Cara Membuka dan Mengubah Videoplayback ke Mp4

Waktu senggang di tengah padatnya pekerjaan bisa dilakukan dengan menonton video lucu. Di lain pihak, jika membutuhkan langkah-langkah tentang suatu pekerjaan bisa mencari video tutorial.

Saat ini, mencari video sesuai dengan kebutuhan kita tidaklah sulit. Di internet terdapat banyak sekali sumber video yang bisa dicari, seperti YouTube.

Biasanya kalau tidak sempat menonton secara online, orang akan mengunduh videonya dan menontonnya di lain waktu. Tidak hanya itu, terkadang ada video-video yang pantas untuk disimpan.

Ketika menonton video, ada kalanya video yang telah diunduh tersebut mengalami masalah terutama bila mengunduh melalui aplikasi Internet Download Manager (IDM) atau web.

Masalahnya adalah nama file yang berubah. Di website sumber video, video tersebut memiliki nama file sesuai dengan judul video tetapi ketika telah diunduh berubah menjadi “videoplayback”.

Pada hp, khususnya android sering terjadi ketika memakai browser uc browser.

Tidak hanya itu, video tersebut tidak bisa diputar karena tidak ada ekstensinya. Jika menemui kendala seperti itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini cara membuka videoplayback agar bisa ditonton di Komputer-Laptop:

  1. Cari folder tempat video tersebut disimpan.
  2. Pada video tersebut, klik kanan.
  3. Pilih rename dan ubah nama file sesuai dengan judul video dan menambahkan “.mp4” di belakang nama file.

Setelah mengubah nama, video akan bisa diputar kembali dan bisa dinikmati. Cara ini bisa dilakukan baik di PC maupun hp berbasis Android.

JIka tidak paham bagaimana caranya mengubah file videoplayback di hp android berikut ini caranya.

Cara mengatasi videoplayback di hp android agar bisa ditonton:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi es file explolrer di playstore.
  2. Masuk ke peinympanan internal.
  3. Sekarang silahkan cari videoplayback-nya, biasanya ada di folder download, untuk lebih cepat gunakan pencarian dengan tekan tombol ikon pencarian di atas.
  4. Setelah ketemu, ubah nama video tersebut dengan diakhiri .mp4.
  5. Simpan dan tontonlah.

Mengganti nama file bisa dilakukan apabila ada 1 atau 2 video yang bermasalah. Namun, pasti akan merepotkan dan membosankan jika harus terus mengganti nama file video yang telah diunduh.

Oleh karena itu, lebih baik perubahan nama dan ekstensi ini dicegah. Berikut adalah cara yang mudah dilakukan agar video tetap bisa diputar setelah diunduh.

Jika video diunduh melalui savefrom.net, pada layar akan muncul beberapa pilihan kualitas video.

Biasanya kualitas video ukuran 360p dan 480p akan terunduh dengan nama file videoplayback dan tidak memiliki ekstensi.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengunduh kualitas video menjadi 720p. Hasil unduhan akan sesuai dengan nama file video dan video tersebut bisa diputar.

Namun jika tetap ingin mengunduh kualitas 360p atau 480p, yang perlu dilakukan adalah mengganti namanya sebelum terunduh.

Pastikan nama file sesuai dengan nama aslinya dan menambahkan .mp4 di akhir nama file.

IDM merupakan aplikasi pengunduh. Seharusnya video unduhan dari IDM tidak menimbulkan masalah seperti video tidak bisa dibuka.

Apabila mengunduh video melalui IDM dan masih menemui masalah seperti itu, cek mengenai aplikasi IDM yang ada di PC.

Pastikan IDM telah ter-update ke versi terbaru. Hal ini akan mencegah video unduhan tidak dapat terbuka.

Jika nonton di Gom tidak bisa dibuka karna bewarna hitam ataupun bewarna lain maka coba atasi dengan: cara mengatasi warna video GOM.

Itulah cara mengatasi sekaligus mencegah video berubah nama dan ekstensi. Semoga tetap bisa menikmati video yang sudah diunduh tanpa kerepotan.

Give a Comment