Panduan Cara Masuk BIOS Laptop ASUS

BIOS atau Basic Input Output System merupakan sebuah perangkat lunak sistem untuk mengatur fungsi dasar dari perangkat keras komputer. Banyak orang membutuhkan cara masuk BIOS pada laptop ASUS untuk melakukan beberapa pengaturan misalnya seperti mengganti urutan boot device.

Sebenarnya, untuk bisa masuk ke BIOS laptop ASUS tidaklah sulit. Bahkan Anda bisa masuk hanya dengan memanfaatkan tombol keyboard saja. Namun untuk Anda yang belum mengetahuinya, langkah-langkah di sini mungkin akan membantu.

Berikut panduan untuk cara masuk BIOS di laptop asus:

  1. Langkah pertama, nyalakan laptop ASUS Anda seperti biasa dengan menekan tombol power.
  2. Ketika laptop menampilkan logo ASUS sebelum masuk ke menu windows, segera tekan tombol F8 pada keyboard laptop Anda. Tekan F8 berulang kali.
  3. Anda hanya tinggal menunggu laptop masuk ke menu BIOS.

Berdasarkan situs resmi milik ASUS, memang tombol untuk masuk ke BIOS adalah F8. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa cara masuk BIOS pada laptop ASUS dengan tombol F8 tidak bekerja pada seri laptop tertentu.

Jika tidak bisa bagaimana?

Jika itu terjadi maka cobalah untuk menekan tombol di keyboard F2,

Sebenarnya Anda bisa mengecek sendiri tombol yang bekerja untuk masuk ke BIOS, biasanya pada layar logo ketika menyalakan laptop akan tertera tombolnya.

Misalnya tombol untuk masuk ke BIOS laptop Anda adalah F2 maka akan muncul pemberitahuan F2 BIOS Menu.

Jika muncul seperti itu, Anda bisa langsung menekan tombol F2 sekali saja. Maka laptop akan mulai masuk ke BIOS dan Anda bisa mengubah pengaturan perangkat keras sesuai dengan keinginan.

Namun, jika masih bingung dengan cara di atas, Anda bisa mencoba beberapa tombol berikut ESC, F2, DEL, F8, atau F2. Cobalah satu-satu hingga Anda berhasil masuk ke menu BIOS sesuai keinginan. Kelima tombol tersebut merupakan tombol yang biasa digunakan untuk masuk ke BIOS laptop ASUS.

Itulah cara mudah untuk masuk ke menu BIOS pada laptop merk ASUS. Anda tidak perlu menggunakan peralatan apapun karena bisa menggunakan tombol keyboard saja. Semoga cara masuk BIOS pada laptop Azus di atas berhasil Anda lakukan.

Give a Comment