Berhasil, 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Tidak ingin privasi dalam handphone terganggu? Anda dapat menggunakan cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi sebagai solusinya. Bagaimana cara melakukannya?

Beberapa orang tidak menginginkan privasi dalam handphonenya diketahui. Untuk itu, digunakanlah cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dimanfaatkan. Tapi perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya dapat dilakukan di Xiaomi. Untuk HP lain, membutuhkan cara lainnya.

Fitur hide dalam handphone Xiaomi sudah disematkan sejak awal oleh produsen. Jadi untuk menggunakan layanan app invisible xiaomi dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi lainnya. beberapa jenis aplikasi yang dapat dihilangkan, WA, pemutar musik dan video hingga game.

Dalam percobaan ini, digunakan HP Xiaomi Redmi 5A dan sistem MIUI 9.0. Untuk tipe lainnya dapat dilakukan percobaan secara langsung, melalui cara-cara ini,

Melalui Setelan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan setelan yang tersedia di handphone. Cara melakukannya dapat disesuaikan dengan langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka setelan atau setting di handphone anda dan pilihlah kunci aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin dikunci dan berilah pola sebagai bentuk bahwa ketika dibuka akan muncul password.
  • Lalu tekan tombol berikutnya di bawah dan tekan tombol nanti.
  • Selanjutnya tekan tombol gerigi di atas pojok kanan.
  • Lanjutkan dengan scroll ke bawah dan carilah menu aplikasi tersembunyi. Pada bagian tersebut lakukan centang dan pilihlah opsi kelalo aplikasi tersembunyi. Disinilah anda dapat memilih aplikasi apa saja yang akan disembunyikan di HP.
  • Pilihlah aplikasi yang sekiranya benar-benar privasi untuk anda. Sehingga tidak ada orang yang mengetahui kerahasian aplikasi. Jika sudah tutup semua jendela yang ada dan aplikasi sudah berhasil disembunyikan.
  • Saat melakukan langkah terakhir, anda harus menekan tombol OK jika tersedia. Jangan menutup jendela dengan tombol back. Karena nantinya pengaturan yang dilakukan tidak tersimpan.

Setelah selesai melakukan cara ini, bukan berarti pekerjaan anda sudah selesai. Anda masih harus melakukan pengaturan kunci aplikasi. Caranya, ikuti langkah-langkah ini,

  • Buka setelan yang tersedia di handphone dan masuklah dalam kolom search. Kemudian masuk dalam fitur kunci aplikasi, pilihlah menu ini untuk membuka aplikasi yang disembunyikan. Jika tidak berhasil, anda dapat mencoba cara dibawah,
  • Selain cara diatas, lakukan cara lainnya, melalui aplikasi keamanan (di home screen). Kemudian masuk dalam menu buka dan pilih menu kunci aplikasi. Lanjutkan dengan masuk ke pengaturan kunci aplikasi dan lakukan sebagaimana cara nomor 4.
  • Saat mengalami kegagalan, anda tidak perlu khawatir. Karena solusinya mudah, yaitu melakukan update MIUI HP ke versi terbaru dan lakukan cara ini kembali. Setelah melakukannya, dipastikan cara kerja ini akan berhasil.

Menggunakan Aplikasi

Jika cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi 5A tadi tidak membuahkan hasil, cobalah cara lainnya, yaitu memanfaatkan aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah app hider. Namun, aplikasi hanya dapat digunakan untuk MIUI versi lama. Berikut ulasannya,

  • Pertama, lakukan instalasi dan download aplikasi di playstore yang bernama App hider.
  • Setelahnya, buka dan tunggu hingga loadingnya usai. Kemudian, klik pada opsi add app. Disinilah, anda dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan.
  • Jika sudah selsai, lanjutkan dengan tap dan tahan hasil aplikasi yang ingin disembunyikan, geser ke menu create shortcut. Setelahnya, shortcut aplikasi yang dipilih akan muncul ke menu utama.
  • Bagaimana cara kerja dari aplikasi ini? Cara kerjanya mudah, yaitu membuat shortcut aplikasi yang tampilannya menyerupai aplikasi yang dipilih. Aplikasi lama (sebenarnya) simpanlah ke tempat lain, seperti folder rahasia.
  • Nantinya, yang akan terlihat hanyalah shortcut aplikasi app hider sedangkan aplikasi lama sebenarnya tidak ada di home screen. Jadi, rahasia yang dimilikki akan aman selama folder yang baru dibuat tidak diketahui keberadaannya.

Aplikasi ini dapat berjalan lancar saat HP dalam keadaan normal, non-root. Jika masih bingung, sebenarnya cukup coba sendiri cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang dimilikki dan temukan bagaimana cara kerja dari aplikasi ini.

Layanan menghilangkan aplikasi dalam handphone, memang banyak dibutuhkan pengguna.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memahami cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi ini. Hingga akhirnya, tidak banyak digunakan dan dimanfaatkanlah aplikasi lain di luar HP.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *