Cara Mengatasi Flashdisk dan Hardisk: Tidak Bisa di Eject

Flashdisk (FD) ataupun Hardisk (HDD) Eksternal dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang dapat digunakan untuk bertukar data ataupun bisa digunakan sebagai tempat untuk backup data.

Ketika ingin bertukar data ataupun backup data di laptop/komputer/notebook, masalah utama yang sering terjadi pada benda keras (hardware) ini adalah tidak bisa di eject.

Untuk masalah lain yang terdapat di HDD eksternal: Memperbaiki Hardisk Eksternal: Minta Format dan Tidak Terbaca.

Sedangkan untuk flashdisk sendiri: Cara memperbaiki flashdisk minta format.

Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal tidak bisa di eject sistem operasi akan memunculkan pesan “Problem ejecting USB Mass Storage Device” This device is currently in use.

Untuk Hardisk eksternal terkadang memunculkan pesan seperti ini juga: Windows can’t stop your ‘Generic Volume’ device because a program is still using it, Close any programs that might be using the device, and then try again later.

Kenapa Hardisk eksternal ataupun Flashdisk tidak bisa di eject dan memunculkan pesan tersebut?

Hal tersebut biasanya karena ada sebuah program yang dibuka yang sedang berjalan baik itu dari Hardisk Eksternal maupun Flashdisk.

Oleh karena itu sistem operasi akan memunculkan pesan tersebut dan removable disk tidak bisa di eject karena penyebabnya adalah program yang masih berjalan.

Jika mengalami begitu usahakan “jangan mencabut usb Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal secara paksa” hal ini karena agar usb Hardisk Eksternal maupun Flashdisk tidak rusak dikemudian nanti, dan agar HDD maupun Flashdisk dapat digunakan dalam waktu jangka panjang.

Lantas bagaimana cara mengatasinya agar Flashdisk maupun Hardisk Eksternal bisa dicabut dan dikeluarkan dengan baik?

Ada beberapa solusi (cara) yang bisa dilakukan, usahakan ikuti tutorialnya sesuai urutan dari yang paling atas hingga sampai bawah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan

Cek dengan baik apakah sudah selesai dicopy atau belum

Hal yang pertama dilakukan adalah cek dengan baik data yang dicopy , apakah benar-benar sudah selesai atau belu.

Hal ini penting jika data belum selesai dicopy maka HDD ataupun Flashdisk tidak bisa di eject karena masih ada kegiatan (program) yang masih berjalan.

Jika di cek ternyata data sudah selesai dicopy namun tetap tidak bisa di ejeck langkah selanjutnya adalah

Ingat dan tutuplah program yang telah dibuka

Coba ingat-ingatlah program yang telah dibuka dari Hardisk eksternal ataupun dari Flashdisk, bisa saja ada program yang masih belum tertutup, jika misalkan program tersebut masih berjalan tutuplah dan coba lagi untuk eject.

Namun terkadang program yang terlanjur dijalankan di HHD ataupun FD tidak bisa ditutup, untuk menutup secara paksa bisa melakukan melewati Taks Manager.

Dalam kasus saya, saya tidak bisa menutup Microsoft word yang letaknya di HDD eksternal, untuk menutup secara paksa dilakukan dengan cara:

  1. Tekan Ctrl+Alt+Del(Delete) untuk membuka Taks Manager, untuk Windows 7 bisa juga klik kanan di taksbar lalu pilih start Taks Manager.
  1. Pilih program yang tidak bisa ditutup lalu klik end process (dalam kasus saya, Microsoft Word tidak bisa ditutup, di dalam Taks Manager ada bacaan Microsoft Office Word)

Jika masih tidak bisa di eject, selanjutnya coba lakukan cara ini.

Gunakan software untuk eject

Gunakan software untuk bisa eject HDD ataupun FD. Ada banyak software yang digunakan agar HDD ataupun FD bisa dicabut dengan aman, salah satunya: USB Safely Remove.

Sayangnya software ini hanya bisa digunakan dalam batas waktu tertentu (30 hari) namun dengan software ini kamu bisa eject HDD ataupun
Flashdisk dengan aman.

Jika masih tidak bisa juga coba lakukan

Log off dan Log on

Ketika log off otomatis program yang berjalan di komputer akan ditutup walaupun program itu dijalankan dari Hardisk eksternal/Flashdisk, namun hal ini akan sedikit menggangu kamu karena ada pesan “save and close all of your open files”.

Jika ada pesan tersebut klik OK, dan komputer akan log off. Lalu silahkan Log on untuk membuka sistem operasi, jika sudah cobalah eject.

Jika masih tidak bisa eject cobalah

Gunakan mode sleep

Sama seperti log off, mode sleep juga bisa digunakan agar HDD dan Flashdisk bisa di eject. Jika masih tidak bisa juga terakhir cobalah cara yang memaksa

Shut down

Hal terakhir yang bisa dilakukan jika masih tidak bisa juga, shut down komputer dan ketika komputer mati cabutlah HDD maupun Flashdisk agar aman dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas namun masih tidak bisa juga maka coba ikuti: cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop/komputer.

Itulah beberapa cara aman untuk injeck Flashdisk/Hardisk Eksternal jika ketika bermasalah saat di eject.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *