Jenis-jenis Perangkat Output dan Fungsinya yang Ada Saat Ini

Apakan anda sedang belajar ilmu komputer? Atau apakah anda ingin tahu tentang macam-macam perangkat keluaran komputer? Bila jawaban anda Ya, maka silahkan baca artikel ini dengan seksama.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas detail tentang beberapa jenis perangkat keluaran komputer dan tugasnya.

Kehidupan manusia modern tak pernah terlepas dari berbagai macam peralatan canggih.

Peralatan-peralatan canggih tersebut membuat kualitas hidup manusia semakin meningkat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa komputer adalah peralatan canggih yang bisa membantu kerja manusia sehingga kita bisa bekerja dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Saat ini penggunaan komputer di tengah masyarakat sudah semakin meluas.

Komputer memiliki dua bagian penting yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

Perangkat masukan komputer (input computer devices) dan perangkat keluaran komputer (output computer devices) merupakan bagian penting dari sebuah perangkat keras komputer.

Perangkat masukan bertugas untuk memasukan data ke dalam komputer. Setelah data diproses maka hasil data bisa disaksikan hasinya melalui berbagai jenis perangkat keluaran.

Jenis-jenis perangkat keluaran komputer yang harus anda tahu

Ada banyak jenis dan ragam perangkat keluaran komputer yang bisa anda gunakan untuk melihat hasil pengolahan data oleh komputer.

Untuk menambah pengetahuan anda berikut adalah berbagai jenis perangkat output dan fungsinya:

Monitor komputer

Monitor komputer merupakan perangkat keras komputer yang utama. Disebut perangkat keras utama karena biasanya hanya 3 bagian penting komputer yang sering kita perhatikan yaitu monitor, CPU, dan keyboard.

Fungsi utama monitor adalah untuk menampilkan gambar sebagai hasil olah data dari komputer itu sendiri. Ada banyak jenis monitor di pasaran seperti monitor plasma, monitor OLED, layar LCD dan juga tabung sinar katoda.

Namun, untuk monitor model tabung sekarang ini sudah hampir punah karena ukurannya dinilai terlalu besar. Kebanyakan model monitor yang dipakai saat ini adalah model slim karena lebih hemat tempat dan elegan.

Printer

Output computer device berikutnya yang tak kalah penting adalah printer. Fungsi utama dari sebuah printer adalah malakukan salinan gambar dari monitor komputer atau perangkat lain seperti smartphone dan tablet.

Dengan adanya printer anda bisa mencetak dokumen baik yang berbentuk tulisan maupun gambar dari komputer sehingga bisa didokumentasikan.

Secara umum sebuah printer memiliki baki atau tempat menaruh kertas dan toner atau tinta untuk menghasilkan gambar dan warna pada file yang Anda cetak. Pengisian ulang tinta pada printer juga berbeda, ada yang disuntik dan ada juga yang refill.

Plotter

Perangkat keluaran komputer yang fungsinya mirip dengan printer adalah Plotter. Untuk mencetak gambar berukuran besar seperti spanduk misalnya, anda tidak bisa menggunakan printer biasa. Untuk mencetak gambar berukuran besar anda harus menggunakan plotter.

Dengan menggunakan head plotter yang terdiri dari beberapa pena berwarna, plotter akan menterjemahkan data yang sudah diolah oleh komputer untuk menjadi gambir yang diinginkan.

Secara garis besar plotter memiliki dua bagian penting yaitu drum plotter dan flat bad atau yang sering juga disebut dengan table-top-plotters

Proyektor LCD

Output device berikutnya adalah Proyektor LCD. Fungsi utama dari proyektor LCD adalah untuk menampilkan data, video dan gambar pada sebuah layar putih atau media lain yang memiliki permukaan datar misalnya papan, dinding, dsb.

Proyektor LCD sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi OHP (Over Head Proyektor).

Pada OHP gambar yang ditampilkan berasal dari kertas bening, sedangkan proyektor LCD berasal dari data yang sudah diolah oleh komputer. Anda tinggal menyiapkan layar putih atau white board yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari LCD.

Speaker

Speaker adalah sebuah alat untuk mengubah sinyal listrik menjadi sebuah frekuensi suara atau audio dengan cara mengetarkan sebuah komponen yang berbentuk membran.

Getaran dari membrane tersebut kemudian melewati udara untuk kemudian sampai pada gendang telinga kita. Kualitas suara speaker ditentukan oleh getaran membrane dan juga oleh alat lain misalnya amplifier.

Untuk harga speaker sudah pasti berbeda-beda, semakin mahal tentu saja kualitasnya semakin bagus dan tentunya berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan.

