Cara Mengganti Password Gmail Android yang Lupa Kata Sandi

Email merupakan layanan berkirim surat elektronik yang memiliki peranan sangat penting. Bagaimana tidak, setiap akan melakukan registrasi apapun, pasti diminta untuk menyertakan alamat email.

Saking pentingnya, pemilik email harus selalu mengingat informasi pribadi berkaitan dengan emailnya.

Dalam hal ini adalah alamat email serta password yang digunakan. Tanpa kedua informasi ini Anda tidak akan bisa masuk dan mengakses email Anda.

Lalu bagaimana jadinya jika pemilik akun email lupa passwordnya? Nah, jika terjadi hal demikian, Anda bisa melakukan cara-cara berikut.

Berikut ini cara masuk akun email yang lupa password:

Mengetahui Password Melalui Fitur Lupa Password Gmail

Jika Anda pengguna email Google (Gmail), ketika lupa password Anda bisa memanfaatkan fitur lupa password Gmail yang sudah disediakan.

Untuk mendapatkan kembali password Anda, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tuliskan alamat email pada halaman “lupa sandi”.
  2. Masukkan kode captcha pada halaman bantuan akun email Anda.
  3. Saat masuk ke halaman bantuan akun, pilih salah satu cara untuk memulihkan akun Anda. Ada dua cara, yaitu SMS dan panggilan otomatis. Pilih saja SMS.
  4. Tunggu hingga Anda menerima SMS kode verifikasi untuk pemulihan akun.
  5. Masukkan kode verifikasi pada kolom di halaman bantuan akun yang sudah disediakan.
  6. Setel ulang password Anda. Dan tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi penyetelan ulang password sudah berhasil.
  1. jika memang lupa dengan nomor hp maka silahkan pilih “saya tidak memiliki ponsel”.
  2. Nanti akan disuruh masukan tanggal pembuatan email, silahkan ingat-ingat kapan tanggal pembuatan email anda.

Melalui Account Recovery

Ada fitur lain dari gmail yang bisa Anda manfaatkan ketika Anda lupa password email Anda. Fitur tersebut adalah “account recovery”.

Cara ini pada dasarnya hampir mirip dengan cara pertama di atas. Langkah-langkahnya juga beberapa terdapat kesamaan.

Namun, ada beberapa perbedaan pada langkah untuk memulihkan akun email Anda guna mendapatkan kembali password untuk mengakses akun tersebut. Caranya Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Akses laman https://www.google.com/accounts/recovery.
  2. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman “having trouble signing in?” Pada halaman ini Anda akan diberikan 3 pilihan masalah yang membuat Anda tidak bisa masuk ke akun email. Pilih pada pilihan “I don’t know my password” lalu klik “continue”.
  3. Jika sudah, Anda akan dialihkan ke halaman “Account Help”. Pada halaman ini Anda akan melihat tulisan “Enter the last password”. Jika Anda tidak tahu, klik pada tombol I don’t know.
  4. Jika sudah, masih pada halaman “Account Help”, selanjutnya Anda akan dialihkan pada halaman pemulihan akun. Pada halaman ini Anda akan diberikan 2 pilihan cara untuk memulihkan akun. Pertama dengan SMS (a text message) lalu yang kedua panggilan otomatis (automatic phone call). Pilih saja pilihan SMS untuk memudahkan Anda.
  5. Tunggu hingga Anda menerima sms kode verifikasi lalu masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi yang disediakan.
  6. Jika sudah, Anda akan dialihkan ke halaman “set ulang sandi”. Pada halaman ini tuliskan kembali password untuk mengakses email Anda. Terakhir klik “ubah sandi” dan password Anda pun sudah berubah.

Melalui Google Chrome

Bagi Anda pemilik email dari gmail ataupun Yahoo dan lupa passwordnya, Anda bisa memanfaatkan browser Chrome untuk mendapatkan password untuk mengakses email Anda lagi. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

  1. Buka menu “setting” atau “setelan” di Google Chrome.
  2. Klik menu “Show Advanced Settings” pada menu setelan ini. Jika sudah Anda klik lagi pada menu “Manage Passwords”.
  3. Jika sudah, maka akan ditampilkan informasi akun-akun yang tersimpan di dalam Google Chrome tersebut. Cari saja alamat email yang ingin Anda ketahui passwordnya. Ketikkan halaman email yang ingin Anda cari.
  4. Jika sudah ketemu, pada menu show password, klik “Show”. Setelah itu Chrome akan memunculkan password email yang Anda lupakan tersebut.

Melalui Android

Cara terakhir untuk mengetahui password email yang lupa adalah melalui perangkat android Anda. Pada dasarnya perangkat android Anda akan secara otomatis akan menyimpan password email yang Anda gunakan. Lalu bagaimana cara mengetahui passwordnya?

  1. Buka Google Play Store lalu pilih pada menu Account. Jika sudah pilih lagi menu “payment methods” lalu pilih pada menu “gunakan pembayaran dengan oprator seluler”.
  2. Ubah Pengaturan pembayaran di Google Play Store Anda. Caranya, klik menu “Settings” lalu klik pada menu “Require Authentication For Purchase”. Jika sudah yang terakhir harus Anda ubah adalah pengaturan pembayarannya dengan memilih pada menu “For All Purchase on This Device”.
  3. Jika sudah, cari aplikasi di Google Paly Store yang untuk mengunduhnya Anda harus membayar atau disebut aplikasi berbayar. Jika sudah menemukan aplikasinya, klik pada tombol “beli” atau “purchase”.
  4. Jika Anda sudah membeli, selanjutnya akan ada menu yang meminta Anda untuk memasukkan password Google Play Store Anda. Pilih atau klik “Forgot Password”. Jika sudah Anda akan dialihkan pada menu untuk memulihkan akun atau mengetahui password yang digunakan pada akun email Anda.

Tidak bisa dipungkiri jika email adalah salah satu aplikasi atau layanan yang memiliki peran penting.

Apalagi untuk pengguna android. Sayangnya beberapa orang cenderung ceroboh dan melupakan kode akses untuk bisa masuk ke akun emailnya.

Kebanyakan orang atau pemilik email lebih sering melupakan password emailnya. Jika sudah demikian Anda tentu tidak akan bisa mengakses email Anda lagi.

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi asalkan Anda tahu caranya. Nah, beberapa cara dan langkah yang dijelaskan di atas bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kembali password email yang lupa agar Anda bisa mengakses email Anda kembali. Semoga bermanfaat.

Give a Comment