Jenis-jenis Perangkat Input Komputer dan Fungsinya

Perangkat masukan komputer atau sering juga disebut dengan input devices computer adalah alat yang digunakan untuk memasukan berbagai jenis data ke dalam prosesor dan memori sebuah komputer yang selanjutnya akan diproses untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang 16 macam perangkat masukan computer dan fungsinya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa komputer merupakan sebuat alat canggih yang saat ini sangat populer digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

Komputer memerankan peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia modern.

Agar bisa berfungsi secara maksimal, alat canggih yang satu ini dilengkapi dengan berbagai macam perangkat keras atau hardware dan juga perangkat lunak atau software.

Perangkat lunak adalah perlengkapan komputer yang tidak bisa dilihat atau dipegang. Software atau aplikasi biasanya berupa kumpulan kode yang ditanam didalam hard drive sebuah komputer.

Perangkat keras adalah perangkat fisik komputer yang bisa dilihat dan dipegang. Hardware bisa berupa perangkat masukan dan juga perangkat keluaran.

Untuk memasukan data ke dalam komuter anda akan memerlukan beberapa perangkat masukan komputer atau input device computer yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Keyboard

Pengguna komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan keyboard. Keyboard adalah perangkat masukan computer paling penting yang akan membantu anda untuk memasukan data berupa angka, huruf dan simbol-simbol ke dalam sebuah komputer.

Selain itu, keyboard juga bisa digunakan untuk mengatur pergerakan kursor atau pointer dan juga untuk membuat short cut.

Keyboard memiliki fungsi yang sangat vital. Tanpa keyboard, komputer yang ada miliki tidak akan bisa dioperasikan.

Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer tinggal menghubungkan kabel keyboard ke port PC ataupun laptop. Biasanya, bagian ujung kabelnya ada yang berupa usb dan ada juga yang berupa colokan biasa.

Mouse

Seperti namanya, perangkat komputer yang satu ini memiliki bentuk sepeti tikus kecil. Ukuranya yang kecil membuat mouse mudah digeanggam penggunanya. Semua mouse memiliki dua tombol dan dilengkapi dengan laser atau bola kecil pada bagian bawahnya.

Fungsi utama dari sebuah mouse adalah untuk memindahkan dan menggeraklan cursor pada monitor komputer.

Dengan adanya mouse, pengguna bisa memerintakan komputer untuk melakukan sesuatu yang diinginkanya.

Jika sebelumnya mouse menggunakan kabel agar bisa terhubung dengan komputer, sekarang ini sudah banyak mouse wireless yang bisa tersambung dengna komputer tanpa harus memakai kabel.

Harga mouse wireless ini juga relative murah antara Rp 100.000 – Rp 500.000 tergantung dari fitur yang ada pada mouse tersebut.

Touchpad

Touchpad biasanya terdapat pada sebuah laptop. Touchpad memiliki sensor khusus yang sangat sensitive sehingga bisa menterjemahkan gerakan jari pengguna komputer menjadi sebuah posisi yang diinginkan pada sebuah layar monitor. Secara umum fungsi dari touchpad sama persis dengan fungsi sebuah mouse.

Namun, Anda harus berhati-hati karena touchpad sangat sensitive. Jika sering terkena cipratan air atau cairan kimia bisa merusak fungsi touchpad itu sendiri. Maka dari itu, pastikan tangan Anda sudah kering sebelum menggunakan touchpad.

Gamepad

Mereka yang hobi dengan game tentunya sudah tidak asing lagi dengan gamepad.

gamepad adalah perangkat masukan komputer untuk main game yang dimana masing-masing tombol akan memerintahkan program untuk bergerak seperti melompat, berlari, berjalan, dsb.

Gamepad biasanya memiliki beberapa tombol yang memungkinkan pengguna komputer untuk bisa bermain game dengan lebih menyenangkan.

Flashdisk

Untuk menyimpan data secara external, pengguna komputer akan memerlukan sebuah flashdisk.

Adapun data yang bisa disimpan berupa dokumen atau text, video, gambar, aplikasi dan sebagainyaUkuran kapasitas flashdisk sangat beragam mulai dengan ukuran 2GB, 8GB, 16GB hingga 1 TB.

Semakin besar ukuran sebuah flashdisk, maka semakin besar pula kemampuanya dalam menyimpan data dan tentunya harganya semakin mahal.

Compact disc atau CD

CD biasanya berbentuk lingkaran yang pipih dengan sebuah lubang kecil ditengahnya. Terbuat dari bahan plastik.

Compact Disc berfungsi untuk menyimpan dan membaca data pada sebuah komputer.

