Pengertian Keyboard dan Fungsinya

Komputer memiliki berbagai perangkat pendukung yang menunjang dan mendukung kinerjanya. Setiap perangkat tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Seperti salah satunya adalah keyboard. Sebagai pengguna perangkat komputer, Anda harus tahu apa itu keyboard dan fungsinya.

Berikut pengertian apa itu keyboard dan fungsinya:

Pengertian Keyboard

Keyboard sendiri merupakan sebuah perangkat yang masuk dalam kategori perangkat input komputer. Perangkat ini berisi susunan angka, huruf, simbol dan beberapa fungsi kontrol lainnya. Keyboard ini memiliki peran penting karena banyak perintah dan komando input berupa teks yang harus diinput ke dalam komputer membutuhkan peran keyaboard.

Keyboard pada komputer sebenarnya memiliki susunan yang hampir sama dengan susunan keyboard mesin ketik. Sedikit yang membedakan adalah adanya beberapa fitur tambahan lain. Fitur ini berfungsi untuk menyampaikan perintah atau data dari pengguna ke komputer. Perintah tersebutlah yang akan diproses oleh CPU.

Berdasarkan sejarahnya, keyboard yang ada saat ini merupakan pengembangan keyboard oleh Christiper Scholes di tahun 1868. Saat ini, istilah keyboard bahkan tidak hanya mengacu pada papan ketik komputer saja, namun juga pada handphone dan laptop. Susunan huruf yang digunakan juga sama yaitu susunan tombol QWERTY.

Agar bisa digunakan, keyboard dihubungkan pada CPU melalui kabel USB ataupun perangkat lain. Perkembangan selanjutnya keyboard tidak hanya dihubungkan menggunakan kabel USB, melainkan juga perangkat wireless maupun bluetooth. Keyboard tanpa kabel ini bekerja dengan menggunakan baterai.

Perkembangan terus dilakukan pada keyboard. Tidak hanya menggunakan keyboard tanpa kabel, kini bahkan sudah ada keyboard yang hanya menggunakan software atau aplikasi tanpa perlu perangkat keras. Sayangnya, keyboard virtual ini hanya memiliki kemampuan terbatas.

Fungsi Keyboard:

  • Input Data. Berbicara tentang keyboard Anda juga harus tahu keyboard dan fungsinya. Berdasarkan tombol ketiknya, Fungsi pertamanya adalah untuk input data atau untuk mengetik. Data atau dokumen yang diketik itu kemudian akan ditampilkan di layar komputer. Tombol ketik keyboard ini terdiri dari deretan huruf dan angka.
  • Untuk Menjalankan Perintah Tertentu. Berdasarkan tombol kontrolnya, fungsi keyboard selanjutnya adalah untuk menjalankan perintah tertentu. Perintah tersebut juga berkaitan dengan sistem operasi komputer apabila menggunakan gabungan tombol keyboard. Seperti misalnya tombol ctrl+E akan menjalankan perintah membuka jendela Explorer.
  • Menyesuaikan dengan Perangkat Lunak pada Komputer. Fungsi selanjutnya adalah untuk menyesuaikan dengan software pada komputer. Misalnya, tombol f5 yang berfungsi untuk refresh komputer dan berbagai perintah lain. Begitu pula dengan tombol fungsi lain yang terdiri dari f1-f12 yang berada di bagian paling atas keyboard.
  • Fungsi berdasarkan Tombol Alternate. Tombol ini terdiri dari enter, esc, tab serta alt. Semua tombol ini berfungsi sangat penting dalam pengoperasian komputer ataupun dalam pembuatan dokumen.
  • Fungsi Navigasi pada Tombol Navigasi. Keyboard juga memiliki tombol navigasi dalam susunannya. Terdapat tombol panah atas, bawah, kanan dan kiri yang berfungsi untuk menggerakkan kursor berdasarkan arah tombol tersebut. Ada pula tombol page up dan page down yang fungsinya menurunkan atau menaikkan layar.
  • Tombol ‘End’ pada keyboard berfungsi untuk mengarahkan kursor ke bagian akhir kalimat. Berikutnya ada tombol ‘Home’ yang fungsinya berlawanan dengan tombol End, yaitu mengarahkan kursor ke bagian awal kalimat. Serta, masih ada banyak tombol navigasi lain dengan fungsi yang berbeda.

Keyboard sebagai perangkat pendukung komputer memiliki fungsi dan peran yang penting.

Penjelasan tentang keyboard dan fungsinya di atas semoga memberikan informasi tentang perangkat ini lebih jelas.

Dengan begitu Anda jadi tahu fungsinya secara umum dan fungsi masing-masing tombolnya.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *