Mengenal Metode Prototype untuk Pengembangan Perangkat Lunak

Pengembangan perangkat lunak atau software terus dilakukan untuk melengkapi teknologi yang sudah ada saat ini. Berbagai software dikembangkan dengan berbagai metode, seperti misalnya menggunakan metode prototype.

Prototype merupakan sebuah metode pengembangan software yang cukup banyak digunakan. Dengan metode ini, pengembang dan pelanggan bisa saling berinteraksi selama proses pengembangan software. Hal ini tentu sangat menguntungkan dan semakin memudahkan dalam pembuatan perangkat lunak.

Dalam pengembangan perangkat lunak, hal yang sering terjadi adalah pelanggan hanya menjelaskan apa yang dibutuhkan dalam pemrosesan datanya secara umum saja. Sedangkan, disisi lain pengembang cenderung kurang memperhatikan efisiensi algoritmanya.

Hal tersebut menyebabkan developer tidak yakin dengan efisiensi dari algoritmanya, tingkat adaptasi sistem operasi hingga form user interfacenya. Ketika terjadi seperti ini, model Prototype akan sangat berperan dalam pengembangan software. Prosesnya bisa dijelaskan sebagai berikut.

Proses Prototype:

Pengumpulan Kebutuhan

Tahap pertama klien dan developer bertemu untuk menentukan tujuan secara umum. Termasuk di dalamnya kebutuhan, gambaran dari bagian-bagian yang nantinya dibutuhkan. Sedangkan detail kebutuhan tidak akan dibahas pada tahap awal ini.

Perancangan

Proses berikutnya adalah perancangan. Proses ini dilakukan dengan cepat. Rancangan ini nantinya akan mewakili aspek software. Rancangan ini juga menjadi dasar dalam pembuatan prototype.

Evaluasi Prototype

Terakhir, klien akan mengevaluasi prototype yang sudah dibuat. Setelah itu akan digunakan dan diperjelas untuk kebutuhan apa software tersebut dibuat.

Roger S. Pressman juga menjelaskan tahapan pengembangan software model prototype. Berikut adalah tahapannya.

Tahapan Prototype:

Mendengarkan Pelanggan

Tahap pertama mengumpulkan kebutuhan yang nantinya ditanamkan pada sistem dengan mendengar kebutuhan dan keluhan dari klien. Sistem yang sesuai kebutuhan adalah sistem yang berdasarkan kebutuhan dan masalah yang terjadi.

Merancang dan Pembuatan Prototype

Selanjutnya dilakukan perancangan dan proses pembuatan prototype sistem. Prototype ini dibuat berdasarkan keluhan dan kebutuhan yang sudah dideskripsikan oleh klien sebelumnya.

Uji Coba

Tahap terakhir adalah menguji coba prototype dari sistem yang sudah dibuat. Uji coba bisa dilakukan oleh klien atau pengembang. Setelah uji coba lalu dilakukan evaluasi atas kekurangan yang ada. Setelah itu dilakukan pengembangan lagi berdasarkan keluhan yang diberikan oleh klien untuk memperbaiki prototype sebelumnya.

Kelebihan dari Metode Prototype

Ada beberapa kelebihan metode prototype yang wajib Anda ketahui. Berikut adalah kelebihannya.

  1. Terjalin komunikasi yang baik antara developer dengan klien
  2. Developer bisa bekerja menentukan kebutuhan klien dengan baik
  3. Efisiensi waktu tinggi dalam pengembangan sistem
  4. Lebih mudah dalam penerapannya karena klien mengetahui apa yang dibutuhkan.

Kekurangan dari Metode Prototype

Selain kelebihan, metode ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya.

Resiko Lebih tinggi

Terutama untuk masalah yang tidak terstruktur dengan baik. Adanya perubahan sewaktu-waktu serta persyaratan yang tidak menentu meningkatkan resiko ini.

Interaksi dari Pemakaian Sangat Diutamakan

Kekurangan selanjutnya ada pada interaksi pemakainya. Sistem ini harus mengutamakan dialog secara online antara komputer dan pengguna. Karena itu, dalam pembuatannya harus benar-benar mengutamakan interaksi dengan pemakainya.

Hubungan yang Dibuat Mungkin Terdapat Kelemahan

Sistem ini memang menyediakan dialog hubungan antara pengguna dengan komputer. Namun hubungan tersebut tidak selalu mencerminkan teknik perancangan yang berkualitas baik.

Pengembangan software memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi. Untuk menjawab kebutuhan dan keluhan masyarakat pengguna, sistem atau software harus dibuat sebaik mungkin. Metode prototype ini adalah salah satu yang banyak digunakan. Seperti penjelasan lengkap metode ini yang dijelaskan di atas.

Give a Comment