Penyebab Dan Cara Meningkatkan Sensitif Layar Sentuh Android

Hp android yang kini banyak dijual di berbagai layanan penjualan hp, hampir semua hp disediakan dalam bentuk layar sentuh.

Hp dengan layar sentuh tentu akan semakin mengasikkan bagi semua penggunanya. Namun sebagus apapun desain suatu hp tentu akan ada kekurangan atau kelemahan pada desain tersebut. seperti misalnya mudah rusak karena hal-hal tertentu.

Salah satu contoh hp andorid yang memiliki desain layar sentuh dan kemungkinan memiliki peluang rusaknya layar sentuh adalah hp xiaomi. Banyak dari pengguna lama hp xiaomi ini yang mengeluhkan masalah layar sentuh yang kurang sensitif.

Tentu saat layar hp ini mengalami masalah kurang dalam sentisitifitas maka hp tersebut akan kurang nyaman digunakan oleh pemakainya.

Nah dalam menangani masalah layar sentuh yang tidak sensitif ini biasanya tidak banyak orang yang tahu untuk mengatasinya sehingga pillihan terakhir mereka adalah dengan mengganti layar sentuh yang baru yang mana tentu akan membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Nah beberapa hal di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab kurangnya kinerja atau sensitifitas yang ada pada layar hp :

  1. Charger yang digunakan untuk mengisi daya batrai pada hp tersebut bukan merupakan charger bawaan dari hp tersebut sehingga berkemungkinan terjadi arus listrik berlebihan yang akhirnya menyebabkan kurang optimalnya kinerja layar hp sentuh.
  2. Dalam hp ada banyak pilihan animasi yang bisa dimainkan dan diaktifkan pada hp. Nah penggunaan animasi yang diaktifkan ini terkadang terlalu banyak. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kurang optimalnya kinerja sentuhan pada layar hp.
  3. Benturan karena hp yang terjatuh secara tidak sengaja tentu pernah dialami oleh hampir semua jenis hp. Tak terkecuali dengan hp.

Nah untuk anda yang tidak memiliki biaya banyak untuk menangani penggantian layar sentuh ini maka anda tak perlu khawatir lagi karena masih ada jalan lain untuk bisa menangani masalah kurang sensitifnya layar smartphone xiaomi anda tersebut.

Berikut cara agar layar hp android anda bisa kembali bekerja dengan tingkat sensitifitas yang normal:

  1. Gunakan jenis charger hp yang sesuai dengan produk hp anda. saat anda membeli hp baru xiaomi tentu anda akan diberikan sepaket dengan chargernya. Nah jangan pernah atau hindari menggunakan charger hp selain charger hp yang sudah sepaket saat anda beli. Hal ini berpengaruh pada daya atau arus listrik tiap charger yang masuk pada hp tersebut. Setiap charger hp pasti memiliki daya arsu listrik yang berbeda-beda. Termasuk juga untuk hp ini. Nah dengan menggunakan charger hp yang tidak sesuai maka arus listrik yang berlebihan pun bisa terjadi. Dengan begitu maka akan berpengaruh pada kurangnya keoptimalan kinerja layar sentuh pada hp tersebut.
  2. Atur skala animasi pada layar xiaomi dengan menguranginya menjadi angka 5x. hal ini bisa anda lakukan dengan membuka menu settings>developer option. Animasi yang terlalu banyak aktif pada layar hp akan membuat layar sentuh jadi kurang optimal. Segala sesuatu yang digunakan terlalu berlebihan tentu tidak akan baik hasilnya. Sehingga anda bisa menggunakan animasi yang sesai denga kebutuhan anda.
  3. Pahami kondisi layar sentuh hp anda apakah mengalami goresan atau retak atau bahkan pecah. Hampir semua hp pasti pernah mengalami jatuh atau terbentur secara tidak sengaja. Dan setiap hp pasti memiliki efeknya masing-masing saat mengalami benturan atau goresan. Hp yang layarnya tergores atau terbentur ini sudah pasti akan berpengaruh pada kinerja layar sentuhnya.
  4. Lakukan kalibrasi pada layar. Kalibrasi layar ini bisa anda lakukan dengan membuka menu settings> sajian kalibrasi. Kemudian sesaat layar akan menjadi blank berwarna putih. Saat muncul pesan memilih salah satu bagian layar untuk melakukan kalibtrasi layar maka anda bisa langsung klik titik kalibrasi. Ikuti proses hingga kalibrasi selesai.
  5. Lepaskan tempered glass yang sebelumnya sudah anda pasang pada hp anda sebagai pelindung dari goresan atau benturan. Memang sebagian besar orang akan berfikir bahwa memasang tempered glass akan membantu melindungi layar hp dari goresan atau beturan. Namun ternyata sebagian besar tempered glass ini bisa mengganggu optimalnya kinerja layar sentuh pada hp. Dengan kata lain ternyata adanya tempered glass justru bisa mengurangi sensitiftas layar.

Nah dengan menggunakan langkah yang ada di atas mungkin bisa mempebaiki sensitifitas layar sentuh anda kembali.

Jangan lupa untuk mengecek layar hp jika sudah benar dengan: kode untuk mengecek layar hp android.

Jika terjadi error maka bisa diatasi dengan: cara mengatasi layar hp android tidak bisa disentuh.

Dan jika layar hp bergerak sendiri bisa mengikuti: cara mengatasi layar hp android bergerak sendiri.

Sehingga anda tak perlu lagi melakukan penggantian layar sentuh yang tentu saja harganya tidak murah.

Langkah di atas juga bisa anda gunakan sebagai langkah pencegahan terjadinya kurang optimalnya layar sentuh hp saat digunakan.

Give a Comment