Cara Menghilangkan Prediksi Kata (autocorrect) di hp Xiaomi

Fitur yang tersedia dalam smartphone disediakan untuk memudahkan penggunannya dalam mengoperasikan smartphone tersebut.

Setiap smartphone, seperti Xiaomi, saat ini selalu menyediakan fitur autocorrect. Autocorrect merupakan fitur yang disediakan untuk membetulkan kata yang diketik agar sesuai dengan tulisan yang benar.

Tidak hanya itu, autocorrect juga bisa memunculkan prediksi kata yang akan diketik sehingga mengetik sebuah teks bisa lebih cepat, sederhana, dan otomatis.

Autocorrect jika menggunakan Bahasa Indonesia adalah prediksi kata/kamus kata. Ketika fitur autocorrect aktif, prediksi kata akan muncul di atas keyboard yang berupa seperti kamus.

Prediksi ini menyesuaikan dengan daftar kata yang tersimpan dalam memori keyboard Xiaomi. Prediksi akan muncul seiring dengan kita mengetik kata di keyboardnya.

Setiap huruf yang diketik akan memunculkan prediksi kata dan bisa berubah mengikuti huruf yang kita ketik selanjutnya.

Bagi beberapa orang, fitur autocorrect dirasa mengganggu karena terus muncul. Terkadang prediksi kata yang muncul tidak sesuai dengan yang diinginkan apalagi jika kata tidak ada dalam prediksi.

Akhirnya autocorrect berusaha mencocokkan dengan kata yang sudah tersimpan. Hal tersebut akan merepotkan karena harus menghapus kata hasil prediksi dan mengetik ulang kata yang seharusnya.

Prediksi yang diaktifkan kadang malah menimbulkan kesalahan dalam mengetik di smartphone. Untuk menghindari prediksi kata, banyak pengguna smartphone Xiaomi lebih memilih untuk menonaktifkan fitur ini.

Para pengguna lebih memilih mengetik kata dengan manual tanpa bantuan fitur autocorrect. Dengan cara manual, pengguna merasa bahwa mengetik kata lebih terkontrol dan mengurangi kesalahan prediksi kata.

Menonaktifkan autocorrect bisa dilakukan dengan mengubah setelan di smartphone Xiaomi. Meskipun begitu, beberapa orang mungkin masih belum memahami bagaimana caranya.

Untuk memudahkan para pengguna smartphone khususnya Xiaomi, dalam artikel ini akan diuraikan bagaimana cara untuk menonaktifkan fitur autocorrect sehingga bisa mengetik secara manual.

Cara yang Harus Dilakukan Agar Fitur Autocorrect pada Smartphone Xiaomi mati

Untuk mematikan fitur autocorrect, cara yang dilakukan tidaklah susah. Namun, karena jarang yang menggunakan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi tidak mengetahui caranya.

Memungkinan lain adalah pengguna lupa menu mana yang harus dipilih karena pengaturan dalam setelan sangat banyak.

Wajar saja jika pengguna lupa dan bingung harus memilih menu apa untuk menonaktifkan fitur autocorrect.

Berikut akan diuraikan bagaimana cara menonaktifkan fitur autocorrect di smartphone Xiaomi agar saat mengetik lebih mudah dan terkontrol.

Semua tipe smartphone Xiaomi secara umum memiliki setelan yang sama. Namun perlu diperhatikan bahwa langkah yang akan dijelaskan selanjutnya dilakukan di Xiaomi tipe Redmi Note 4 yang menggunakan MIUI 8.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk mematikan fitur autocorrect hp xiaomi:

  1. Buka menu pada smartphone
  2. Cari menu Settings atau Setelan di kumpulan menu
  3. Pilih menu Additional Settings atau Setelan Tambahan
  4. Dalam menu tersebut, pilih Language & Input atau Bahasa & Masukan
  5. Pada bagian Keyboard & Input Method atau Keyboard & Metode Masukan akan ada pilihan yang tersedia. Dari pilihan tersebut, pilih menu GBoard. Gboard merupakan jenis keyboard yang digunakan. Setiap smartphone bisa memiliki setelan keyboard yang berbeda.
  6. Pada menu Gboard, pilih menu Text Correction atau Koreksi Teks
  7. Di menu tersebut, cari pilihan Autocorrect atau Koreksi Otomatis. Hilangkan centang pada pilihan tersebut untuk menonaktifkan fitur autocorrect.

Itulah cara untuk menonaktifkan fitur autocorrect. Meskipun dilakukan di tipe Redmi Note 4, settings di smartphone Xiaomi tipe lain tidak jauh berbeda.

Sehingga cara ini bisa diterapkan untuk tipe lain pada smartphone Xiaomi.

Give a Comment