Ampuh, Beginilah Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Menyalakan laptop tanpa memakai tombol power terkadang perlu adanya. Hal itu dikarenakan dari fungsi dari beberapa PC yang memang tak memperbolehkan siapapun dengan asal menyalakannya.

Biasanya PC seperti itu berisi file yang penting dan berharga. Misalnya saja PC yang dipakai sebagai sarana penyimpanan rekaman video CCTV.

PC yang seperti itu letaknya biasanya di dalam sebuah lemari dan disimpan dengan sangat rapat.

Dengan menambahkan genset dan UPS maka PC yang Anda miliki aman dari orang tak bertanggungjawab yang mau mengakses CCTV rumah atau ruangan penting.

Selain alasan tersebut biasanya menghidupkan laptop tanpa memakai tombol power juga dipakai di server yang dikendalikan dari jarak jauh. Menarik bukan?

Maka dari itu, ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara menyalakan laptop tanpa memakai tombol power.

Langkah-Langkah Menyalakan Laptop Tanpa Memakai Tombol Power
untuk suatu server dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli repeater.

Repeater tersebut berfungsi untuk menyalakan laptop atau PC dari jarak yang tidak dekat.

Jika bisa menyalakan dari jarak jauh maka segalanya akan jadi lebih mudah dan cepat.

Berikut akan dibahas langkah-langkah menyalakan laptop tanpa memakai tombol power dengan komplit.

Inilah cara menghidupkan laptop tanpa tombol power:

  1. Hubungkan Laptop Ke Stop Kontak. Langkah pertama saat menyalakan laptop tanpa menggunakan tombol power adalah dengan menghubungkan laptop itu sendiri ke stop kontak atau arus listrik. Laptop yang tak mempunyai cadangan energi baterai maka laptop tersebut tidak akan bisa dihidupkan otomatis tanpa memakai tombol power. Maka dari itu, hubungkanlah sekarang juga.
  2. Gunakan Wireless Keyboard. Langkah lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan wireless keyboard. Cara ini terbukti bisa membantu menyalakan laptop Anda tanpa perlu bersusah payah. Akan tetapi wireless keyboard hanya bisa dipakai untuk jarak jauh. Jika jaraknya dekat maka pakai saja keyboard kabel.
  3. Tombol Masuk ke BIOS. Selanjutnya Anda bisa masuk ke BIOS. Terdapat sejumlah tombol yang berguna untuk masuk ke BIOS. Variasi tombol tersebut dikarenakan banyaknya pabrik yang membeda-bedakan cara masuk BIOS satu e yang lain. Tombol masuknya yaitu antara lain “F12, DEL, serta F2”. Anda bisa memulainya saat restart laptop dengan memencet salah satu dari tombol masuk ke BIOS tersebut.
  4. Menu Power Management Setup. Jika sudah berhasil masuk ke BIOS maka masuklah ke menu Power Management Setup. Cara masuknya adalah dengan mengarahkan keyboard dengan memencet tombol arah “Power Management Setup”. Tekanlah enter untuk bisa masuk ke dalam menunya.
  5. Penggantian. Cara mudah menyalakan laptop tanpa memakai tombol power terakhir adalah apabila Anda sudah masuk ke Power Management Setup”, arahkanlah keyboard ke “PS2 Keyboard Power ON”. Ganti saja nilainya dengan enable. Setelah langkah tersebut Anda akan mendapati menu yang harus Anda isi tombolnya dengan “terserah anda mau isi apa”. Tombol itulah yang bisa dipakai untuk menyalakan laptop.

Demikianlah bagaimana cara menghidupkan laptop tanpa tombol power untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada tombol power.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *