Perbedaan Charger dan Adaptor

Tahukah Anda apa perbedaan cas dan adaptor? Keduanya sering dipandang sebagai dua benda yang sama.

Bagi sebagian orang yang mengetahui fungsinya terkadang juga tertukar ketika menyebut cas dan adaptor.

Sebenarnya, cas atau lebih tepatnya charger berbeda dengan power adaptor. Keduanya tampak sama dan sering dianggap sama lantaran memang bentuk fisiknya terbilang mirip atau jika terdapat perbedaan pun memang dipandang sebagai benda yang sama-sama menghasilkan tegangan.

Keduanya juga sebenarnya memiliki kesamaan lain yaitu sama-sama  menjadi regulator, penyearah arus dan juga sama-sama penurun tegang.

Lantas, apa perbedaan antara charger dan power adaptor?

Terdapat perbedaan antara cas atau charger dan juga power adaptor. Untuk charger memiliki penjelasan yaitu sebuah perangkat yang memiliki fungsi atau kegunaan sebagai pengubah arus AC ke DC.

Hal ini sama seperti ketika membeli baterai laptop orisinal atau palsu. Coba lihat saja: perbedaan laptop baterai laptop orisinal atau palsu kw.

Tegangan keluaran atau output dari charger relatif kecil. Perangkat ini disebut juga aksesoris elektronik dan umumnya selalu didapatkan ketika membeli gawai seperti ponsel, tablet atau juga kamera digital.

Charger juga memiliki output tegangan yang tetap dan juga memiliki frekuensi yang tidak berubah untuk memberikan daya atau mengisi baterai pada perangkat elektronik dan juga bisa mengisi accu.

Lalu, untuk penjelasan mengenai power adaptor sedikit lebih rumit dibandingkan dengan charger.

Power adaptor merupakan perangkat yang terdiri dari dioda penyearah dan juga terdiri dari rangkaian trafo untuk melakukan konversi power atau daya.

Tegangan keluarannya atau outputnya bisa lebih beragam bisa 3 volt, 9 volt, dan sebagainya.

Terdapat pula adaptor yang memiliki kemampuan untuk mengatur arus dari AC ke DC. Dan perangkat adaptor ini digunakan sebagai penyuplai daya untuk beberapa perangkat seperti misalnya laptop, keyboard, printer dan sebagainya.

Dari penjelasan ini, sudahkah Anda mengerti apa perbedaan antara charger dan adaptor?

Keduanya sangat mudah dipahami perbedaan jika mengerti seperti apa fungsi atau kegunaannya masing-masing.

Baca juga tips jitu untuk cara cas hp agar cepat dan tidak mudah rusak: Berikut ini cara cas hp cepat penuh dan tidak rusak.

Secara sederhana, charger merupakan perangkat yang digunakan untuk mengalirkan aliran listrik untuk mengisi baterai atau accu dan adaptor merupakan perangkat yang digunakan untuk memberikan daya ke sebuah perangkat elektronik.

Give a Comment