Perbedaan Kabel Straight dan Crossover di Kabel UTP Jaringan

Semua jaringan komputer seperti LAN pastinya memvutuhkan sebuah kabel jaringan. Salah satunya kabel straight dan kabel cross.

Sebuah jaringan komputer seperti LAN, pastinya membutuhkan kabel jaringan.

Kabel jaringan itu berfungsi untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain dan komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Seperti Switch, Router, HUB dan lain-lain yaitu dengan kabel UTP.

Mengapa? Karena kabel UTP sangat mudah didapatkan, selain itu harganya tidak terlalu mahal. UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair.

Kabel UTP sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu salah satunya kabel straight dan kabel cross yang mempunyai perbedaan dalam penggunaan, susunan warna dan fungsi.

Berikut akan dibahas apa saja perbedaan yang terdapat pada kabel straight dan kabel cross yaitu:

Kabel Straight

Kabel straight adalah jenis kabel yang cara pemasangannya sama antara ujung satu dengan ujung kedua. Yaitu dengan urutan susunan warna pada kedua ujung kabel sama.

Kabel lurus (Straight-Through) biasanya digunakan untuk menghubungkan dua jenis perangkat yang berbeda. Metode ini digunakan ketika akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih, akan tetapi dengan perantara seperti hub ataupun switch.

Kabel straight adalah kabel dengan menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel.

Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel pastinya akan terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 pasti akan terhubung ke pin 2 di ujung lainnya.

Jadi, ketika PC mengirim data pada pin 1 dan pin 2 lewat kabel straight ke Switch, Switch menerima data pada pin 1 dan pin 2.

Nah, karena pin 1 dan pin 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan pin 2 pada PC, maka Switch menggunakan pin 3 dan pin 6 untuk mengirim data ke PC, karena PC menerima data pada pin 3 dan pin 6.

Urutan ujung kabelnya:

PinKabel AKabel B
1Putih Orange
Putih Orange
2OrangeOrange
3Putih Hijau
Putih Hijau
4BiruBiru
5Putih BiruPutih Biru
6HijauHijau
7Putih CoklatPutih Coklat
8CoklatCoklat

Berikut gambarnya:

Di bawah ini merupakan contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk menghubungkan hub pada router .
  • Untuk menghubungkan komputer ke port LAN pada modem cable/DSL.
  • Untuk menghubungkan komputer dengan switch.
  • Untuk menghubungkan router ke port LAN pada modem cable/DSL .
  • Untuk menghubungkan switch pada router .

Kabel cross-over

Kabel silang (Cross-Over) umumnya untuk menghubungkan jenis perangkat yang sama. Kabel ini biasanya digunakan untuk tujuan-tujuan berikut :

  • Untuk menghubungkan port LAN pada router ke port normal switch atau hub (digunakan untuk perluasan jaringan)
  • Untuk menghubungkan 2 komputer secara langsung
  • Untuk menghubungkan 2 switch atau hub dengan menggunakan port normal di kedua switch atau hub.

Pada bagian kabel cross-over Pin 1 dan Pin 2 di ujung A terhubung ke pin 3 dan pin 6 di ujung B, begitu pula pin 1 dan pin 2 di ujung B yang terhubung ke pin 3 dan pin 6 di ujung A.

Jadi, pin 1 dan pin 2 pada setiap ujung kabel digunakan untuk mengirim data, sedangkan pin 3 dan pin 6 pada setiap ujung kabel digunakan untuk menerima data, karena pin 1 dan pin 2 saling terhubung secara berseberangan dengan pin 3 dan pin 6,

Urutan Ujung kabelnya:

PinKabel AKabel B
1Putih Orange
Putih Hijau
2OrangeHijau
3Putih HijauPutih Orange
4BiruBiru
5Putih BiruPutih Biru
6HijauOrange
7Putih Coklat
Putih Coklat
8CoklatCoklat

berikut gambarnya:

Perbedaan kabel Straight dan Cross dalam penerimaaan data dan pengiriman data:

Pengiriman data dan penerimaan data model Straight Cable

Pengiriman data dengan model Straight Cable atau biasa disebut kabel lurus adalah data yang dikirimkan ke hub/switch baru dari hub dikembalikan.

Selanjutnya pengiriman data oleh network adapter akan langsung diterima sebagai signal pengiriman data oleh hub/switch. Dan kemudian penerima data dinetwork adapter dan penerimaan data oleh hub/switch.

Pengiriman data dan penerimaan data model Cross Cable

Sedangkan pengiriman data dan penerimaan data model cross cable atau biasa disebut kabel silang dari komputer ke komputer yaitu pengiriman data oleh network adapter komputer 1 akan diterima sebagai sinyal penerima di network adapter komputer 2 dan penerimaan data oleh network adapter komputer 1 merupakan pengiriman data oleh network adapter komputer 2.

Nah itu dia perbedaan kabel straight dan cross-over yang harus diketahui. Sebelum membeli atau memasang kabel jaringan pada komputer penting banget nih untuk membaca ulasan seperti artikel yang telah dibahas semacam ini.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan khususnya tentang perbedaan kabel straight dan kabel cross. Selamat membaca…

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *