasinya baik maka kiat ini mungkin tidak perlu dicoba.

Istirahatkan Ponsel Sebentar Sebelum Memainkannya Lagi

Bukanlah hal yang bagus jika Anda memakai ponsel terus-terusan tanpa henti. Hal itu bisa membuat overheat atau panas yang berlebihan. Solusinya adalah istirahatkan ponsel setidaknya selama 30 menit sebelum memainkannya lagi.

Jangan membuka aplikasi lain dan diamkan saja ponsel tersebut. Dengan mendiamkannya Anda akan mencegah ponsel supaya tidak mudah rusak.

Aturlah Resolusi Gamenya

Mengatur resolusi game juga bisa menjadi kiat lain yang bisa dicoba. Atur resolusi itu supaya pas dengan ponsel Anda. Setiap ponsel pastinya spesifikasinya berbeda-beda. Jadi Anda bisa bereksperimen sendiri untuk mencobanya.

Lakukan Pengupdatean Android OS

Android OS yang lama tidak diupdate bisa membuat ponsel lag ketika main Mobile Legend. Jenis android jadul seperti misalnya Gingerbread biasanya kerap membuat ponsel lag. Jadi cek terlebih dahulu jenis andorid Anda.

Untuk hp xiaomi, cara mengeceknya antara lain sebagai berikut:

  1. Masuk kedalam pengaturan atau setting.
  2. Kemudian pilih opsi tentang telepon atau about phone.
  3. Setelah itu klik pada opsi system update.
  4. Jika update sistem terbaru telah tersedia, segeralah melakukan update pada sitem operasi.

Lakukan Clear Cache

Lakukan Clear Cache di semua aplikasi. Anda juga bisa menghapus file-file yang tidak digunakan. Clear cache dapat pula dicoba untuk mengurangi kemungkinan lag. Dengan begitu maka ruang kosong di internal memory tidak mudah penuh. Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi penghapus file sampah yang ada di Google Play Store. Salah satunya adalah Ccleaner.

Namun, perlu dicermati jika yang diklik adalah Clear Cache bukannya Clear Data. Sebenarnya Clear Data boleh saja namun ada resiko yang harus Anda terima. Resikonya adalah data login serta chat di aplikasi chatting yang Anda install akan hilang secara permainan.

Tidak Main Game Saat Ponsel Diisi Dayanya

Jika baterai ponsel Anda habis atau low batt maka jangan pernah sekali-kali main game saat mengecasnya. Hentikan permainan tersebut karena ponsel bisa overheat. Overheat tentunya bisa merusak ponsel dan menjadikan ponsel lag. Bahkan aplikasi yang Anda akses bisa keluar sendiri.

Tidak Memainkannya Saat Hujan

Tips di atas itu adalah bagi permasalahan yang berasal dari faktor internal. Sementara itu bagi faktor eksternal sebenarnya agak sulit dilakukan. Hal itu dikarenakan gangguan jaringan yang ada adalah faktor yang di luar kendali Anda sebagai seorang player. Namun, masih ada kiat yang bisa dilakukan untuk meminimalisirnya. Kiat tersebut yaitu dengan tidak memainkannya saat hujan.

Saat hujan jaringan biasanya akan tidak stabil. Ketidakstabilan itu disebabkan oleh adanya badai maupun petir.

Bahkan apabila hujan deras jaringan internet bisa saja terputus begitu saja. Jadi untuk menghindarinya maka jangan main Mobile Legend saat hujan turun.

Selain karena akan macet, Anda juga bisa menghindari dari hal-hal yang tidak memungkinkan yang bisa membuat ponsel dalam bahaya.

Demikianlah cara dalam mengatasi Mobile Legend lag. Anda yang mengikuti cara di atas maka lag akan terhindar.

Jika tiba-tiba mengalami mobile legends stuck loading maka bisa diikuti: cara mengatasi mobile legends loading tidak bisa masuk.

Tidak semuanya cara di atas bisa berhasil. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Sekian. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *