Cara Mengatasi Tencent Gaming Buddy Failed to Start

Tencent merupakan industri game besar asal tiongkok bagi Anda yang suka main game pasti kenal betul dengan perusahaan yang satu ini.

Belakangan Tencent juga sudah mengembangkan beberapa permainan seru yang dapat dimainkan di Android.

Namun hal ini membuat para pengguna pc merasa kurang puas jika memainkannya melalui smartphone.

Maka dari itu, tencent datang dan membawakan solusi dengan emulatornya yang dinamakan Tencent Gaming Buddy.

Cara kerjanya emulator ini hampir mirip dengan emulator android lainnya. Bedanya software ini memang dibuat agar para gamer bisa memainkan game android buatan Tencent.

Jadi aplikasi lainnya selain buatan Tencent tidak bisa dibuka dengan emulator ini. Akan tetapi beberapa pengguna ternyata merasakan adanya keluhan seperti emulator yang gagal dijalankan.

Biasanya kendala ini disertai juga dengan munculnya tulisan tencent gaming buddy failed to start, atau the emulator was not properly closed.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tencent gaming buddy failed to start agar bisa bekerja normal.

Ini dia mengatasi Tencent Gaming Buddy Failed to Start:

Membackup Data Software

Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya Anda backup dulu data-data pada emulator sebagai cadangan, karena emulator ini akan diuninstall. Data ini biasanya terletak di C:\Temp\TxGameDownload\MobileGamePCShared, kemudian pindahkan di tempat yang aman.

Uninstall Emulator

Langkah kedua yaitu lakukan uninstall pada emulator dan menghapus data-datanya sampai bersih. Caranya bisa Anda lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Masuklah ke start menu kemudian ketik “uninstall a program” .
  2. Setelah pilihannya muncul klik untuk masuk ke dalam menu tersebut.
  3. Langkah selanjutnya klik dua kali pada Tencent Gaming Buddy lalu ikuti terus langkahnya untuk melakukan uninstall.
  4. Setelah program sukses dilepas pergilah ke windows eksplorer dan pastikan folder software tadi sudah terhapus sepenuhnya.
  5. Jika masih ada sisa folder hapus saja data tersebut.
  6. Restart komputer Anda jika semuanya sudah selesai.

Instal Ulang Tencent Gaming Buddy

Kini saatnya untuk melakukan install ulang tencent Gaming Buddy, Anda bisa menggunakan installer resmi yang pernah Anda pakai sebelumnya.

  1. Buka saja installer tersebut dengan mengekliknya dua kali seperti biasa.
  2. Saat terbuka akan terdapat dua pilihan, yaitu langsung melakukan penginstallan atau ingin mengubah lokasi direktorinya terlebih dahulu. Pada dasarnya saat Anda menginstallnya emulator ini secara otomatis membuat folder pada local disk, jadi Anda bisa melewatinya jika tidak diperlukan.
  3. Setelah mengklik tombol install Anda hanya perlu menunggu file engine terpasang.
  4. Kemudian akan muncul tampilan emulator yang menunjukkan bahwa file game akan didownload, proses ini memakan waktu cukup lama dan membuang banyak kuota, namun tenang saja karena Anda tidak perlu mendownloadnya lagi.
  5. Masuklah ke task manager dengan mengkombinasikan tombol keyboard CTRL+ALT+DEL.
  6. Setelah masuk ke task manager berhentikan emulator ini secara paksa dengan menekan end process pada nama program.
  7. Kemudian pindahkan atau copy paste data yang telah Anda sisihkan tadi ke tempat asalnya yaitu di C:\Temp\TxGameDownload\MobileGamePCShared
  8. Jika data tadi telah Anda kembalikan, maka emulator secara otomatis akan melakukan sinkronisasi sambil menginstal file-file tersebut.
  9. Proses ini ditandai dengan tulisan installing pada bagian pojok kiri bawah, tunggu saja proses ini hingga selesai. Karena biasanya tidak memakan waktu yang lama seperti layaknya Anda mengunduh data baru. Kalaupun ada file yang belum lengkap maka secara otomatis emulator akan meneruskan unduhan dan tidak perlu mengulanginya dari awal.

Setting Virtual Memory Emulator

Dengan melakukan setting yang benar akan meminimalisir kejadian yang tidak mengenakkan seperti program yang gagal dijalankan ataupun tiba-tiba berhenti di tengah permainan.

Setting Ukuran Virtual Memori sangat penting dilakukan terutama pada PC atau laptop berspesifikasi rendah tujuannya adalah meringankan kinerja RAM pada perangkat Anda.

  1. Klik kanan pada This PC, lalu kemudian pilih properties.
  2. Pilih menu advance setting kemudian masuk ke menu performance dan pilih setting.
  3. Setelah masuk ke jendela performance option selanjutnya pilih menu advance.
  1. Kemudian pada opsi virtual memory silahkan tekan tulisan change.
  2. Disini Anda dapat mengubah ukuran virtual memory sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Anda. Ukuran yang recomended adalah separuh dari jumlah RAM keseluruhan, jadi jika RAM Anda berukuran 4GB maka paging file yang Anda butuhkan sebesar 2GB.

Seperti itulah beberapa cara untuk membuat Tencent Gaming Buddy dapat digunakan kembali secara normal.

Pada dasarnya Anda hanya perlu melakukan install ulang walaupun cara ini sebenarnya sedikit berbeda, karena tidak perlu melakukan download data lagi.

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan data yang akan digunakan terlebih dahulu.

Jika data ini tidak Anda sisihkan kemungkinan akan tertindih data yang didownload oleh installer.

Ahasil file tadi akan menghilang dan Anda pun harus mendownload ulang dengan waktu yang lama.

Lakukan juga setting pada virtual memory untuk mengoptimalkan kinerjanya sehingga PC atau laptop Anda tidak terbebani.

Untuk pengguna hp, jika ada masalah pubg mobile gagal emulator maka bisa mampir ke artikel: Mengatasi PUBG Mobile Gagal Emulator Coba Lagi Nanti.

Demikianlah untuk mengatasi tencent gaming budy failed to start yang dimana pemain sulit sekali untuk bisa memakain game ini.

Give a Comment