7 Cara Mengatasi Video Call Tidak Ada Suara di Whatsapp

Video call tidak bersuara di Whatsapp? Tentunya hal ini tidak nyaman. Adakah cara mengatasi video call tidak ada suara di Whatsapp? Jawabannya ada di sini.

Menelepon kini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan whatsapp.

Penggunannya pun lebih canggih, karena dapat melakukan video call. Namun bagaimana jika panggilan bermasalah? Adakah cara mengatasi video call tidak ada suara di whatsapp?

Masalah pada video call saat tidak ada suara, tentunya sangat tidak nyaman.

Penyebab terjadinya hal ini sangat beragam, begitu pula solusi untuk panggilan whatsapp tidak ada suara. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah panggilan ini? Cari tahu jawabannya disini.

Untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada video call di whatsapp, anda dapat menjalankan beberapa cara dibawah ini sebagai solusinya.

Berikut ulasannya Cara Mengatasi Video Call Tidak Ada Suara di Whatsapp:

Cari Tempat yang Stabil

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pencarian lokasi.

Dalam hal ini untuk mencari tempat yang lebih nyaman untuk provider, misalnya keluarlah dari gedung atau tempat tersebut, sehingga provider dapat lebih nyaman untuk terkoneksi.

Jika anda menggunakan koneksi wifi, carilah jaringan yang lebih stabil. Mungkin terdapat jaringan wifi lain yang dapat dan memiliki jaringan yang lebih baik.

Gunakanlah jaringan tersebut sebagai pilihan. Jadi, jaringan lebih mudah terkoneksi.

Ijin Aplikasi

Masalah ini dapat terjadi juga karena adanya masalah pada ijin aplikasi. Ijin aplikasi whatsapp perlu diperiksa, adakah kesalahan atau tidak.

Jika, tidak terdapat izin saat melakukannya, maka perlu dilakukan pengaturan baru. Bagaimana cara melakukannya?

  • Awali dengan menutup aplikasi whatsapp yang sedang digunakan. Jangan lupa untuk turut menutup aplikasi Whatsapp yang terbuka pada recent apps. Jika tidak, masalah tidak dapat teratasi dan dapat menyebabkan masalah kembali berulang.
  • Lanjutkan dengan masuk ke pengaturan android. Serta, masulah dalam menu aplikasi atau app. Kemudian pilihlah aplikasi yang yang terinstall atau kelola aplikasi. Carilah dimana aplikasi whatsapp tersedia dan masuklah ke dalamnya.
  • Kemudian pilihlah perizinan aplikasi. Beberapa bagian didalamnya harus anda nyalakan atau pindahkan menu menjadi menyala. Setelah semua aktif, cobalah kembali lakukan video call dan lihat apakah terdapat perubahan telah terjadi.

Update Whatsapp

Selanjutnya, anda harus memeriksa apakah whatsapp yang dimiliki sudah merupakan tipe terbaru.

Update whatsapp biasanya akan diberitahukan secara berkala oleh provider. Namun juga kerap terlupa karena dianggap tidak penting, inilah cara update

  • Bukalah playstore atau app store yang ada dihandphone anda. kemudian geserlah layar dari kiri ke kanan. Atau klik ikon tiga baris yang tersedia di sebelah pojok kiri atas. Kliklah bagian aplikasi dan game saya. Disanalah terdapat aplikasi whatsapp.
  • Kemudian klik bagian tersebut dan lakukan update seperti biasa. Setelah usai, cobalah kembali lakukan video call.

Data Whatsapp Penuh

Jika anda adalah orang yang aktif dengan chat WA, sebaiknya periksa berkala cache yang dimiliki.

Data cache yang berlebihan, akan membuat aplikasi error termasuk fitur video call yang dimilikki. Untuk itu penting melakukan penghapusan secara berkala.

Sebelmnya harus backup terlebih dahulu karena langkah-langkah ini akan menghapus seluruh chat whatsapp.