Pastikan anda mencoba terlebih dahulu speaker yang ingin dibeli sehingga jika ada masalah bisa langsung diganti.

Headset

Perangkat audio yang satu ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai perangkat masukan yaitu mikrofon dan perangkat keluaran yaitu speaker.

Speaker pada headset didesain sedemikian rupa agar bisa menutupi telinga secara sempurna agar suara yang dihasilkan bisa ditangkap oleh gendang telinga dengan maksimal.

Secara umum headset biasanya terhubung dengan laptop, PC atau MP3, jarang sekali sebuah headset dihubungkan dengan peralatan mobile.

Headset biasanya digunakan untuk video call, skype, dan video chat. Heatset biasanya memiliki 2 jack yang biasanya akan dihubungkan dengan sound card pada sebuah PC.

Headphone

Sebenarnya heaphone ini tidak jauh beda dengan headset. Hanya saja pada sebuah herdphone tidak dilengkapi dengan input device sehingga headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan suara saja.

Headphone biasanya digunakan untuk mendengarkan musik dan seringkali dihubungan dengan perangkat mobile.

Anda bisa membeli headphone dengan berbagai desain yang unik dan kreatif sesuai dengan keinginan Anda.

Buat para gamers, headphone menjadi salah satu aksesoris yang dibutuhkan karena biasanya mereka saling berhubungan dengan gamers lainnya melalui voice call untuk mengatur strategi bermain game ataupun hanya sekedar mengobrol saja.

Pastikan Anda cek dulu kabel dan ujung speakernya, karena kedua bagian tersbeut rawan sekali putus jika kualitasnya buruk.

Earphone

Bisa dikatakan bahwa earphone tidak beda terlalu jauh dengan headphone. Namun demikian earphone memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil sehingga mudah disimpan maupun dibawa kemana-mana. Earphone sangat populer karena sangat mudah digunakan.

Untuk menggunakan earphone anda cukup pasang bagian speaker ke telinga Anda. Dengan begitu earphone siap digunakan kapan pun Anda mau.

Biasakan untuk mengecek busa pada bagian speakernya karena seringkali sobek atau yang lebih parahnya ada binatang kecil yang sering hinggap. Pasti Anda tidak mau kan ada binatang yang masuk ke telinga, wah…jangan sampai deh.

Handsfree

Secara umum handsfree bisa dikatakan sebagai jenis earphone yang memiliki tambahan alat tertentu seperti tombol fungsi, microphone dan lain sebagainya.

Secara desain, handsfree lebih menyerupai earphone. Karena memiliki banyak tombol tambahan, anda bisa dengan mudah memainkan dan juga menghentikan musik yang anda dengan dengan mudah.

Anda juga bisa melakukan panggilan dan memutus panggilan dengan cepat dan mudah sambil mengakses aplikasi lainnya seperti menulis dokumen ataupun membuat laporan menggunakan power point.

Sound card

Sound card merupakan hardware komputer yang sangat penting. Komputer bisa mengeluaran suara karena komputer anda memiliki sound card.

Tanpa sound card komputer anda akan seperti komputer bisu tanpa suara. Fungsi utama dari sound card adalah untuk mengolah data berupa suara atau audio.

Saat ini sound card sudah menjadi perangkat wajib dari sebuah computer. Sound Card ini dipasang pada mother board, jadi jika sewaktu-waktu rusak sebaiknya segera ganti dengan yang baru karena dikhawatirkan akan mempengaruhi komponen yang lain.

VGA Card

Video Graphic Array Card atau kartu VGA merupakan standard diplay komputer jenis analog.

Pada tahun 1987, kartu VGA pertama kali dipasarkan oleh IMB. Dengan semakin majunya teknologi penggunaan kartu VGA semakin menurun karena sudah digantikan dengan peralatan serupa yang memiliki standard yang lebih tinggi. Namun demikian VGA masih sering kita jumpai pada Pocket PC.

Orang menyebut VGA card dengan banyak istilah seperti adapter grafis, adaptor display, papan grafis, kartu grafis, kartu display, adapter video dan kartu video.

Fungsi utama dari kartu VGA adalah untuk menterjemahkan output komputer manjadi gambar pada sebuah monitor komputer.

Para gamer biasanya akan mencari kartu VGA berkualitas terbaik agar gambar yang ditampilkan pada monitor menjadi lebih sempurna. Saat ini pembuat kartu VGA ternama adalah nVidia dan ATI.

Anda telah membaca artikel tentang perangkat keluaran komputer dan fungsinya.

Bila artikel ini bermanfaat silahkan anda membagikanya kepada teman dan saudara. Anda juga bisa share artikel ini di sosial media yang anda miliki.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *