Perbedaan Baterai Laptop Orisinal Atau Palsu

Komponen laptop yang paling cepat menurun performanya biasanya adalah baterai. Hal ini sering terjadi diberbagai jenis dan merk laptop yang ada saat ini.

Sebelumnya kenali terlebih dahulu: bedanya charger dan adaptor supaya lebih paham.

Berbagai hal bisa menyebabkan baterai menjadi cepat menurun performanya. Namun meskipun sudah benar-benar baik dalam menggunakan laptop, tetap saja performa dari baterai laptop akan menurun dalam kurun waktu tertentu misalnya di atas dua tahun.

Hal ini tentunya sangat menyebalkan terutama jika baterai laptop drop dan tidak bisa menyimpan daya.

Akibatnya, laptop harus mendapatkan sumber listrik secara langsung jika ingin digunakan. Hal ini dirasakan oleh banyak orang dan akhirnya ingin membeli baterai baru.

Ya, performa baterai yang sudah menurun memang harus diganti dengan yang baru. Namun, masalah baru muncul lantaran ada banyak sekali baterai laptop palsu yang muncul dipasaran.

Untuk Anda yang ingin mencari baterai laptop, ketahuilah terlebih dahulu tips mengetahui perbedaan baterai laptop orisinal atau palsu di sini.

Sebelum membeli baterai laptop, perlu sekali Anda tahu bahwa ada jenis baterai laptop yang beradar saat ini.

Kategori baterai laptop asli ada dua macam yaitu baterai OSC atau Original Service Center dan baterai OEM atau Original Equipment Manufacture.

Sesuai namanya, OSC dan OEM merupakan baterai yang orisinal. Yang membedakan keduanya adalah tempat pembeliannya.

Jika membeli dari tempat servis resmi maka akan mendapatkan OSC sedangkan jika membelinya dari toko maka akan mendapatkan OEM. Namun, diantara keduanya sama-sama berkualitas dan memang asli.

Sedangkan kategori yang kedua adalah baterai laptop palsu. Baterai seperti ini akan jauh lebih murah dan tentunya menggoda untuk dibeli.

Baterai palsu memang bisa digunakan untuk laptop sesuai dengan jenisnya. Namun, kualitas dari baterai laptop palsu sangat buruk dan ketahanannya pun juga buruk.

Lalu, bagaimana tips mengetahui perbedaan baterai laptop orisinal atau palsu? Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa sajakah?

Berikut ini bedanya baterai laptop orisinal atau palsu:

  • Pertama, perbedaan yang bisa diamati pertama kali adalah pada bagian kemasan. Ya, pembelian suatu barang tentu saja akan membuat mata kita menjadi lebih awas dan teliti dalam melihat barang. Hal ini harus dilakukan terutama untuk melihat kualitas kemasan dan produk dari baterai laptop. Jika terlihat pudar, tidak meyakinkan, kurang tercetak jelas dan juga kemasan serta produknya terlihat jelek maka bisa dipastikan baterai tersebut hanyalah palsu. Namun memang, cara ini sangatlah susah untuk membedakan mana yang asli dan palsu karena banyak sekali produsen baterai laptop palsu yang membuat kemasan dan produk yang sangat mirip dengan aslinya.
  • Kedua, perhatikan soal harga laptop. Harga dari baterai laptop yang asli dan baterai laptop biasanya sangat jauh. Harga baterai laptop palsu sengaja dibuat murah agar masyarakat tergoda untuk membelinya. Hal ini sudah sangat jelas terjadi karena memang baterai laptop asli harganya terbilang mahal apalagi jika membeli dari tempat servis resmi. Baterai OSC harganya bisa untuk membeli beberapa baterai laptop palsu. Jika Anda ingin membeli baterai laptop asli maka jangan tergiur untuk membeli baterai laptop yang sangat murah. Dari segi harga sebenarnya sudah sangat jelas dibedakan karena jika ada toko yang menawarkan harga baterai laptop sangat murah maka jelas itu baterai palsu.
  • Ketiga, perhatikan soal tempat pembelian. Jika toko yang Anda datangi kurang meyakinkan, maka bisa jadi barang yang dijual pun palsu. Untuk bisa mendapatkan baterai laptop asli sebaiknya datang ke tempat servis resmi atau datang ke toko yang jelas kredibilitasnya. Jika penjual terlihat kurang meyakinkan dan cenderung bisa melakukan nego harga terlalu miring, biasaya hal tersebut mengindikasikan baterai laptop palsu. Terlebih lagi jika penjual terlalu memaksa dan terlihat seperti ingin sekali membuat Anda membeli baterainya biasanya baterai yang dijual merupakan baterai laptop palsu. Jika bisa memiliki rekanan yang mengerti tempat penjualan baterai laptop asli, maka sebaiknya datangi toko atau tempat tersebut agar tidak tertipu baterai laptop palsu.
  • Keempat, bahan baku baterai laptop pun bisa Anda cermati. Jika Anda mengerti apa saja bahan pembuatan baterai laptop maka bisa meminta penjual untuk melihat produk dan membaca bahan pembuatannya. Kualitas dari baterai laptop palsu buruk lantaran berasal dari bahan yang buruk.
  • Kelima, perhatikan garansi baterai laptop yang Anda dapatkan. Cara ini biasanya merupakan cara yang paling ampuh dan menjadi pamungkas setelah memperhatikan beberapa cara atau tips yang telah dibagikan tadi. Ya, baterai laptop palsu bisa saja dijual dengan harga yang sama dengan baterai laptop asli dan kemasannya bisa saja dibuat sama persis seperti produk asli. Namun untuk garansi, tentu saja produsen dan toko tidak bisa berbohong. Jika baterai laptop yang Anda terima mendapatkan jaminan garansi dari merk baterai tersebut secara resmi, maka sudah pasti baterai tersebut asli. Namun jika garansi hanya diberikan dari distributor atau hanya dari toko tempat pembelian, biasanya baterai laptop seperti ini merupakan baterai laptop palsu.

Itulah tadi tips yang harus diperhatikan untuk membedakan baterai laptop asli dan palsu.

Untuk tips masalah baterai laptop tidak bisa sampe 100% bisa mengikuti: cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi penuh 100%.

Jika Anda kepastikan mendapatkan baterai laptop yang asli maka perhatikan beberapa tips yang telah dijelaskan tadi.

Selain itu, datangi tempat servis dari merk laptop Anda untuk mendapatkan baterai laptop OSC yang asli atau datangi toko komputer dan laptop yang jelas kredibilitasnya agar bisa mendapatkan jenis baterai laptop OEM yang benar-benar asli.

Give a Comment