Untuk melakukannya berikut ini caranya:

  • Buka pengaturan aplikasi yang ada di handphone. Kemudian masuklah dalam menu app atau aplikasi dan pilihlah aplikasi terinstall. Setelahnya, pilihlah aplikasi whatsapp. Lakukan scroll hingga ke bawah dan pilih hapus data.
  • Lanjutkan dengan menekan OK pada menu tersebut. Perlu diperhatikan, bahwa sebelum melakukan penghapusan lakukan terlebih dahulu backup. Sehingga data yang dimilikki tidak hilang.

Install Aplikasi Whatsapp dari Internet

Jika cara-cara diatas, tidak membuahkan hasil, anda dapat menyelesaikannya dengan instalasi melalui internet.

Caranya cukup mudah, karena semua langkah-langkah telah tersedia di browser dan pengguna hanya perlu memperhatikan peraturan yang ada.

Jika dirasa cocok dengan cara mengatasi video call tidak ada suara tersebut, maka lanjutkan penginstalan.

Namun disarankan untuk berhati-hati, karena banyak penipuan yang terjadi dalam interet. Hal ini mungkin akan meragikan anda, jadi berhati-hatilah.

Install Ulang Whatsapp

Jika anda tidak ingin mengambil resiko di atas, mungkin cara ini dapat menjadi pilihan.

Di mana, harus melakukan install ulang pada aplikasi yang dimilikki. Sebagai saran, lakukanlah back up terlebih dahulu, agar data tidak hilang dan ikuti langkah ini,

  • Pertama, Backup terlebih dahulu semua chat whatsapp karena cara ini akan menghapus seluruh chat.
  • Selanjutnya lakukan uninstall pada aplikasi Whatsapp. Hal ini dapat dilakukan dengan membukanya melalui pengaturan aplikasi. Kemudian masuk kembali pada play store dan carilah aplikasi whatsapp pada kolom pencarian.
  • Setelahnya, tekan install dan pasang aplikasi yang dimaksud. Tunggu hingga proses download selesai dilakukan. Jika tidak dapat melakukannya melalui playstore, lakukan pengunduhan melalui google chrome dengan mendapatkannya di: web resmi Whatsapp.
  • Kemudian carilah situs whatsapp dan pilih aplikasi untuk android. Lanjutkan dengan melakukan download dan tunggu hingga proses intall selesai. Jika sudah periksa apakah aplikasi sudah terinstall otomatis pada playstore.
  • Setelahnya, whatsapp yang dimilikki sudah berhasil dinstall dengan versi terbaru. Untuk membuktikan cara mengatasi video call tidak ada suara di whatsapp berhasil atau tidak, cobalah lakukan panggilan video call secara acak.

Pembaruan Sistem Android

Berikutnya, selesaikan masalah anda dengan pembaruan sistem android. Caranya melakukan update sistem dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan, dapat disesuaikan dengan langkah-langkah dibawah ini,

  • Pertama, anda harus masuk dalam pengaturan android yang dimilikki. Kemudian bukalah bagian tentang telepon atau about. Di sana akan ditemukan menu tentang pembaruan sistem. Kemudian lakukan pengecekan tentang sistem android.
  • Jika sistem android membutuhkan update, maka lakukanlah secara langsung. Karena masalah sistem, juga dapat menyebabkan video call di whatsapp tidak berjalan dengan lancar. Untuk itu, penting memperhatikan update secara berkala.
  • Setelahnya, cobalah lakukan video call melalui whatsapp. Jika sudah berhasil, maka cara mengatasi video call tidak ada suara terbaik ini telah berjalan lancar dan membuahkan hasil maksimal.

Inilah beberapa tips yang dapat dijalankan untuk menyelesaikan masalah pada video call.

Jika masalah tidak terselesaikan dengan cara mengatasi video call tidak ada suara ini, mungkin cara lain dapat menjadi solusinya.

Salah satunya dengan menyelesaikannya melalui video tutorial maupun referensi lainnya. Jadi, dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *