Cara Mengatasi PUBG Mobile Gagal Emulator Coba Lagi Nanti

Game online saat ini semakin banyak digemari. Setiap pengguna smartphone setidaknya pasti memiliki satu aplikasi permainan online.

Memainkan game online ini selain bisa memberikan keseruan dan membunuh waktu yang membosankan, tak jarang dari aplikasi game online ini juga bisa menambah jaringan pertemanan diantara para penyuka hame.

Salah satu game online yang saat ini banyak dimainkan adalah PUBG. Namun tak jarang para pemilik aplikasi PUBG juga mengalami kendala saat memainkan permainan ini, misalnya yang sering terjadi adalah error karena tidak bisa memuat emulator.

Lalu bagaimana cara mengatasi PUBG gagal memulai emulator agar bisa tetap dimainkan?

Hal ini sama seperti ketika menghadapi: PUBG Keluar sendiri.

Hal yang Harus Disiapkan sebelum Mengatasi PUBG Error (Gagal Memuat Emulator) dan Cara Mengatasinya

Sebelum memulai langkah mengatasi PUBG gagal memulai emulator, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, yaitu file backup dari aplikasi PUBG Mobile data game Anda dan koneksi internet untuk melakukan update dan synchronize.

Berikut ini adalah tujuan kenapa dua hal tersebut dibutuhkan dan bagaimana cara mengatasi error yang terjadi pada PUBG mobile Anda.

Berikut ini cara mengatasi PUBG Mobile gagal memulai emulator yang benar:

File Backup Game PUBG Mobile

Hal pertama dan paling penting yang Anda butuhkan adalah backup data file PUBG mobile Anda.

File backup ini bisa Anda temukan di folder C di komputer Anda. Tepatnya, temukan folder Program di dalam Folder C, lalu cari File\TxGameAssistant\AOW_Rootfs.

Selanjutnya copy atau salin semua folder yang ada di dalam AOW_Rootfs, lalu pindahkan di folder lain di dalam komputer Anda, misalnya di Folder D atau folder lainnya.

File backup ini fungsinya untuk sebagai cadangan saat nanti Anda melakukan sinkronisasi data game.

Dengan menyalin lebih dulu, Anda jadi tidak perlu mengunduh ulang data gamenya karena yang rusak hanya emulatornya saja.

Bisa jadi kerusakan ada pada ‘engine’ emulator gamenya. Mungkin karena terjadi konflik dengan aplikasi-aplikasi lain, corrupt atau bisa juga karena alasan lain yang tidak memungkinkan emulator tidak bisa melakukan booting.

Satu hal yang harus diingat adalah cara ini hanya berhasil kalau file data game yang Anda miliki sudah sesuai dengan PUBG Mobile versi terbaru.

Kalau game yang Anda miliki masih versi lama, maka tidak ada cara lain selain mengunduh ulang gamenya dari awal.

Uninstal Tencent Gaming Buddy

Jika Anda sudah melakukan backup pada data game PUBG Mobile, langkah selanjutnya adalah melakukan uninstal game lama Anda.

Kalau sudah selesai instal lagi Tencent Gaming Buddy sambil mendownload engine gamenya. Kalau sudah masukkan kembali file game yang sudah Anda pindahkan tadi ke folder yang sama seperti sebelumnya.

Cara di atas bisa menjadi alternatif jika Anda sudah mencoba berbagai cara seperti merestart game atau pc serta membersihkan cache emulatornya.

Setelah mencoba kedua cara tersebut tapi belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara ini.

Coba Mainkan PUBG Mobile

Kalau Anda sudah melakukan semua langkah yang dijelaskan di atas, langkah terakhir tinggal menguji ulang game Anda dengan klik “Play”.

Pastikan juga proses sinkronisasi sudah ditampilkan jadi Anda tidak perlu mengunduh ulang game PUBG Mobile dari awal.

Itulah tadi cara mudah mengatasi PUBG gagal memulai emulator. Error ini biasanya ditandai dengan aplikasi tidak mau memuat atau terdapat pemberitahuan ‘coba lagi nanti’.

Dengan melakukan langkah di atas, Anda jadi tidak perlu mendownload ulang game PUBG Mobile dari awal.

Anda hanya perlu melakukan sinkronisasu pada emulatornya saja.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *