Pengertian Printer dan Fungsinya

Printer merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi karyawan kantoran atau mahasiswa. Fungsi printer sebagai alat pencetak dokumen memang sangat dibutuhkan dalam membuat berkas dan dokumen. Segala pekerjaan menjadi lebih mudah dengan adanya printer ini.

Namun, mungkin ada sebagian dari Anda yang belum paham mengenai pengertian beserta fungsi dari alat elektronik satu ini. Sebagai pekerja kantoran atau mahasiswa, Anda wajib tahu apa pengertian beserta fungsi dari printer jika ingin menggunakannya.

Berikut pengertian apa itu printer dan fungsinya:

Pengertian Printer

Pengertian dari printer merupakan salah satu dari perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi umum untuk mencetak dokumen yang berada di komputer. Dokumen atau file yang akan dicetak bisa dalam bentuk teks biasa atau disertai dengan gambar tertentu. Printer juga bisa mencetak dokumen gambar saja.

Banyak yang memanfaatkan printer untuk mencetak dokumen penting milik perusahaan, dokumen penting sebuah instansi, dokumen penting pemerintah, dan lain sebagainya. Intinya, printer memiliki fungsi penting untuk membuat file yang bersifat soft copy dari komputer menjadi file hard copy atau berbentuk fisik.

Fungsi dari Printer

Secara umum, fungsi printer yaitu untuk mencetak file atau dokumen yang ada di komputer ke media kertas atau media sejenisnya. Namun ada beberapa istilah dalam printer yang mungkin juga belum Anda pahami dan dengar sebelumnya. Salah satunya yaitu dpi.

Dalam printer, dpi merupakan istilah yang menunjukkan resolusi dari sebuah perangkat printer yang sedang Anda gunakan. Dpi atau dot per inch sendiri merupakan sebuah satuan dari perangkat printer.

Dpi atau dot per inch menunjukkan jumlah titik yang ada pada luas 1 inch. Maka dari itu Anda bisa melihat kualitas printer yang digunakan dari besarnya dpi tersebut. Karena semakin besar nilai dpi dari sebuah printer maka akan semakin bagus hasil cetakan dari printer tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian dan fungsi printer yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan pekerja kantoran. Jika Anda ingin membeli printer sendiri maka pilih printer dengan dpi yang besar. Meski harganya lebih mahal namun kualitas cetakannya tidak akan mengecewakan.

Give a Comment