Pengertian Monitor dan Fungsinya

Mungkin sudah banyak dari Anda yang sering mendengar istilah monitor. Apalagi jika Anda merupakan karyawan atau mahasiswa yang sering menggunakan komputer sebagai peralatan pembantu pekerjaan. Meskipun sering mendengarnya, mungkin Anda belum tahu apa pengertian dan fungsi monitor yang sebenarnya.

Agar lebih paham menggunakannya, sebaiknya Anda juga memahami pengertian beserta apa saja fungsi dari monitor. Pasalnya, dengan mengetahui pengertian dan fungsinya maka Anda bisa lebih baik dalam memanfaatkannya.

Berikut pengertian apa itu monitor dan fungsinya:

Pengertian Monitor

Monitor merupakan display adaptor yang bisa menampilkan sebuah informasi melalui proses video card komputer Anda. Kartu grafis atau kartu video akan mengubah informasi biner menjadi sebuah gambar yang bisa dilihat melalui monitor yang sudah terhubung dengan komputer.

Monitor ini menjadi salah satu dari tiga cara agar informasi biner di komputer bisa tersampaikan dengan mudah pada pengguna. Dua cara lainnya yaitu mengirimkan informasi melalui suara dan melalui printer yang sudah terhubung dengan komputer.

Namun, dari ketiga cara penyampaian informasi kepada pengguna tersebut, monitor atau layar merupakan cara tercepat dan termudah. Jika informasi dalam bentuk suara maka bisa sulit dipahami dengan baik oleh pengguna. Sedangkan jika melalui printer maka membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga biaya.

Fungsi Monitor

Setelah mengetahui pengertian dari monitor, selanjutnya Anda harus tahu fungsi monitor untuk mendukung pekerjaan seseorang. Pengertian dan fungsi monitor sebagai output central processing unit atau memori komputer yang pada awalnya masih berbentuk biner.

Pengguna tidak akan bisa membaca biner yang ada dalam sistem komputer sehingga harus diubah agar bisa dibaca. Perangkat monitor inilah yang nantinya menampung hasil pengubahan bahasa biner komputer menjadi bahasa manusia yang mudah dimengerti oleh pengguna.

Setiap monitor memiliki resolusi untuk menampilkan gambar. Anda bisa mengetahui ukuran resolusinya dari inch LCD. Layar 17 inch biasanya memiliki resolusi 1024×768, sedangkan layar 20 inch memiliki resolusi 1600×1200. Semakin tinggi resolusi maka gambar yang ditampilkan semakin jernih.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian dan fungsi monitor yang harus Anda ketahui. Fungsi dari monitor sebagai display adaptor yang menampilkan informasi biner pada komputer memang sangat penting. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan Anda sehingga mendukung pekerjaan yang dilakukan.

Give a Comment