Saat ini popularitas CD menurun drastis jika dibanding dengan flashdisk. Banyak orang beralih ke flashdisk karena bentuknya yang kecil dan mudah disimpan dan dibawa kemana-mana.

Namun, untuk berbagai macam laporan pekerjaan ternyata masih banyak karyawan ataupun perusahaan yang lebih memilih CD sebagai media penyimpannya.

Digitizer

Bila anda ingin merubah data analog menjadi sebuah data digital maka anda akan memerlukan sebuah digitizer.

Perangkat ini biasanya berbentuk seperti sebuah papan yang dilengkapi dengan beberapa tombol pada bagian samping. Anda bisa menulis dan menggambar pada sebuah digitizer untuk kemudian dimasukan ke dalam komputer.

CD dan DVD rom

Bila anda menyimpan data pada sebuah DVD atau CD maka anda akan memerlukan perangkat yang disebut dengan CD/DVD ROM.

Biasanya perangkat ini sudah terpasang pada laptop atau pc anda. Namun, jika PC Anda belum tersedia maka bisa memasang CD/DVD Rom external yang bisa Anda dapatkan di toko komputer terdekat.

Barcode scanner

Bila anda belanja di supermarket, biasanya kasir akan melakukan scan terhadap semua barang belanjaan anda. Nah, alat untuk melakukan scan tersebut namanya adalah barcode scanner.

Barcode scanner biasanya berbentuk seperti pegangan (ada juga yang berbentuk lain) yang memiliki sinar laser merah. Barcode yang discan biasanya terletak pada kemasan barang.

Barcode biasanya berbentuk kotak atau bisa juga berbentuk garis vertikal tebal dimana barcode scanner akan menterjemahkan garis-garis tersebuat menjadi sebuah angka yang salanjutnya akan dimasukan ke dalam komputer.

Fungsi utama dari barcode dan barcode scanner adalah untuk memudahkan Anda dalam melakukan pendataan produk yang dijual sehingga sangat membantu transaksi jual beli.

Light Pen

Light pen merupakan pointer elektronik yang biasanya digunakan untuk mendesain dan atau memodifikasi gambar yang ada pada monitor komputer.

Tools ini sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai desainer grafis ataupun arsitektur.

Seperti namanya alat ini berbentuk seperti pena yang memiliki kabel yang terhubung dengan sebuah komputer.

Trackball

Bentuk trackball hampir mirip dengan Mouse, hanya saja trackball memiliki sebuah bola kecil ditengahnya yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi.

Trackball adalah hardware yang berfungsi untuk menunjukan sebuah lokasi pada sebuah monitor komputer.

Webcam

Webcam adalah sebuah camera yang bisa mengambil gambar atau film secara real-time.

Webcam biasanya digunakan pada aplikasi video call atau program instant messaging lainya.

Fungsi utama dari webcam adalah untuk merubah data hasil rekaman menjadi format digital.

Floppy disc atau disket

Floppy disc adalah perangkat penyimpan data yang terbuat dari mendia penyimpan magnetik yang tipis dan flexible yang tersimpan dalam sebuah plastik persegi panjang. Saat awal kemunculan komputer penggunaan floppy disc sangat populer.

Card reader

Fungsi utama dari card reader adalah untuk membaca data yang tersimpan dalam memory card yang selanjutnya akan ditransfer ke dalam komputer.

Kebanyakan laptop sudah memiliki card reader yang terintergrasi menjadi satu.

Bila komputer anda tidak memiliki card reader, maka anda bisa memasangnya dengan menggunakan USB Port.

Agar memory card bisa terbaca maka memory tersebut harus sesuai dengan card reader yang ada.

Graphic Pad

Ketika anda ingin mendesain rumah, mesin, pesawat mobil dan lain sebagainya dengan menggunakan komputer, maka anda akan memerlukan CAD atau Commputer Aided Design.

Nah Graphic Phad adalah perangkat untuk membuat gambar desain yang selanjutnya dimasukan ke dalam monitor komputer.

Biometric

Biometric adalah Input Computer Device yang di gunakan untuk mengidentifikasi individu atau seseorang dengan melakukan pengukuran fitur biologis yang ada.

Pengidentifikasian dengan menggunakan biometric dinilai jauh lebih aman jika dibandingkan dibandingkan dengan menggunakan password atau kata sandi.

Hal ini disebabkan karena fitur biologis seseorang sangat unik dan sulit untuk dipalsukan.

Itulah sebabnya kenapa biometric sering dipakai untuk melindungi hal-hal penting yang kita perlukan.

Perangkat masukan komputer berguna untuk memasukan beraneka ragam jenis data ke dalam prosesor dan memori komputer.

Dengan memiliki perangkat masukan yang lengkap, anda bisa bekerja dengan komputer anda secara lebih maksimal.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *