Cara Merubah Keyboard Android menjadi Arab

Cara mengubah keyboard android ke bahasa Arab seringkali tidak diketahui banyak orang.

Keyboard ponsel pintar android sejatinya memang menjadi keyboard yang sangat bisa diandalkan untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk menulis tulisan latin, huruf arab, huruf cina dan sebagainya.

Namun penggunaan keyboard untuk menuliskan huruf dalam bahasa asing seperti bahasa Arab jarang sekali dketahui oleh banyak orang.

Biasanya ketika ingin menuliskan sebuah kalimat, doa, tulisan bahasa Arab maka banyak orang yang mencarinya secara manual diinternet lalu menyalinnya.

Padahal, keyboard on-screen android pun bisa diubah menjadi papan tombol yang berisi huruf dalam bahasa Arab.

Lalu bagaimana caranya agar bisa melakukan setting keyboard menjadi bahasa Arab?

Rekomendasi artikel: cara mengcopy tulisan arab agar tidak terbalik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, maka ikuti terus penjelasannya di bawah ini.

Keyboard Android memiliki fitur multi bahasa yang bisa dimanfaatkan termasuk bahasa Arab.

Semua pengguna bisa saja mengubah keyboard yang umumnya berisi huruf alfabet biasa menjadi huruf hijaiyah untuk berbagai macam keperluan.

Dan menariknya, mengatur keyboard agar menjadi bahasa Arab sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jika Anda termasuk orang yang ingin melakukannya, maka ikutilah cara yang pertama yaitu dengan sistem input language pada perangkat android Anda.

Berikut ini cara setting keyboard android ke bahasa arab:

  1. Pertama, masuklah ke pengaturan sistem. Mudahnya Anda bisa menekan simbol gerigi pada keyboard Anda.
  2. Kedua, pilih Bahasa dan Masukan.
  1. Pilih bagian papan tombol mutibahasa.
  2. Untuk para pengguna Samsung bisa langsung klik Papan Tombol Samsung.
  3. Setelah itu, Anda bisa menghidupkan semua fitur termasuk teks prediski dan kapital otomatis.
  1. Dan kemudian, klik tambahkan bahasa untuk mencari bahasa Arab.
  2. Jika sudah menemukan bahasa Arab maka pilih bahasa tersebut dan perangkat pun akan melakukana pengunduhan.
  3. Pastikan juga Anda sedang memiliki sinyal internet. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang tidak terputus agar unduhan bahasa Arab pada perangkat berjalan lancar.
  4. Dan jika sudah, Anda bisa aktifkan bahasa Arab pada Input Bahasa maka Anda pun bisa langsung menggunakannya.

Cara yang telah dijelaskan tadi merupakan cara pertama yang terbilang mudah. Namun memang, tidak semua orang paham dengan melakukan pengaturan pada android terlebih lagi mengatur keyboardnya.

Jika Anda termasuk orang yang tidak paham dengan cara yang pertama, bisa juga Anda coba cara yang kedua yaitu dengan aplikasi keyboard bahasa Arab.

Menggunakan aplikasi keyboard Arabic ini menjadi solusi yang sangat mudah. Walaupun, tentunya Anda harus menyiapkan ruang penyimpanan terlebih dahulu.

Cara ini sebenarnya lebih direkomendasikan karena praktis, cepat, dan tidak akan mengganggu pengaturan keyboard biasa.

Jika sedang tidak ingin digunakan, maka cukup hentikan aplikasi atau misalnya hapus aplikasi.

Seperti apa caranya agar bisa menggunakan keyboard arabic? Penggunaan keyboard arabic tentu saja dilakukan dengan cara mengunjungi playstore.

Anda hanya perlu melakukan pengunduhan aplikasi seperti mengunduh aplikasi pada umumnya.

Jika Anda termasuk orang yang ingin bisa mengetik dalam huruf Arab dengan cara yang sederhana, lakukan langkah awal dengan masuk ke playstore.

Lalu lakukan pencarian dengan menggunakan kolom pencarian yang tersedia. Di sana Anda bisa langsung mencari keyboard arabic dan mengunduhnya.

Pastikan Anda memiliki kuota internet atau sedang tersambung dengan internet. Melakukan pengunduhan seperti ini sama seperti mengunduh aplikasi biasa sehingga sangat mudah dilakukan.

Jika sudah, maka Anda bisa langsung membuka aplikasi yang sudah terinstall. Lakukan sedikit pengaturan pada bagian set enable untuk AR HAROKAT lalu atur metode input juga dengan mengaktifkan AR HOROKAT.

Tujuannya tentu agar tulisan yang akan diketik sudah memiliki harokat secara langsung atau bukan huruf arab gundul. Jika sudah, maka Anda bisa langsung mencobanya.

Untuk Anda yang mengalami masalah pada keyboard yang terlihat terlalu kecil, maka Anda bisa melakukan sedikit pengaturan.

Ya, masuklah pada setting keyboard dan atur agar keyboard bisa berukuran lebih besar.

Baca juga: cara membuat huruf arab di microsoft word.

Cara mudahnya, Anda bisa membuat layar Anda menjadi landscape dengan mengaktifkan rotate layar lalu putar ponsel Anda dan keyboard pun akan menjadi lebih besar dan lebih mudah untuk menulis bahasa Arab.

Give a Comment